Ahmad Abdul Haq


Why ?

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 02 September 2011 18:14 WIBWhy ?

Why ? Salah satu kata yang paling saya gemari  adalah “WHY” atau “Kenapa”. Banyak hal dalam kehidupan saya dimulai dari sebuah pertanyaan “Kenapa?”, dan itulah kemudian yang memandu saya untuk berbuat sesuatu.

Jammie Allen bahkan pernah menuturkan If you want to be successful, ask Why? Why not? Why Not Me? Why Not Now?”. Ungkapan di atas bisa dibilang persis banget menggambarkan kenapa kemudian saya dan segelintir teman-teman lainnya memilih untuk melakukan kegiatan “yang nggak biasa” – yang jarang dipilih oleh banyak orang – dibandingkan aktivitas anak muda lainnya.

WHY?
Berbagai macam masalah sosial yang ada di sekitar kita saat ini, yang nggak ada habis-habisnya bikin kita jadi geregetan kan. Kita sering mengeluh, kenapa sih banyak sampah dimana-mana? Kenapa sih kok makin hari makin panas aja? Kenapa sih metode belajar di sekolah saya nggak menyenangkan? Kenapa sih pengangguran di Indonesia bukannya berkurang malah nambah terus? Dan masih banyak lagi (kita bisa list jutaan masalah kalo mau bahkan). Tapi nggak ada gunanya kalo kita cuma bisa melototin dan tetap mengeluh, tapi  do nothing.
Harusnya, dari masalah-masalah tersebut, kita bisa memunculkan pertanyaan “Kenapa” dan mencoba untuk mencari tahu jawabannya. Kenapa bisa begini? Kenapa bisa begitu?

WHY NOT?
Ketika kita udah tahu apa penyebabnya, kadang kita masih diam aja dan tidak terpikir untuk mulai bergerak. Sering kali kita takut atau ngerasa nggak pede dengan solusi versi kita. Kita ngerasa rendah diri dengan kapasitas dan kapabilitas kita, takut untuk gagal. Padahal kenapa tidak dicoba dulu? Kalo nggak dicoba, kita nggak akan pernah tahu kan? The person who doesn’t make mistakes is unlikely to make anything (Paul Arden). Thomas Edison perlu mencoba hingga 200x untuk membuat bola lampu kreasinya benar-benar bekerja. Benjamin Franklin juga pernah bilang “I haven’t failed, I have had 10.000 ideas that didn’t work”. Jadi kalau punya ide, kenapa tidak?

WHY NOT ME?
Sering kali kalaupun udah tahu dan udah punya semangat untuk melalukan perubahan atau memberikan solusi terhadap suatu masalah, semangatnya cuma disimpan aja, atau paling pol dibayang-bayangin aja sendiri. Padahal, kenapa nggak kita share sama teman kita yang lain yang punya visi serupa. Siapa tau justru banyak yang punya gagasan serupa, tapi selama ini karena diam aja, kita nggak tahu. Kalaupun misalnya masih belum pede untuk mulai gerakan yang gede, kenapa nggak kita mulai mencoba untuk menerapkan perubahan itu di diri kita? Siapa tahu banyak orang yang justru jadi terinspirasi dan termotivasi sama aksi individual kita? Kenapa bukan saya yang memulai?

WHY NOT NOW
Saya sering kali berjumpa dengan teman-teman seusia saya (belasan atau early 20ies) yang punya mimpi besar buat Indonesia. Punya cita-cita luhur pengen ngebangun bangsanya lewat jalur yang beda-beda. Ada yang bilang mau bikin sekolah, ada yang mau bikin organisasi sosial, ada yang mau bikin majalah, dan lain - lain. Tapi kebanyakan bilangnya “gue kerja dulu 20 tahun, ngumpulin uang, abis itu bisa mengabdi”. Well, nggak salah sih.. mungkin memang sudah punya perencanaan yang matang. Tapi yang kepikiran oleh saya, kalo memang bisa sekarang kenapa harus nunggu nanti? Misalnya, bercita-cita pengen bikin sekolah. Mungkin “sekolah ideal” yg ada di pikiran masih 20 tahun lagi, tapi bisa dimulai dengan “sekolah kecil”, menjadi relawan mengajar di berbagai program adik asuh, atau mulai peduli dengan isu-isu pendidikan. Mau bikin majalah? Mungkin bisa memulai dengan bikin newsletter atau bulletin online, mulai rajin menulis blog dengan konten-konten yang sesuai dengan passion nya. Intinya, kalo bisa sekarang kenapa harus nunggu nanti. Why not now?

Jadi, bagaimana? Siap memulai dengan KENAPA? KENAPA masih diam? Ayo bergerak!

M. IMAN USMAN
19 th | Pendiri dan Presiden Indonesian Future Leaders |Duta Muda ASEAN-Indonesia | Mahasiswa
Blog: http://imanusman.com
Web: http://indonesianfutureleaders.org
Twitter: http://twitter.com/imanusman


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy