Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025

Cover Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025

Cover Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025.

Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025 adalah sebuah buku yang berisi kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pelaksanaan transformasi kelembagaan di Kementerian Keuangan. Buku tersebut merupakan lampiran dari Keputusan Menteri Keuangan Nomor 36/KMK.01/2014 tentang Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025.

Isi

  • Daftar Isi
  • Ringkasan Eksekutif
  • Daftar Singkatan
  • Bagian A: Agenda Transformasi Kementerian Keuangan
    • Bab 1: Titik Awal Kemenkeu
      • 1.1 Peran Kemenkeu dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional
      • 1.2 Upaya transformasi sebelumnya
      • 1.3 Isi dokumen ini
    • Bab 2: Visi dan Misi
      • 2.1 Visi dan Misi Baru Kementerian Keuangan
      • 2.2 Tema transformasi untuk seluruh unit Eselon I
    • Bab 3: Pengenalan terhadap Transformasi Kelembagaan Kemenkeu
      • 3.1 Tema transformasi Kemenkeu keseluruhan
      • 3.2 Revisi model operasional dan perampingan proses bisnis
        • 3.2.1 Otomatisasi dan digitalisasi
        • 3.2.2 Standardisasi dan praktik terbaik (best practices)
        • 3.2.3 Peran dan tanggung jawab yang jelas
      • 3.3 Perampingan struktur organisasi
      • 3.4 Memperkuat mekanisme tata kelola
        • 3.4.1 Revitalisasi manajemen kinerja
        • 3.4.2 Pemantapan komite penatakelola tingkat Kemenkeu
      • 3.5 Pengembangan SDM secara menyeluruh
      • 3.6 Mempengaruhi pemangku kepentingan
      • 3.7 Fase implementasi transformasi secara keseluruhan
        • 3.7.1 Fase jangka pendek (2013-2014)
        • 3.7.2 Fase jangka menengah (2015-2019)
        • 3.7.3 Fase jangka panjang (2020-2025)
      • 3.8 Inisiatif transformasi
  • Bagian B: Pendalaman Masing-masing Unit Eselon I
    • Bab 4: Transformasi di Sekretariat Jenderal (SetJen)
      • 4.1 Visi dan misi SetJen
        • 4.1.1 Visi SetJen
        • 4.1.2 Misi SetJen
      • 4.2 Perubahan pada model operasional dan proses bisnis
        • 4.2.1 Model Operasional
        • 4.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 4.2.3 Perubahan Proses Bisnis
    • Bab 5: Cetak biru strategis TIK
      • 5.1 Pendahuluan
        • 5.1.1 Kondisi Teknologi Informasi di Kemenkeu
        • 5.1.2 Tantangan umum untuk TI Kemenkeu
        • 5.1.3 Permasalahan yang harus menjadi fokus transformasi
        • 5.1.4 Pendekatan terhadap transformasi TI
          • 5.1.4.1 Fase Diagnosis
          • 5.1.4.2 Fase desain
      • 5.2 Desain Cetak Biru
        • 5.2.1 Arsitektur
          • 5.2.1.1 End state
          • 5.2.1.2 Organisasi
          • 5.2.1.3 Roadmap untuk meraih end-state dari arsitektur
          • 5.2.1.4 Rencana kerja jangka pendek
        • 5.2.2 Keamanan
          • 5.2.2.1 Temuan diagnosis terkait keamanan
          • 5.2.2.2 Desain keamanan
          • 5.2.2.3 Roadmap untuk mencapai end-state keamanan TI
          • 5.2.2.4 Rencana kerja jangka pendek
        • 5.2.3 Disaster Recovery
          • 5.2.3.1 Penemuan diagnosis Disaster Recovery
          • 5.2.3.2 Desain Disaster Recovery
          • 5.2.3.3 Roadmap menuju end-state Disaster Recovery Planning
          • 5.2.3.4 Langkah-langkah terdekat selanjutnya
        • 5.2.4 Kapabilitas
          • 5.2.4.1 Temuan-temuan hasil diagnosis seputar kapabilitas
          • 5.2.4.2 Desain kapabilitas
          • 5.2.4.3 Roadmap untuk mencapai manajemen kapabilitas end-state
          • 5.2.4.4 Rencana kerja jangka pendek
        • 5.2.5 Pengadaan
          • 5.2.5.1 Penemuan diagnosis pengadaan
          • 5.2.5.2 Desain pengadaan
          • 5.2.5.3 Roadmap untuk mencapai target akhir pengadaan TI
          • 5.2.5.4 Rencana Kerja Jangka Pendek
        • 5.2.6 Tata kelola
          • 5.2.6.1 Temuan diagnosis tentang tata kelola
          • 5.2.6.2 Desain tata kelola
          • 5.2.6.3 Roadmap untuk mencapai tata kelola end-state
          • 5.2.6.4 Rencana kerja jangka pendek
        • 5.2.7 Best practices ADM
          • 5.2.7.1 Penemuan diagnosis ADM
          • 5.2.7.2 Desain ADM (best practices)
        • 5.2.8 Best practices infrastruktur
