Ahmad Abdul Haq


Perdebatan Tentang Arti Sebuah Kesuksesan

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Senin, 04 Juli 2011 14:36 WIBPerdebatan Tentang Arti Sebuah Kesuksesan

Perdebatan Tentang Arti Sebuah Kesuksesan Semenjak karir saya ter-expose ke publik karena buku “Young On Top” yang dirilis April 2009 lalu, saya sering ditanya di seminar maupun workshop yang saya berikan, “Mas Billy, apa arti sukses menurut Mas Billy?”

Saya sadar bahwa arti sukses itu pasti berbeda-beda dari satu orang ke orang lain. Ada yang mungkin sudah merasa sukses kalau dia sudah menjadi seorang Manajer di perusahaan tempatnya bekerja. Ada yang mungkin baru merasa sukses kalau dia bisa menjadi Direktur.  Ada lagi yang mungkin merasa sudah jadi Direktur pun belum sukses, dan dia baru akan merasa sukses kalau dia sudah memiliki perusahaannya sendiri. Mungkin, ada juga yang sudah punya perusahaan sendiri, masih merasa belum sukses karena dia baru akan merasa sukses kalau perusahaannya sudah memiliki  1,000 karyawan, dan seterusnya.

Itu kalau melihat sukses dari karir semata. Saya yakin ada banyak wanita yang bilang sukses itu ketika dia bisa menjadi istri yang baik, menjadi ibu yang baik, dan seterusnya.

Kalau arti sukses secara eksplisit ini diperdebatkan, saya yakin ngga akan pernah ada habisnya.  Dan, kita memang ngga seharusnya memaksakan arti sukses kita kepada orang lain. Setiap orang bebas berpendapat, apalagi pendapatnya (tentangsukses) ini tidak mengganggu Anda.

Nah, menurut saya, yang bisa kita ingat sama-sama adalah arti sukses secara umum. Ini pun tidak bisa disimpulkan hanya satu arti. Berikut adalah beberapa arti sukses secara umum yang pernah saya dengar, maaf kalau saya tidak ingat saya pernah baca maupun mendengar arti - arti sukses ini darimana:

  1. “Sukses itu ketika seseorang sudah memaksimalkan potensinya dan live his/her life to the fullest” – Yonatan Bhakti
  2. “Sukses itu ketika kita mampu hidup dalam suatu keseimbangan. Yin & Yang” – Unknown
  3. “Sukses itu ketika apa aja yang kita mauin bisa kita dapatkan atau kita lakuin ” – Unknown
  4. “Sukses itu ketika seseorang sudah mampu untuk berbagi untuk orang lain” – Unknown
  5. “Sukses itu ketika kita mampu membantu orang  lain” – Unknown
  6. Dst…

Menurut saya?
Sukses itu ketika seseorang mampu mencapai apa yang telah dia targetkan di awal. Misal dia ingin menulis buku, kemudian bukunya berhasil diterbitkan, dia telah sukses; namun suksesnya itu hanya dalam konteks menulis buku tersebut.
Nah, dengan demikian, menurut saya, seseorang harus memiliki banyak mimpi, banyak  target dalam hidupnya. Bermimpilah untuk punya perusahaan yang besar, menjadi suami/istri yang baik,  ayah/ibu yang baik, menulis buku, memiliki yayasan, dan seterusnya. Dan cobalah untuk hidupi mimpi-mimpi tersebut. Raihlah sukses Anda satu per satu.

Juga, perlu saya ingatkan, arti sukses itu harus berkembang dari waktu kewaktu. Ketika di awal Anda bermimpi untuk menjadi seorang Manajer, kemudian Anda berhasil menjadi seorang Manajer… janganlah berhenti di situ. Bermimpilah, beranikanlah diri Anda untuk menargetkan posisi Direktur. Ketika sudah jadi Direktur, targetkanlah diri Anda untuk jadi Presiden Direktur.

Kalau Anda telah berhasil memiliki perusahaan sendiri, targetkanlah perusahaan Anda untuk memiliki omset (misal) Rp. 1M. Kalau sudah tercapai, cobalah untuk menargetkan perusahaan Anda untuk memiliki 1,000 karyawan, dan seterusnya.

Inti nya, arti sukses Anda harus berkembang. Inilah yang akan membuat hidup Anda penuh tantangan, penuh warna, dan penuh rewards.

Tanggal 23 Juli 2011, saya akan mengadakan “Young On Top National Conference 2011: Hidupkan Suksesmu!” di Grand Ballroom Citiwalk – Jakarta Pusat. Di seminar yang akan diadakan dari jam 08.00 hingga jam 18.00, selain saya, Danny Wirianto (CMO Kaskus), Erwin Tenggono (PresDir PT Anugrah Argon Medica), IwanSetyawan (former Direktur Nielsen New York USA), dan Rene Suhardono (Career Coach) akan share tentang perjalanan mereka dalam menuju sukses, berikut kiat-kiatnya. Belajarlah dari apa yang mereka telah lalui. Kegagalan apa aja yang pernah mereka hadapi, dan bagaimana mereka melewatinya? Untuk yang mau tahu tentang seminar ini, silahkan kunjungi http://billyboen.com/young-on-top-national-conference-2011/

Jadi, sebenarnya arti sukses itu ngga perlu diperdebatkan. Apapun arti sukses menurut Anda, yakinilah, dan cobalah untuk meraihnya!
#MakeItHappen

Billy Boen 
www.billyboen.com 
Chief Executive Officer – PT Jakarta International Management & Consulting 
Author & Host Radio Show “Young On Top on Radio with Billy Boen” on Kis 95.1fm Jakarta, setiapRabupukul 7-8 malam
Twitter: @billyboen

Facebook: www.facebook.com/billyboenYOT
 

Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy