Ahmad Abdul Haq


Blogger Indonesia Semakin Kreatif Dan Semakin Menghasilkan

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Selasa, 30 Desember 2008 16:43 WIBBlogger Indonesia Semakin Kreatif Dan Semakin Menghasilkan

Blogger Indonesia Semakin Kreatif Dan Semakin Menghasilkan

Saya sungguh senang hadir dan tampil di Pesta Blogger 2008.  Saya tampil di breakout session dengan tema ‘Menjadi Blogger yang Kreatif’ dan serunya, saya tampil bersama Raditya Dika.

Raditya Dika adalah seorang blogger yang sudah mulai nge-blog sejak 2002.  Kegemarannya ini berbuah manis saat Gagas Media bersedia untuk menerbitkan Kambing Jantan, kumpulan cerita pendek dari blog tersebut. Dan saat ini, Rudi Sujarwo mengangkat cerita tersebut ke layar lebar.  Jadilah Raditya Dika (Radith) memerankan tokoh yang tak lain dirinya sendiri.

Menarik, karena walau cerita-cerita Radith konyol dan lucu – ia justru mengambil domain ‘penulis yang bodoh’ di berbagai sudut blog miliknya.  Tak heran bila kita google ‘bodoh’ dan telusuri di web Indonesia, blog miliknya masuk urutan 7.

Selain memiliki positioning, Radith tampaknya serius mempersiapkan dirinya. Dibalik segalah ‘kebodohan’ yang ia tampilkan di-blog maupun saat tampil di Pesta Blogger, Radith tampak banyak mencari referensi.  Sebut saja Jerry Seinfeld, Dane Cook dan Ellen DeGeneres kerap ia sebut. 

Teknologi memang merubah segalanya.  Kalau dulu Hilman sukses dengan Lupus, tokoh fiksi yang sangat di-inspirasikan oleh kehidupan pribadinya lewat majalah HAI.  Sekarang seorang pembaca Lupus, Raditya Dika tidak lagi sukses lewat majalah cetak namun melalui media baru bernama blog.

Kambing Jantan menjadi blog pertama yang diangkat ke layar lebar.  Jelas hal ini merupakan terobosan dan angin segar bagi para blogger Indonesia.  Blogging bukan lagi main-main dan tampaknya sudah menjadi budaya populer di Indonesia.  Kalau dulu blog hanya memberikan ‘fame’ kini blog sudah bisa memberikan ‘fortune’ juga.

Tidak salah kalau pemerintah menaruh perhatian besar ke industry kreatif.  Dengan modal terbilang rendah namun mempunyai opportunity untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Kalau dulu Hilman sukses di HAI sendirian. Sekarang Radith sukses di dunia bloggosphere, mampu membuka jalan bagi para blogger lainnya.  Yup, di bloggosphere tidak ada batasan halaman.

Masih banyak blogger yang semakin sukses, sebut saja Fajar Nugros yang sebentar lagi akan meluncurkan novel Bunuh Diri Massal 2008 yang diambil dari cerita bersambung yang dimuat sebanyak 7 episode di-blog.  Tahun depan rencananya Bunuh Diri Massal 2009 akan diluncurkan di handphone sebagai e-novel dimana Fajar akan menerima sejumlah royalties dari penjualan e-novel tadi.

Blogpreneur, begitulah istilah yang tepat untuk para blogger yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan uang. Mulai dari jualan cake, baju dan lain sebagainya.  Apalagi bila nantinya payment gateway sudah ada, wah pasti akan menjadi ledakan ekonomi yang tinggi.

So, kesempatan sudah terbentang luas.  Saatnya para blogger merebut kesempatan… Good luck! Always be creative…

http://yoris72sebastian.wordpress.com


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy