Ahmad Abdul Haq


KETIKA MAUT MENJEMPUT

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 23 Januari 2009 21:30 WIBKETIKA MAUT MENJEMPUT

KETIKA MAUT MENJEMPUT Warisan apa yang akan ditinggalkan ketika Anda meninggal dunia? Apakah harta ? Apakah gelar yang telah Anda raih? Juga dengan bagaimana Anda meninggal dunia ? Apakah secara mendadak atau ada gejala-gejala atau isyarat tertentu ?
Pada kesempatan inilah Kick Andy coba mengungkap sejumlah pertanyaan yang selama ini menghinggapi kita yang mau tidak mau, siap atau tidak siap kita akan mengalaminya.

Kisah yang dialami Joddy Tri Aprianto mungkin bisa menjadi contoh. Pria berusia 40 tahun ini baru saja kehilangan putri tercintanya, Gita Sesa Wanda Cantika yang akrab disapa Keke. Joddy berkisah, awalnya Keke tumbuh layaknya gadis yang cantik dan lincah. Prestasi di sekolahnya cukup baik, “Selain berprestasi di sekolah, Keke juga sering menjuarai lomba modeling” ujarnya mengenang. Namun saat Keke berusia 12 tahun kedua matanya sering mengeluarkan airmata. Betapa kagetnya ia, ketika dilakukan tindakan medis, ternyata Keke menderita kanker jaringan lunak. Dokter memvonis hidup Keke tidak akan bertahan lama. Sebagai ayah, Joddy tentu saja sangat sedih melihat kondisi anak tercintanya. Namun sebagai manusia ia hanya bisa pasrah dan mengantar kepergian anak tercintanya dengan memenuhi apa yang paling diinginkan di dunia ini yang belum tercapai.

Kisah yang sangat menarik dan fenomenal adalah kisah Randy Pausch. Salah satu pengajar universitas di Carnegie Melon, Amerika Serikat. Randy yang berusia 47 tahun waktu itu menderita kanker pankreas dan divonis dokter umurnya sudah tidak lama lagi. Pada saat memberikan kuliah terakhir, alih-alih dia membeberkan penyakitnya dan upaya dia dalam mempertahankan hidupnya. Randy justru mengajak orang untuk lebih gigih menggapai apa yang diinginkan sejak kecil. Vonis mati yang diterimanya tidak membuat Randy patah semangat. Randy justru bersemangat untuk menggapai mimpi-mimpinya waktu dia kecil yang belum terwujud. Menjelang ajal, sebagian besar mimpi Randy memang terwujud seperti menjadi salah satu direktur di perusahaan film Disney dan berada di ruangan hampa udara. Kisah Randy yang dipublikasikan di situs YouTube menginspirasi jutaan orang. Bahkan majalah Time menobatkan Randy Pausch sebagai salah satu dari seratus orang yang sangat berpengaruh di dunia.

Sementara bagi bintang sepakbola era 1970-an, almarhum Ronny Pattinasarany sakit yang dideritanya hingga ajal menjemput diangapnya sebagai suatu pertandingan sepakbola. Dan, ketika ia benar-benar dipanggil Tuhan, Ronny berpendapat ia telah memenangkan pertandingan. Kisah mengharukan itu dituturkan istrinya Stella Pattinasarany. Stella menuturkan semangat Ronny memang luar biasa. Ketika menjalani perawatan di Guangzou, Cina, Ronny masih menyempatkan menulis buku. Dan, ketika Stella menangkap suatu isyarat bahwa Ronny sudah tidak tahan melawan penyakit kanker yang menggerogoti tubuhnya, Stella berusaha memenuhi keinginan dan menyenangkan hati Ronny. Bahkan Stella terpaksa “berbohong” kepada Ronny bahwa ia telah membeli kembali rumah yang penuh kenangan yang telah mereka jual. Sungguh kisah yang mengharukan.

Selain menampilkan kisah-kisah bagaimana menghadapi kematian. Pada Episode ini Kick Andy juga menampilkan kisah-kisah manusia yang bertahan dan melawan penyakit atau vonis dokter. Mereka yang berhasil bertahan juga tak kalah dramatis kisahnya. Seperti yang dialami Gugun Gondrong misalnya. Seperti dikisahkan Anna Marissa, istri Gugun. Ia tidak tahu harus berbuat apa ketika Gugun jatuh dari kamar mandi . Setelah diperiksa ternyata menderita kanker otak. Memang sekarang Gugun sudah melewati masa kritis. Namun untuk pemulihan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Memang banyak cara menghadapi kematian. Ada yang pasrah ada juga yang mencoba melawannya hingga ajal menjemput. Menurut Komaruddin Hidayat, penulis buku Psikologi Kematian, kita hendaknya tidaklah takut dengan kematian. Mati menurutnya sama halnya dengan “pulang kampung”. Bukankah kita seharusnya bergembira ketika akan “pulang kampung”?

BANTUAN UNTUK GUGUN GONDRONG BISA DISALURKAN MELALUI REKENING BCA No.552 0035 135 atas nama Mohamad Gunawan (Gugun Gondrong).


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy