Ahmad Abdul Haq


Loyalitas Bukan Nilai Tambah

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Rabu, 24 Agustus 2011 17:59 WIBLoyalitas Bukan Nilai Tambah

Loyalitas Bukan Nilai Tambah Saya yakin Anda ingin membaca tulisan ini, karena judulnya  yang tidak lazim. Mungkin yang terlintas di benak Anda, “Loh, bukannya perusahaan selalu menekankan ke karyawannya untuk loyal pada perusahaan?” Itu jaman dulu!.

Jaman sekarang, jaman yang telah di dikte oleh teknologi, yang membuat kompetisi menjadi sangat ketat karena kecepatan komunikasi dan sebagainya, perusahaan tidak lagi menaruh loyalitas sebagai suatu tolak ukur yang bermakna tinggi terhadap karyawannya.
Lalu, apa yang diharapkan perusahaan sekarangini? Jawabannya:
-Karyawan yang memiliki integritas
Karyawan yang memiliki produktifitas tinggi
-Karyawan yang terus ingin berkembang dan berkontribusi lebih terhadap perusahaan

Kalau tiga pointer sebut di atas dimiliki oleh karyawan, barulah perusahaan mengharapkan loyalitas dari karyawan tersebut. Namun, kalau sikaryawan tidak memiliki ketiga poin tersebut, saya yakin perusahaan pun tidak menginginkan karyawan tersebut untuk tetap bekerja di perusahaan.

Jaman sudah berubah! Dulu, pekerja yang kompeten sedikit sekali. Yang lulusan S1 (misal), jumlahnya relative jauh di bawah jumlah lowongan pekerjaan. Jadi mereka yang lulus langsung dapat kerjaan. Dan buat perusahaan, mereka sangat berharap sikaryawan yang sudah mereka pekerjakan, untuk loyal. Karena apa? Karena pekerja yang kompeten sedikit, mereka menjadi rebutan.

Kalau sekarang? Pekerja yang kompeten banyak. Jumlahnya jauh lebih banyak daripada jumlah lowongan pekerjaan. Makanya, banyak yang menganggur. Perusahaan pun menjadi tidak takut kehilangan pekerjanya. Ya, mereka tetap ‘takut’ kehilangan super star di perusahaannya. Tapi,… mereka juga sadar bahwa mereka bisa ‘membajak’ karyawan dari perusahaan lain apabila diperlukan. Sehingga, yaitu tadi, loyalitas bukan lagi menjadi harapan special perusahaan-perusahaan jaman sekarang.

Perusahaan lebih menginginkan karyawannya yang memiliki integritas dan produktifitas tinggi, serta selalu ingin berkembang dan berkontribusi lebih terhadap perusahaan dibandingkan dengan karyawan yang hanya sekadar loyal.

Jadi, ‘ngga perlu’ loyal! Sebagai karyawan, jadilah karyawan super star, karena itulah yang paling diharapkan semua perusahaan!

Billy Boen 
www.billyboen.com 
Chief Executive Officer – PT Jakarta International Management & Consulting 
Author & Host Radio Show “Young On Top on Radio with Billy Boen” on Kis 95.1fm Jakarta, setiap Rabu pukul 7-8 malam
Twitter: @billyboen
Facebook: www.facebook.com/billyboenYOT


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy