Ahmad Abdul Haq


INSPIRASI TAK KUNJUNG PADAM

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 03 Desember 2010 21:30 WIBINSPIRASI TAK KUNJUNG PADAM

INSPIRASI TAK  KUNJUNG  PADAM Tidak ada yang abadi di dunia ini,  ada waktunya datang, ada pula waktunya pergi. Begitu pula dengan kelahiran dan kematian. Memasuki lima tahun perjalanan ini, Kick  Andy mencatat sejumlah nama narasumber yang pernah tampil, yang sudah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya dan  meninggalkan pelajaran kebijakan yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Di episode kali ini, Kick  Andy  ingin mengajak pemirsa bersama-sama membuka catatan tentang sejumlah nara sumber Kick Andy yang telah pergi untuk selama-lamanya.  Mereka telah tiada tapi semangat dan perbuatan mereka bisa menjadi warisan berharga bagi kita semua.

Dari  Gusdur  sang mantan  presiden hingga  seorang perempuan pemulung bernama Mery Elwarin  telah  memberikan  kita  banyak pelajaran bagaimana  harus menyikapi  hidup  yang sarat perjuangan dan  makna.

Gusdur, salah satu tamu Kick  Andy  yang mengesankan. Kita bisa menilai Gusdur  dari berbagai sudut pandang. Tetapi salah satu kekuatan gusdur yang sangat terasa adalah kejujurannya dalam berpendapat. Tidak peduli pendapatnya sering membuat banyak orang tidak nyama. Kekuatan lain yang dimiliki Gusdur adalah kesederhanaanya memaafkan, termasuk memaafkan orang lain yang telah menyakiti hatinya.

Sementara  Merry  Elwarin adalah  seorang ibu  yang  berjuang  untuk pendidikan anak-anaknya. Setiap hari, mulai jam 3 dini hari  sampai jam 9 malam, perempuan ini harus berjalan menyusuri jalan, memunguti botol-botol dan plastik bekas. Merry memilih menjadi pemulung demi pendidikan anak-anaknya. Perempuan yang tak bisa baca tulis ini punya keyakinan, pendidikan bisa menjadi jalan bagi keluarganya untuk keluar dari kemiskinan.  Dan  Merry  berhasil menyekolahkan  anak sulungnya hinga  universitas.

Catatan Kick  Andy  berikutnya adalah tentang seorang ayah yang memberi inspirasi kepada banyak orang tua yang anaknya terjebak narkoba. Almarhum  Rony  Patinasarani. Mantan pemain dan pelatih sepakbola kebanggan indonesia ini merupakan sosok ayah yang benar-benar mengaggap anak sebagai titipan tuhan yang selalu harus dikasihi, bahkan ketika dua anak mereka terjerumus dalam jeratan narkoba.

Dari  bidang  lingkungan   Kick Andy mengenang  dua  sosok pencinta lingkungan. Yang pertama adalah sosok sederhana dari Bogor. Badri adalah seorang penebang pohon liar, bertahun-tahun dia melanggar hukum dan merusak alam. Suatu hari kehidupannya berbalik seratus delapan puluh derajat. Oleh  sebuah kejadian,  ia  berubah menjadi seorang pencita lingkungan yang luar biasa. Pelestari alam lain yang ada dalam catatan saya adalah seorang expatriat asal Australia/ Gavin Bitch, alias Husin Abdullah.

Sejak tahun 1986 ia memutuskan tinggal di Lombok dan  bekerja  untuk merawat  wilayah  itu  menjadi  bersih  dan hijau. Bayangkan, Husin setiap hari memunguti sampah dan mengangkutnya sendirian, bahkan ia kemudian mengelolanya dan menciptakan mesin olah sampah secara mandiri.

Dari dunia pendidikan,  kita bisa  mengenang  seorang guru  asal Malang, Jawa Timur, Tjandra  Heru Awan.

Ia adalah sosok guru yang pantang mengeluh atas segala keterbatasan fasilitas dalam mengajar. Di saat para guru terkendala oleh dana pengadaan alat praktek, Tjandra mendobraknya dengan kreativitas yang luar biasa. Dari tangannya lahir berbagai alat praktek fisika yang unik dan mudah dicerna. Alat-alat peraga itu dia ciptakan dari barang- barang bekas.

Kepedulia pada dunia pendidikan juga dimiliki seorang ibu rumah tangga asal Bintaro, Banten, Edo Ettie.  Bermula  dari pertemuannya  dengan dua pemulung yang tidak  bisa membaca,  Edo  tergerak  untuk memberikan  pendidikan informal pada  anak-anak pemulung. Pertengahan tahun 2009 lalu, Edo ettie wafat. Ia mewariskan banyak kebaikan di dunia pendidikan informal. Selain sejumlah anak-anak yang terselamatkan dari buta aksara, pengabdian Edo  mengispirasi kita agar mau membuka mata dan hati untuk membantu sesama.

Masih  ada beberapa  nara  sumber  lain yang akan kita  kenang. Mereka  yang telah meninggalkan kita, tapi  penampilannya  di  Kick  Andy  semasa  hidup  meninggalkan  banyak pelajaran hidup  bagi  kita semua. Sebuah warisan inspirasi yang tak akan pernah mati. Selamat  menyaksikan.


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy