Ahmad Abdul Haq


DEMI TANAH PAPUA

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 06 Desember 2013 21:30 WIBDEMI TANAH PAPUA

DEMI TANAH  PAPUA

Masyarakat, budaya, dan hutan adat adalah sebuah ekosistem penting di  tanah  Papua. 

Hutan berfungsi  sebagai pemelihara integritas  budaya masyarakat lokal, hutan sebagai sumber mata pencaharian dan penghidupan masyarakat.  Intinya hubungan  mitos, budaya maupun ekonomi masyarakat Papua  tidak terlepas dari hutan.

Agustinus Kanki Balagaize, dan sejumlah anggota marganya menyadari, bahwa bagi  mereka hutan  bukanlah hutan alam semata, tapi sebuah warisan  turun temurun yang harus terus lestari. “Jangan beri air mata, tapi beri  anak  cucu kita  mata air," tegasnya.

Kalimat sang tetua itu, memiliki makna yang sangat  dalam dan menunjukkan  adanya kesadaran bahwa hutan lestari  akan sanggup memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak, cucu, cicit, dan generasi -generasi selanjutnya.  Kemudian marga Balagaize pun sepakat  untuk melakukan pengelolaan hutan adat secara mandiri  di lahan seluas 4500 hektar.

Kegiatan pengelolaan hutan ini dimulai dengan pembuatan sebuah koperasi bernama; Mo Make Unaf.  Koperasi didirikan sebagai bentuk dari kebersamaan warga dalam mengelola hasil hutan adat mereka.  Areal  konsesi mereka terletak  di Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua.

Sementara  itu  di belahan  Papua  lainnya,  Kick  Andy bertemu dengan tokoh  pejuang  lingkungan, Marshall  Suebu.

Menurut  Marshall, pesatnya perkembangan jaman dan bertambahnya jumlah penduduk,  mampu menimbulkan pengaruh negatif terhadap kelestarian alam terutama di wilayah Danau Sentani dan wilayah cagar alam lainya seperti hutan pegunungan Cycloop.

Maka kemudian,  Marshal, melakukan sebuah terobosan untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Meski awalnya upaya Marshal banyak menerima cemooh dari masyarakat sekitarnya, namun dengan tekad dan kemauan yang keras, ia mampu membuktikan bahwa itikad baiknya itu akan mampu memperbaiki kerusakan  yang ada.  Ia melakukan  banyak  kegiatan  yang  dimulai  melakukan pembibitan tanaman di sekitar desa.

Di tahun 2001, ia bersama beberapa orang teman langsung mendirikan sebuah sekolah alam  untuk berbagi  pengetahuan  tentang lingkungan. Sekolah itu  bernama Sekolah Alam  Hirosi. Ia  juga mengajak   generasi muda untuk mau peduli kepada lingkungan dengan  mengembangkan  club pencinta alam  yang beranggotakan pelajar hingga mahasiswa di jayapura.

Sampai sekarang, sekolah alam yang berlokasi diantara pegunungan Cycloop dan danau Sentani ini,  terus melakukan penghijauan tanaman di sekitar pegunungan. Mereka  terus  menjaga  hijaunya  hutan sekaligus  sumber  mata air yang penting bagi  kelangsungan  masyarakat Sentani, Jayapura dan sekitarnya.

Selain  menjaga  alam,  dua kelompok  masyakarat pencinta lingkungan  ini  juga  melestarikan  adat dan budaya  tanah Papua.  Tak  heran  jika selama  kunjungan  di sana,  Host  Kick  Andy  selalu mendapat  sambutan dengan adat  dan budaya  yang  sangat  menarik.


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy