Ahmad Abdul Haq


PADUAN SUARA YANG MENDUNIA

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 30 Nopember 2012 21:30 WIBPADUAN SUARA YANG MENDUNIA

PADUAN SUARA YANG MENDUNIA

Selama ini kita seakan tersihir oleh gegap gempita berita tentang kemenangan tim Indonesia di olimpiade fisika dan matematika. Tetapi, tahukah Anda, ada prestasi Indonesia yang juga sangat membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia.
Apa itu ? Paduan Suara Mahasiswa. Dalam berbagai kompetisi internasional, Paduan Suara Mahasiswa Indonesia kerap menyabet penghargaan bergengsi dan membuat nama Indonesia dikenal luas.
Dan, kali ini Kick Andy akan mengajak Anda berkenalan dengan tiga Paduan Suara mahasiswa yang memiliki prestasi internasional.
PSM Undip Semarang misalnya. Tahun ini, PSM yang dilatih Setyo Watjono itu berhasil meraih dua medali, yaitu  platinum dan emas pada kejuaraan paduan suara di Guangzou, China. Atas prestasi ini, PSM Undip akan bertanding pada kejuaraan yang sama di Amerika Serikat tahun depan. Yang menarik adalah, perjuangan mereka ketika mulai debut kejuaraan paduan suara di Vietnam pada 2011. Dengan berbekal dana yang pas-pasan, kala itu mereka tidak menyangka akan memenangi kejuaraan paduan suara yang diikuti lebih dari 20 negara. ”Paduan suara kami ini anggotanya wong ndeso, kostum juga ala kadarnya. Kami tidak bermimpi untuk menang,” ujar Setyo Watjono serius. Namun berkat pemilihan lagu yang unik, yaitu lagu-lagu daerah yang kocak dan jenaka, seperti ”Gundul-Gundul Pacul” dan ”Toki Tifa” PSM Undip sukses dan meraih juara umum.
Paduan Suara Mahasiswa lainnya yang juga hebat adalah PSM Universitas Bina Nusantara, Jakarta atau lebih dikenal dengan Paramabira. Jika PSM Undip mengekspolorasi lagu-lagu daerah di Indonesia, lain halnya dengan Paramabira. Paduan Suara Mahasiswa yang dilatih instensif oleh  Rainier Revireino atau biasa disapa Pepi ini menyanyikan lagu yang kebanyakan beraliran klasik dan jazz. Dan, yang menggembirakan adalah mereka baru-baru  ini berhasil meraih medali emas  dan  Piala Granprix atau Grand Champion pada kompetisi  Seghizzi yang digelar di kota Gorizia, Italia. Pada kejuaraan Paduan Suara yang sangat bbergengsi   itu mereka  menyanyikan lagu berbahasa Italia yang berjudul ”Si Ch’io Vorrei Morire”.
Prestasi internasional yang diraih kelompok Paduan Suara Mahasiswa itu merupakan sebagian prestasi yang diukir baru-baru ini. Capaian itu belum termasuk prestasi-prestasi sebelumnya yang berhasil mereka raih yang sangat panjang jika ditulis di sini.
Seperti yang dicapai oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katholik  Parahyangan Bandung, Jawa Barat. PSM yang tergolong tua ini, berdiri sejak 1962, sudah mengantongi sejumlah medali baik di dalam negeri maupun manca negara. PSM yang digawangi Avip Priatna ini pada 1995 berhasil meraih medali emas pertama kali  di negeri Belanda. Kemudian pada 2008 mereka juga berhasil menyabet juara pertama di Cheko dan Austria. Sementara pada 2010 dan 2011 lalu mereka juga berhasil menyabet medali emas di kejuaraan paduan suara di London, Inggris dan di Roma, Italia.
Salah satu yang menjadi kekuatan paduan suara ini adalah mampu membawakan beragam jenis musik. Dari Acapella hingga diiringi orchestra, juga dari musik klasik abad 15 hingga musik modern.

Jika Anda ingin melihat aksi mereka, tentu Anda sebaiknya menyimak Kick Andy hingga selesai. Selamat menyaksikan.
 

Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy