Home > Kliping Media > Suara Pembaruan

Dangdut Makin Merakyat

Harian Suara Pembaruan, 15 Februari 2000

ELVIE SUKAESIH: Dijuluki "Ratu Dangdut".

Musik dangdut menjadi fenomena yang menarik dalam industri musik di Indonesia. Penggemarnya terus bertambah. Apabila awalnya dangdut tak begitu dianggap, sekarang dangdut menjadi musik paling merakyat dan mulai digemari di hampir semua lapisan masyarakat. Musik itu selalu ditayangkan di stasiun-stasiun televisi, dan bahkan MTV pun ikut menayangkannya lewat acara Salam Dangdut.

Stasiun televisi TPI menayangkan program dangdut In Dangdut dan Liga Dangdut. SCTV menampilkan acara Sik Asik, dan Indosiar mengandalkan Dangdut Mania.

Elya Khadam si legendaris dangdut kini bisa tersenyum bahagia menyaksikan musik yang dirintisnya di negeri ini kini telah bertumbuh menjadi besar dan merakyat. Pada masanya dulu, dangdut masih dianggap sebagai musik "kampungan".

Dangdut mendapat pengaruh dari musik India. Lihat saja penampilan Elya Khadam. Ia beraksi mirip gaya bintang film India. Kemudian muncul Elvie Sukaesih yang tampil berbeda, dan berusaha menggali tarian lokal seperti ronggeng dan jaipong untuk penampilan panggungnya.

Rhoma Irama dan Soneta Group hadir dengan dangdut yang bernafas hard rock. Dengan begitu, musik dangdut terus bergulir dengan berbagai upaya maksimal untuk merangkul sekaligus menambah jumlah para penggemarnya.

Ketika Camelia Malik dan orkes Tarantula muncul, musik yang ditawarkan adalah dangdut ngepop lewat lirik yang enteng dan menghibur. Dapat dibilang, ia (dan mantan suaminya, Reynold Panggabean) ikut berjasa memberikan warna baru untuk dangdut.

Dalam perkembangannya, musik dangdut telah merambah ke negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, dan malah Jepang. Nama-nama baru dalam musik dangdut terus bertambah, dengan pasar penjualan yang makin menguak lebar dalam industri musik dansa di diskotek.

Kian banyak, pendatang baru yang memilih musik dangdut. Mereka datang dari kalangan perguruan tinggi dan dunia model. Bukan cuma wanita. Thomas Djorghi yang model dan bintang sinetron itu pun pernah mencuat dengan Sembako Cinta.

Dangdut, menurut pianis jazz Bubby Chen, paling maju dalam perkembangan musik di Indonesia. "Dangdut adalah rajanya musik di Indonesia, dan dangdut juga merupakan rajanya hiburan untuk rakyat Indonesia, karena lebih merakyat, disukai rakyat, Seperti olahraga sepakbola merupakan olahraganya rakyat. Jadi, dalam hal ranking musik, dangdut memang teratas karena rajanya, baru kemudian pop Indonesia.... Musik jazz ranking ketiga dan terakhir adalah musik klasik," Bubby Chen pernah berujar.

Seniman Guruh Sukarnoputra juga membuka hatinya untuk musik dangdut. Minatnya pada dangdut bukan karena jenis musik itu laris. "Saya memang suka dangdut," Guruh menegaskan saat menulis Candu Asmara untuk Cici Faramida. "Buat saya, musik dangdut bisa menjadi suatu yang unik. Lagi pula menurut saya, teknik menyanyikan lagu dangdut cukup sulit. Tidak semua penyanyi bisa melakukannya. Jadinya, saya tertantang untuk menciptakannya," ujarnya.

Di samping nama Mansyur S dan Meggie Z yang kemudian menjadi terkenal, bukan berarti legenda lama seperti Elvie lalu menghilang. Elvie bahkan sempat melambung lagi dengan Bisik-bisik Tetangga.

Boleh dibilang, mereka semua terus bertarung untuk dipuja publik dangdut bersama wajah-wajah yang lebih muda seperti Evie Tamala, Ayu Soraya, Iis Dahlia, Ike Nurjanah, Cici Faramida, dan Lilis Karlina, sampai generasi berikutnya yang antara lain Cucu Cahyati, Vety Vera, Erry Susan dan Milla Rosa.

Malah, beberapa pemain musik pop mulai berminat membikin dangdut. Contoh terbaru adalah grup band Slank, yang menyanyikan lagu Orkes Sakit Hati dalam album 999+09. "Musik dangdut 'kan duit," Kaka, vokalis Slank, berkomentar. "Dangdut adalah musik Indonesia. Kalau saja dangdut bisa seperti musik ska yang dikenal di dunia," harapnya.

"Saat ini kami memang baru tahap eksplorasi. Namun para Slanker malah sudah meminta kami membikin videoklip-nya," ujar Kaka.

Jauh sebelum Slank, kelompok rock God Bless juga telah melakukan hal serupa. Achmad Albar dan Ian Antono membuat dangdut dengan lagu terkenal mereka Zakia justru pada saat mereka sedang berada di puncak sebagai pemusik rock.u

- JOS


Forum BEBAS tentang artikel di atas. Semua komentar tidak dimoderasi.

comments powered by Disqus

Website ini milik pribadi Ahmad Abdul Haq. Didukung oleh Wikiapbn.