Survei Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap layanan publik di sejumlah instansi pada tahun 2011 mengumumkan bahwa Pelayanan Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) di KPPN memiliki nilai integritas tertinggi dengan nilai 7,69 diantara 89 instansi pemerintah yang terdiri atas 507 unit layanan. Survei Integritas 2011 ini untuk mengetahui nilai integritas, indikator dan subindikator integritas dalam layanan publik.
Survey ini dilakukan dengan pengukuran ilmiah terhadap tingkat korupsi dan faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi di lembaga publik dengan mensurvei pengguna langsung layanan publik. Survei ini juga bertujuan untuk memberi bahan masukan bagi instansi layanan publik untuk mempersiapkan upaya-upaya pencegahan korupsi yang efektif pada wilayah/layanan yang rentan terhadap korupsi.
Berikut 15 layanan dengan nilai integritas tertinggi selengkapnya:
1. Pelayanan SP2D di KPPN Kemenkeu (7,69)
2. Pelayanan Penyelesaian Permohonan Pengkuhan pengusaha kena pajak Kemenkeu (7,65)
3. Pelayanan Lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kemenkeu (7,51)
4. Pelayanan Pengurusan Impor Barang di DJBC (7,03)
5. Layanan Tambah Daya PLN (6,86)
6. Peradilan Umum (6,44)
7. Layanan Lembaga Pemasyarakatan (6,43)
8. Peradilan Tilang (6,24)
9. Pembuatan Surat Keterangan Kepolisian (6,20)
10. Layanan Pemasangan baru dan Pemasangan Kembali (6,10)
11. Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (6,09)
12. Pembuatan Sertifikat di BPN (6,04)
13. Pembuatan dan Perpanjangan Paspor di Imigrasi (5,74)
14. Layanan Administrasi Pernikahan di KUA Kemenag (5,41)
15. Pembuatan dan Perpanjangan SIM Kepolisian (5,33)
Diharapkan peran serta seluruh stakeholder KPPN khususnya semua Satuan Kerja (Satker) mitra kerja KPPN di seluruh Indonesia untuk mendukung dan membantu KPPN mempertahankan prestasinya agar selalu bebas dari suap, gratifikasi dan korupsi dalam memberikan pelayanan. Satker tidak perlu dan bahkan DILARANG KERAS memberikan imbalan dalam bentuk dan versi apapun kepada seluruh petugas KPPN dalam mengakses pelayanan KPPN. Kata-kata terima kasih dan senyum puas/senang dari para petugas Satker merupakan imbalan yang sepadan atas kerja keras kami.
Berita selengkapnya tentang Survey Integritas Pelayanan Publik 2011 dapat diakses di http://perbendaharaan.go.id/new/index.php?pilih=news&aksi=lihat&id=2745 ataupun dapat mendownload langsung publikasinya berupa file PDF di http://www.kpk.go.id/modules/news/article.php?storyid=2328