Tuhan yang Bersemayam dalam Akal Kita - JIL Edisi Indonesia
Halaman Muka
Up

 

Gagasan
05/08/2003

Tuhan yang Bersemayam dalam Akal Kita

Oleh Adi Bunardi

Merefleksikan pencarian Tuhan melalui akal.

Perjalanan menuju Tuhan adalah pendakian tanpa henti. Sluruh debaran jantung kita merupakan dentuman kerinduan menuju Tuhan. Rumi, seorang Penyair Sufi mengatakan bahwa setiap hembusan nafas kita adalah ungkap syukur kepada-Nya. Sebagai manusia, kita memang mempunyai potensi untuk rindu pada jalan yang lurus menujunya. Namun proses perjalan menuju-Nya hanya bisa ditempuh dengan mengetahui hakikat Tuhan itu sendiri. Di sinilah problem terbesar umat manusia dalam pencarian terhadap Tuhan.

Bagaimanakah cara memahami Tuhan? Para filosof menyatakan bahwa akal yang mampu untuk memahami Tuhan, Karena Tuhan adalah Akal Pertama. Mereka mencoba mendefinisikan Tuhan melalui rasio. Namun pada lapangan filsfat teologi, pencarian rasional terhadap Tuhan menemukan dua kesimpulan besar yang sama kuatnya, yakni; Ada dan Tiada.

Mohon maaf teruskan sendiri oleh teman-teman.......

05/08/2003 | Gagasan | #

Komentar

Komentar Masuk (154)

(Tampil maks. 5 komentar terakhir, descending)

Cobalah membuat benang merah dari apapun yang ada di dunia ini, maka ujung dari semuanya adalah Tuhan, kita tidak akan mengenal Tuhan kecuali hanya sedikit saja, seperti apapun kebaikan yang kita lakukan sesungguhnya tidak akan membuat kita masuk surga kecuali hanya karena ke maha MurahanNYA…

Posted by wisnu krisna  on  11/21  at  09:22 PM

Akal....selamanya takkan dapat menemukan TUHAN. TUHAN ada di hati, bukan di akal manusia.

Posted by Kurniawan Husein  on  11/09  at  12:11 AM

ALLAH itu mendengar apa yang umat Islam katakan, ALLAH itu mendengar apa yang umat Islam Do’akan. ALLAH Maha Pengasih untuk 6 agama, Pengasih di sini adalah Memberi, Jadi ALLAH Maha Memberi Kekayaan kepada 6 Agama yaitu Nasrani (kristiani), Budha, Hindu, Islam, Katholik, dan Kong Hocu, dan ALLAH pula Maha Memberikan kekayaan kepada yang tidak mempunyai Agama (Yahudi).
ALLAH Maha Penyayang kepada beragama Islam yaitu di masukannya ke dalam Surga walaupun ia tidak Mengerjakan yang di Wajibkan, contohnya:
-Mencari Ilmu.
-Menjawab Adzan dimana saja kamu berada dan mengucapkan Salam dan menjawab salam yang dikenal walaupun tidak dikenal, apabila beragama non Islam mengucapkan salamnya sama seperti salamnya orang beragama Islam maka jawablah Wa’alaikum (us).
-Mengerjakan Sholat Fardhu di Masjid bagi laki-laki.
-Untuk seorang Presiden harus menjadi pemimpin untuk rakyatnya.
-Untuk seorang ayah dan Ibu harus menjadi pemimpin untuk anaknya.
-Untuk seorang Kakak Laki-laki da perempuan harus menjadi pemimpin untuk adiknya (Keponakan dan Kandung).
-Mengucapkan dua kalimat syahadat.
-Mendirikan Sholat Fardhu lima waktu.
-Mendirikan Puasa di Bulan Suci Roamdhon.
-Membayar Zakat bagi yang telah mampu.
-Mendirikan Haji bagi yang mampu.
PENAMBAHAN:
Saya memberitahukan:
ALLAH dalam bahasa Inggris tetap ALLAH.
bukan ALLAH dalam bahasa Inggris God.
Tuhan dalam beberapa bahasa:

BAHASA ASING
Santi (India)
Tuhan (Indonesia)
Robbi (Arab)

karena Tuhan sama dengan nama asalnya seperti nama Orang Ani, kalau di Inggriskan Human.

k

Posted by Hamba ALLAH  on  10/28  at  10:43 AM

Suatu pertayaan, apakah doa setiap muslim didengar oleh Allah swt ????

Dan Allah swt islam yang model bagaimana..?
Ini perlu pembuktian bentuk Allah swt nya islam Muhammad.

Jawaban yang pertama dapat saya jelaskan Doa umat islam tidak pernah didengar oleh Allah, pembuktiannya : Setiap muslim 5x sehari harus tetap melakukan ;DOA SYALAWAT NABI MUHAMMAD DAN UNTUK KELUARGA AGAR MUHAMMAD DAPAT DISELAMATKAN DAN MENDAPAT BTEMPAT DISISI ALLAH. Ternyata Doa muslin tidak didengar oleh Allah, dengan pembuktikan Muhammad bin Abdulah tetap tertanam dalam siksaan kuburan Medinah.

Muhammad kan seorang rasulullah uturan Allah swt, Kok setelah kematiannya kenapa gak masuk pintu surga, malahan masuk pintu kuburan Medinah...?
Berarti konsep Allah swt nya islam yang model begaimana...? Kasihan sinabi Allah Muhammad yang dianggap nabi terakhir dimuliakan oleh islam keselamatan dirinya akhirnya juga tertanam dalam alam maut...? fakta membuktikan kenabian Muhammad adalah palsu dan agama ciptaannya islam dalam kebohongan Beriman tanpa rasa takut, banyaka terdengar mereka katakan islam adalah agam yang dirondhoi oleh adalah agama yang benar disisi Allah swt.., tetapi kenyataannya Nabi yang mulia Muhammad bin Abdulah tidak terjamin keselamatannya dirinya sendiri tidak terjamin masuk surga (sudah tertanam dalam kuburan) bagaiman dengan umatnya islam...?

Posted by Mr.Nunusaku  on  10/20  at  01:52 AM

Kalo ingin tahu Tuhan, sebenarnya mudah. Kalo Anda bisa memahami diri Anda sendiri, Anda akan tahu dimana Tuhan itu berada.

Posted by Sukiman  on  10/13  at  09:47 AM

comments powered by Disqus


Arsip Jaringan Islam Liberal ini dipersembahkan oleh Ahmad Abdul Haq