Catatan Ringkas Pekerjaan Staf Seksi Bank pada KPPN
Harian
- Cek Daftar Retur di SPAN (GR Bank)
Jika ada, segera dibuatkan surat pemberitahuan ke satker. (Maks 1 hari setelah data muncul di daftar retur). Surat Perbaikan dari satker maks. 7 hari kerja sejak diterimanya surat dari KPPN
- Cek Daftar Transaksi yang belum direkonsiliasi
Jika ada segera dilakukan rekonsiliasi melalui aplikasi SPAN
- Cek Dafftar Transaksi yang masih belum reconciled
Jika ada segera dilakukan rekonsiliasi melalui aplikasi SPAN
- Buat PPR (jika ada SPPT)
Perhatikan tanggal pembayaran dan paygroup
- Cetak daftar SP2D (jika ada sp2d)
- Cetak SP2D nihil (blanko merah) jika ada SP2D nihil. Setelah ditandatangani Kasi PD dan Kasi Bank distempel timbul lalu diserahkan ke PD
Bulanan
- Buat laporan PFK ke Taspen (hardcopy dan softcopy dikirim)
- Buat laporan data SPM LS ke BPJS Kesehatan (hardcopy dan softcopy dikirim)
Untuk kedua laporan tsb data diolah dari gabungan data SPAN (PM),OMSPAN (Penerimaan),dan Dashboard MPN G2 (Monitoring PFK)
- Buat Laporan Reversal (hardcopy dan softcopy dikirim ke kanwil)
- Input Laporan Daftar Saldo Rekening Satker melalui PBN Open
data diperoleh dari laporan satker maks dikirim tgl 10. Sebelum diinput di pbn open harap diperiksa keakuratan data sesuai rekening koran.
- Buat Laporan Daftar Saldo Rekening Satker . kirim hardcopy ke kanwil dan sofcopy dalam bentuk excell ke kanwil (hardcopy dan sofcopy dikirim ke kanwil maks. Tgl 15 setiap bulan)
- Input Laporan Saldo Rekening BUN KPPN pada pbn open (termasuk upload rek korannya)
Data diperoleh dari rekening koran yang disampaikan bank/pos
- Buat laporan daftar selisih
Data diperoleh dari rekening koran bank/poa dibandingkan dengan data laporan buku bank yang diambil dari SPAN (CM)
- Buat PPR gaji induk sesuai paygroup masing2
Cek kebenarannya karena biasanya ada yang salah. Perbaikan paygroup dilakukan di PM-invoice-invoice (jangan sampai salah pilih paygroup)
- Untuk SP2D gaji induk yang melalui BO II dicetak Blangko SP2D warna biru. Jangan lupa distenpel timbul lalu lembar 1 dikirim ke Bank Jatim dilampiri dengan Daftar SP2D yang dicetak oleh Kasi dan juga disertai dengan ADKnya (dari menu Kasi Bank), lembar 2 dan 3 diserahkan ke PD
- Lakukan rekonsiliasi atas rekening gaji (BO II) di SPAN
Melalui menu CM-Rekonsiliasi rekening koran-cari rekening. Rekonsiliasi dilakukan pada saat tanggal dropping gaji (untuk baris penerimaan) dan pada tanggal pembayaran SP2D gaji (baris pembayaran)
Lainnya
- Konfirmasi setoran
Dilakukan jika ada permintaan (baik dari satker maupun pihak lain). Dilakukan melalui SPAN (GR-Konfirmasi). Cek kesesuaian NTPN di ADK dan di database (biasanya sering salah,sehingga harus diperbaiki manual)
Kirim ADK tsb melalui aplikasi konversi lalu ambil di ftp melalui komputer SPAN.
- Surat menyurat sesuai kebutuhan
- Koreksi Data
Dilakukan jika ada permintaan. Melalui SPAN (GR-koreksi). Harap diperhatikan data original (O) maupun data koreksinya (C).
ADK bisa diambil dari OM SPAN dengan dimodifikasi sesuai kebutuhan.
Leave a Reply