          • 5.2.8.1 Penemuan diagnosis infrastruktur
          • 5.2.8.2 Desain infrastruktur
    • Bab 6: Cetak biru Transformasi pengembangan Sumber Daya Manusia (P-SDM)
      • 6.1 Visi dan Misi SDM
        • 6.1.1 Visi SDM
        • 6.1.2 Misi SDM
      • 6.2 Perubahan pada Model Operasional dan Proses Bisnis
        • 6.2.1 Model Operasional
        • 6.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 6.2.3 Perubahan Proses Bisnis
        • 6.2.4 Strategi dan Rencana Pelatihan untuk Menunjang Perubahan
        • 6.2.5 Penghargaan dan Manajemen atas Kinerja untuk menunjang konsistensi Perubahan dan Realisasi Manfaat
    • Bab 7: Transformasi di Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
      • 7.1 Visi dan Misi DJP
        • 7.1.1 Visi DJP
        • 7.1.2 Misi DJP
      • 7.2 Perubahan pada model operasional dan proses bisnis
        • 7.2.1 Model Operasional
        • 7.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 7.2.3 Perubahan Proses Bisnis
    • Bab 8: Transformasi di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)
      • 8.1 Visi dan Misi DJBC
        • 8.1.1 Visi DJBC
        • 8.1.2 Misi DJBC
      • 8.2 Perubahan pada model operasional dan proses bisnis
        • 8.2.1 Model Operasional
        • 8.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 8.2.3 Perubahan Proses Bisnis
    • Bab 9: Transformasi di Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)
      • 9.1 Visi dan Misi DJA
        • 9.1.1 Visi DJA
        • 9.1.2 Misi DJA
      • 9.2 Perubahan pada model operasional dan proses bisnis
        • 9.2.1 Model Operasional
        • 9.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 9.2.2 Perubahan proses bisnis
    • Bab 10: Transformasi di fungsi perbendaharaan (DJPB, DJPU dan DJKN)
      • 10.1 Visi dan Misi pada fungsi perbendaharaan
        • 10.1.1 Visi DJPB
        • 10.1.2 Misi DJPB
        • 10.1.3 Visi DJPU
        • 10.1.4 Misi DJPU
        • 10.1.5 Visi DJKN
        • 10.1.6 Misi DJKN
      • 10.2 Perubahan pada model operasional dan proses bisnis
        • 10.2.1 Model Operasional
        • 10.2.2 Inisiatif Transformasi
        • 10.2.3 Perubahan Proses Bisnis
    • Bab 11: Transformasi di unit Eselon I lain (ItJen, BPPK, PK, BKF)
      • 11.1 Inspektorat Jenderal (ItJen)
        • 11.1.1 Visi dan Misi
        • 11.1.3 Inisiatif transformasi
      • 11.2 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)
        • 11.2.1 Visi dan Misi
      • 11.3 Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)
        • 11.3.1 Visi dan Misi
      • 11.4 Badan Kebijakan Fiskal (BKF)
        • 11.4.1 Visi dan Misi
  • Bagian C: Mewujudkan Transformasi
    • Bab 12: Mewujudkan Transformasi
      • 12.1 Memperkenalkan Delivery (Implementasi)
        • 12.1.1 Pentingnya Delivery dalam Transformasi
        • 12.1.2 Perkenalan terhadap Unit Kerja (Transformation Office)
        • 12.1.3 Delivery di Kemenkeu
      • 12.2 Pembentukan Central Transformation Office (CTO) di Kemenkeu
        • 12.2.1 Mandat CTO
        • 12.2.2 Tata Kelola CTO
        • 12.2.3 Sarana dan Proses CTO
      • 12.3 Pembentukan Program Management Offices (PMO) di unit-unit Eselon I dan 2 prioritas
        • 12.3.1 Mandat PMO
        • 12.3.2 Tata Kelola PMO
        • 12.3.3 Sarana dan Proses PMO
      • 12.4 Memastikan keberhasilan pelaksanaan
    • Bab 13: Rencana Manajemen Perubahan (Change Management)
      • 13.1 Pentingnya Change Management dalam Transformasi
      • 13.2 Tujuan dan Kerangka Kerja untuk Aksi
      • 13.3 Komunikasi Internal
        • 13.3.2 Strategi Komunikasi Internal – Kisah untuk Perubahan
        • 13.3.3 Strategi Saluran Komunikasi Internal
        • 13.3.4 Sumber Daya Komunikasi Internal
      • 13.4 Komunikasi Eksternal
        • 13.4.1 Analisis dan Keterlibatan Stakeholder Eksternal
        • 13.4.2 Strategi Komunikasi – Penyusunan Pesan Komunikasi
        • 13.4.3 Strategi Saluran Komunikasi Eksternal
        • 13.4.4 Sumber Daya Komunikasi Eksternal
      • 13.5 Mitigasi risiko hukum dan peraturan
        • 13.5.1 Risiko-risiko utama
        • 13.5.2 Aksi-aksi Mitigasi
      • 13.6 Kesimpulan
  • Kata Penutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *