Nabi, Dukun, dan Penyair - JIL Edisi Indonesia
Halaman Muka
Up

 

Kolom
22/01/2006

Nabi, Dukun, dan Penyair

Oleh Ulil Abshar-Abdalla

Yang menarik buat saya, persis setelah pembahasan tentang nubuwwah atau kenabian itu, ada bab lain tentang sihir, penyihir, dan dukun. Al-Razi membahas rinci, mendalam, dan detil tentang fenomena perdukunan dan sihir. Sebetulnya, pembahasan ini sebagian besar merupakan pengulangan dari pembahasan serupa yang pernah dilakukan Ibn Sina. Pertanyaan saya dalam hati: kenapa bahasan tentang perdukunan dan sihir diletakkan setelah bahasan tentang kenabian?

Gejala kenabian selalu menantang untuk dibahas, bukan saja buat para ilmuwan modern, tapi juga filosof klasik Islam. Saya bisa mengatakan, “prophecy is among the most puzzling phenomenon” atau gejala kenabian, adalah fenomena yang paling mengundang teka-teki. Yang lebih menantang juga adalah menerangkan gejala pewahyuan; bagaimana mungkin Tuhan yang “speaking wordlessly” berkomunikasi dengan “lower world” dengan cara yang “wordly”.

Pertanyaan sederhana dan mengganggu: apakah benar bahasa Tuhan adalah bahasa Arab? Apakah Tuhan punya bahasa? Apakah mamang ada “sacred language” (in the true sense of the word)? Isn’t it that any language belong in the last analysis to human being?

Masalah ini rumit sekali, dan saya tak berpretensi menguasai seluk-beluk soal ini secara baik, apalagi memberi jawaban. Saya menikmati saja teori-teori yang dikemukakan para filosof dan teolog Islam klasik mengenai masalah ini. Saya baru membaca karya klasik Fakhr al-Din al-Razi, Al-Mathalib al-’Aliyah. Karya ini, buat saya, luar biasa dahsyat dan mendalam, meskipun secara keseluruhan nadanya apologetik.

Dalam buku itu ada bab khusus tentang argumen untuk membuktikan kebenaran kenabian Muhammad. Masalah pewahyuan tentu disinggung. Al-Razi meminjam analisis kaum filosof emanasionis seperti Ibn Sina dan Al-Farabi untuk menjelaskan martabat dan hierarki akal manusia yang berpuncak pada “akal kenabian” (al-`aql al qudsi, al-nafs al-qudsiyyah). Inti argumen ini secara implisit adalah: wahyu tak bisa turun secara random pada semua orang. Penerima wahyu haruslah memenuhi kualifikasi tertentu. Orang yang secara kognitif tidak kompeten, tidak akan pernah menerima wahyu.

Dengan kata lain, wahyu adalah proses dua belah pihak: Tuhan dan manusia sekaligus. Walaupun Tuhan Maha Kuasa, tetapi Dia tak akan memperlakukan wahyu seperti permainan rolet: diputar serrrrrrr, lalu siapa saja, secara acak, bisa dapat rejeki nomplok yang namanya wahyu. Argumennya sangat ndakik, dan rasanya saya tak ada waktu untuk menuliskannya di sini.

Yang menarik buat saya, persis setelah pembahasan tentang nubuwwah atau kenabian itu, ada bab lain tentang sihir, penyihir, dan dukun. Al-Razi membahas rinci, mendalam, dan detil tentang fenomena perdukunan dan sihir. Sebetulnya, pembahasan ini sebagian besar merupakan pengulangan dari pembahasan serupa yang pernah dilakukan Ibn Sina. Pertanyaan saya dalam hati: kenapa bahasan tentang perdukunan dan sihir diletakkan setelah bahasan tentang kenabian?

Saya kira alasannya jelas: perdukunan adalah gejala yang hampir menyerupai kenabian. Dengan kata lain, perdukunan dan kenabian adalah “gejala mental” yang masih satu keluarga. Itulah sebabnya, dulu Nabi pernah dituduh sebagai dukun (kahin) atau penyihir oleh masyarakat Mekah. Tuduhan ini tak mungkin terjadi kalau tak ada kedekatan antara kedua gejala itu. Tetapi, tentu perdukunan mempunyai sifat-sifat yang secara kategoris berbeda dengan kenabian. Kenabian bersumber dari Tuhan, perdukunan dari Setan; meskipun pembuktian sesuatu berasal dari Tuhan dan yang lain berasal dari setan bukan perkara mudah.

Dalam seluruh sejarah kenabian, selalu ada masalah para “impostor”, yakni nabi-nabi gadungan yang hanya mengaku-ngaku nabi tanpa bukti yang meyakinkan (ingat kisah Joan of Arc dalam tradisi Katolik). Tetapi, anyway, baik dukun ataupun nabi, keduanya punyai klaim telah menerima “inspirasi” dari sumber yang gaib. Soal sumber yang satu bersifat baik, yang lain jahat, itu perkara lain.

Yang menarik lagi, coba perhatikan sejumlah hadis yang mengecam keras orang-orang yang datang ke dukun. Sebuah hadis menyebutkan, seseorang yang mendatangi dukun, pahala ibadahnya akan hangus semua dalam kurun waktu 40 hari (tidak masuk dalam leger amal yang dipegang malaikat). Di sini, tampak adanya kontestasi antara kenabian dan perdukunan. Perdukunan adalah semacam “dunia gelap” yang bisa merongrong wibawa kenabian. Kenabian selalu keep an eye atas dunia perdukunan, sebab kalau tidak, otoritasnya dapat disubversi.

Para teolog Islam pun berusaha menghancurkan wibawa perdukunan, sebab ia memang mengancam kenabian. Tak heran kalau bahasan tentang perdukunan langsung menyusul bahasan tentang kenabian.

Pesaing kenabian yang lain adalah penyair. Sebagaimana Nabi, seorang penyair juga mengklaim mendapat inspirasi. Karena itu, dulu Nabi juga dituduh sebagai penyair. Wahyu menyangkal keras tuduhan ini. Para teolog Islam pun menyangkal kalau Alqur’an adalah puisi, sebab, jika dikatakan demikian, ada kekhawatiran Alqur’an adalah sama dengan puisi para penyair yang merupakan pesaing Nabi itu. Padahal, secara literer, beberapa ayat Alqur’an jelas menyerupai puisi, terutama puisi bebas (bukan puisi taf’ilah dalam istilah Ilmu ‘Arudl atau ilmu tentang puisi klasik Arab –yakni puisi yang memakai meter atau ukuran/wazan).

Dengan demikian, kita telah melihat persaingan yang sengit antara Nabi, Dukun, dan Penyair. 

Kalau kita lihat ketiga jenis manusia itu, akan tampak bahwa ketiganya bergerak pada level kognitif dan mental yang hampir serupa; ketiganya bergerak pada level inspirasi-intuisi. Dalam menegakkan klaimnya, ketiganya tidak menyandarkan diri pada bukti rasional, tetapi sejenis “keajaiban” yang datang dari dunia eksternal. Dalam kasus Nabi, keajaiban itu disebut “mukjizat”; pada dukun “istidraj”; dan pada penyair, “keajaiban kata-kata” atau mantra/thalâsim.

Ketiganya tidak pernah memakai argumen rasional untuk mendukung klaimnya masing-masing, meskipun Alqur’an, sebagai bukti kenabian Muhammad, telah diklaim mengajukan bukti-bukti rasional juga oleh para teolog Islam (menurut saya, klaim ini kurang begitu meyakinkan).

Dengan kata lain, baik Nabi, Dukun, dan Penyair mewakili suatu jenis artikulasi mental tertentu dalam sejarah peradaban manusia. Yaitu, artikulasi peradaban yang bersifat ekspresif-performatif. Inilah peradaban yang diwariskan oleh nabi-nabi Israel (Islam masuk juga dalam kategori ini).

Di seberang peradaban ini, ada jenis peradaban lain yang sumbernya bukan wahyu atau inspirasi, tapi penalaran rasional yang dingin, analitis, dan cenderung individualistik. Itulah peradaban yang lahir di Yunani, dengan “nabi-nabi"-nya yang tak kalah mengagumkan, seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles. Mereka berangkat dari pengandaian yang berbeda, yaitu “skeptisisme”.

Kaidah dasar dalam peradaban analitis-rasional adalah “ragu dulu, berpikir, baru percaya”, yang berseberangan dengan etos peradaban ekspresif yang bersumber dari Ibrahim, “percaya dulu, baru berpikir”. Dasar agama memang “percaya”, sementara dasar filsafat adalah “ragu”. Etos yang berkembang dalam kedua bidang itu sangat berjauhan.

Saya tahu, ini hanya simplifikasi dari fenomena yang sangat ruwet dan kompleks. Tetapi, tipologi peradaban ekspresif dan analitik bukan tidak mengandung kebenaran. Dengan kata lain, kita menyaksikan persaingan antara Peradaban Yerusalem vs Peradaban Yunani; antara Nabi di satu pihak dan filosof di pihak lain. Di dalam peradaban Yerusalem sendiri ada persaingan antara Nabi, Dukun, dan Penyair. []

22/01/2006 | Kolom | #

Komentar

Komentar Masuk (9)

(Tampil maks. 5 komentar terakhir, descending)

Inilah kebodohan bangsa kita dlm mencerna Al Qur’an, kebanyakan salah. Dukun dianggap halal di negara ini. Makanya negara kita terus diberi bencana alam krn kebanyakan orang indonesia menduakan Allah. Itu sesuatu yg sgt bodoh. Krn hanya Allah yg mempunyai kerajaan langit & bumi ini.

Posted by dera  on  12/09  at  05:56 PM

saya sorang mahasiswa yang pernah mengalami skizofrenia. saya tertarik sekali dengan diagnosa bahwa ada terkaitan antara gejala kenabian dengan fenomena mimpi,majnun, syair,kahin, karena semua ini diindikasikan oleh keadaan jiwa (state of mind) yang dikuasai oleh alam bawah sadar sehingga saya mempunyai tesis bahwa nabi muhammad mengalami kondisi skizofrenik yang menjadi saluran turunnya wahyu. ini terbukti dengan turunnya wahyu melalui piranti ketidaksadaran semisal lewat mimpi dalam keadaan sadar (kwasi-mimpi), halusinasi dan delusi suara lonceng. keadaan-keadaan ini memiliki akar-akarnya dalam budaya arab pra- islam yang menganggap syair memiliki nusansa animistik dan magis. saya sangat membutuhkan buku yang mengulas tentang puisi arab pra islam dan kaitannnya dengan fenomena magi dan animisme. buku ignaz goldziher tentang syair-syair hija’ sangat saya butuhkan. selama ini saya hanya mengandalkan piranti psikoanalisa dan belum mempunyai materi tentang puisi pra islam, paling-paling saya hanya punya tosihiko izutsu. saya sangat ingin sekali membuat buku dimana struktur skizofrenia menjadi kerangka penjelas bagi fenomena magi, animisme, majnun, syaiir, kahin, dan dunia bawah sadar. saya menamakan buku saya adalah agama skozofrenia; sebuah teori skizo-hermeneutik. terimakasi

Posted by ahmad fauzi  on  10/15  at  01:14 PM

Bicara kenabian, wahyu tuhan… Siapa sih yang patut mendapat kondisi kenabian plus wahyu tuhan??  Tentu kita perlu membuka diri sendiri pada masuknya ilmu tuhan yang bersandar pada alam hakekat yang akan bermuara pada kondisi makrifatullah.

Lah kalo tuhan memberikan kondisi kenabian pada Muhammad SAW, tentu itu hanya sebagai cermin saja.. bahwa kondisi itu supaya didapat juga oleh umat manusia lain.

Karena tuhan sdh berkomitmen pada ciptaannya yaitu manusia sebagi kaki tangannya, tentu diharapkan oleh sang pencipta untuk hidup dan berkehidupan sesuai dengan kehendakNya, bukan membuka kehendak sendiri.

Kondisi kenabian adalah titik akhir dari perjalanan hidup manusia yang seharusnya memang dicapai, bukan kondisi yang sangat sangat istimewa..yang hanya satu atau dua manusia yang bisa berkondisi itu. keadilan tuhan telah melingkupi semua ciptaannya..termasuk kondisi kenabian. kita semua berhak loh…

Sedang bahasa tuhan yang disebut sebagai wahyu, tentu lah bukan..sekali lagi bukan hanya dalam logat arabia atau pun logat-logat lain. bahasa tuhan sebagai pengantar komunikasi tuhan pada mahluknya yaitu manusia tentu dengan bahasa hidup yang melingkupi segala kondisi hidup, seperti bahasa bunyi, bahasa simbol, bahasa hukum alam, bahasa pengetahuan, bahasa keadilan, bahasa hati, dan lain2 sampai pada bahasa rasa.

Semua bahasa tuhan tentu bisa ditangkap oleh manusia yang memang sampai pada kondisinya. jadi tuhan memang memberikan semua haknya pada semua..semua...mahluknya.

Semua yang terjadi di alam adalah bahasa tuhan, banyaknya proses yang terjadi (tanpa limit/tak terbilang)pada rentang waktu yang tak terinterval/titik berhenti adalah wujud wahyu tuhan. ya..seperti proses berkaratnya unsur besi, menguapnya air laut menjadi mendung, seimbangnya gaya tarik menarik benda2 angkasa, proses bertelurnya semut kecil..semua adalah wujud wahyu yang disampaikan dan diwujudkan pencipta.

Kondisi kenabian..adalah hak dan titik akhir perjalan hidup semua manusia...bukan monopoli satu manusia aja...bagaimana menurut anda??
-----

Posted by mulya  on  01/30  at  12:01 AM

Bagi saya Penyair, Dukun dan Nabi tidaklah sama walaupun toh ketiga-tiganya sering kali menggunakan kekuatan esoteris dalam menyebarluaskan aura-mentalnya. Nabi dengan wahyunya merupakan kepanjangan tangan dari kemauan Tuhan, sementara Dukun dan Penyair hanya mengandalkan kekuatan imajinatif belaka. Karena itu, kebenaran yang dibawa oleh wahyu tidak bisa dibuktikan hanya sekadar melalui pembuktian rasional-demonstratif tapi juga gnostik-illuminatif. untuk memahami wahyu, modal utamanya adalah percaya dulu. Tapi bagi nabi-nabi Tuhan lainnya seperti Sokrates, Plato, Aristoteles dengan metode rasionalismenya menuntut adanya keraguan (skeptis) sebelum akhirnya pada pembuktian yang bisa dipercaya. Menurut saya dua-duanya benar: berangkat dari percaya baru membuktikan atau skeptis dulu sebelum menemukan kebenaran.

Posted by moh. shofan  on  01/26  at  08:01 PM

Terus terang, saya sangat ngelitik membaca artikel dari saudara Ulil. Sepertinya otak kita lebih hebat dari otak Tuhan. Sang Pencipta alam yang tiada duanya. Sehingga dengan serta merta meragukan semua yang datang dari Tuhan sebandung dan sama dengan yang datang dari selain-Nya. Saya menangkap seolah-olah Tuhan kebingungan mencari bahasa yang pas untuk berkomunikasi dengan Ciptaan-Nya. Cobalah kita sedikit menengok tentang standar teknologi komunikasi saat sekarang ini. Justru metodologi yang digunakan sama persisi dengan metodologi Alquran. ada kesamaan standart, ada kesatuan pemahaman antar end to end point.  Terus terang saya sangat awam dengan permasalahan keagamaan, tapi justru teknologi yang mutahir malah mengadopsi paradigma alqur’an. Kenapa kita malah berbalik mempertanyakannya, apalagi meragukannya. Apakah kita lebih kuasa atas Tuhan ? Apakah Tuhan telah begitu bodoh dengan menurunkan Alquran kepada Muhammad bin Abdulloh ? Terima kasih.

Posted by Muhammad Fatoni  on  01/26  at  08:02 AM

comments powered by Disqus


Arsip Jaringan Islam Liberal ini dipersembahkan oleh Ahmad Abdul Haq