KAMUS KEUANGAN

Bahasa Inggris
A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M
N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z


Call
Teguran tertulis melalui pengadilan dari kreditur kepada debitur yang cidera janji untuk memenuhi kewajibannya dalam batas waktu tertentu (Somasi).


Call Money
Pinjaman atau tagihan antarbank dengan jangka sangat pendek (harian) yang setiap waktu dapat dibayar kembali, di Indonesia berdasarkan S.E. B.I. No. 6/22/UPUM tanggal 28 Februari 1974, bahwa uang kol antar bank (Interbank Call Money) ditentukan paling lama tujuh hari (Uang Kol).


Cancelled Cheque; Paid
Cek yang telah dibayar oleh bank tertarik dan ditandai dengan cap atau perforasi "lunas" atau tanda lain semacam itu (Cek Lunas).


Capital
Harta yang dipergunakan untuk menghasilkan tambahan kekayaan (Modal).


Capital Budget
Anggaran penerimaan dan pengeluaran untuk barang modal (Anggaran Modal).


Capital Market
Pasar untuk perdagangan dana jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham (Pasar Modal).


Capital Reserve
Bagian kekayaan bersih berupa tambahan modal yang tidak berasal dari rekening laba-rugi (Cadangan Modal).


Cash with Order
Penjualan dengan syarat bahwa pembayaran dilakukan pada waktu mengadakan pesanan (Tunai Waktu Pesan).


Cashier
Petugas yang menerima dan membayar uang atas perintah yang berwenang (Kasir).


Central Bank
Bank yang tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat, misalnya di Indonesia bank sentral adalah Bank Indonesia (Bank Sentral).


Certificate of Origin
Sertifikat yang menerangkan negara asal suatu barang (Sertifikat Keasalan).


Certified Cheque
Cek yang pada bagian mukanya dituliskan nama pegawai bank yang ditarik dan yang menanggung serta mengesahkan tanda tangan si penarik sebagai seorang depositor dari bank tersebut bahwa dana cek itu cukup (Cek Berjaminan).


Charges
Bagian dari biaya dalam satu periode tertentu yang diperhitungkan untuk mengurangi pendapatan, misalnya penyusutan, kerusakan dan kehilangan. Istilah ini dapat pula diartikan catatan pembukuan mengenai pertambahan harta atau biaya atau pengurangan utang atau modal sendiri (Beban).


Cheque
Surat perintah tidak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu, pada waktu surat tersebut diserahkan kepadanya, dan agar surat perintah itu berlaku sebagai cek, isinya harus memenuhi syarat yang ditetapkan dalam undang-undang, antara lain memuat perkataan "cek" (Cek).


Clearing Account
Rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan di dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan) dan saldo yang akan dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya) misalnya "Rekening Alat Tulis Kantor" (Rekening Transitoris).


Clearing Bank
Bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan (Bank Kliring).


Clearing Cheque
Cek yang dapat diperhitungkan dalam pertemuan kliring (Cek Kliring).


Closed-End Mutual Fund
Reksa Dana dimana Pemegang Unit Penyertaannya tertutup untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang menerbitkan Reksa Dana tersebut. Pemegang Unit Penyertaan hanya bisa menjual Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada investor lain, dimana mekanisme penjualan tersebut dilakukan di Bursa Efek (Reksa Dana Tertutup).


Commercial Bank
Bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek (lihat UU No. 14 th. 1976 ps. 3) (Bank Umum).


Commitment Fee
Biaya yang dibebankan kepada nasabah sehubungan dengan penyediaan dana oleh bank dalam pemberian kredit investasi (Biaya Ikatan).


Commutation
Perubahan suatu metode pembayaran ke metode yang lain (Komutasi).


Conglomerate
Perusahaan yang menanamkan modalnya dalam berbagai bidang industri untuk menghindari risiko (Konglomerat).


Consignee
Pihak yang menerima barang atas dasar konsinyasi (Penerima Konsinyasi).


Consignor
Orang yang menitipkan barang dagangan kepada orang lain untuk dijualkan (Pengirim Konsinyasi).


Consortium
Pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank atau lembaga keuangan (Konsorsium).


Continuation Day
Hari pertama setelah lima hari penetapan saham (Hari Terusan).


Contract Note
Catatan atau memorandum yang diberikan pialang kepada orang yang menjual atau membeli saham (Nota Kontrak).


Cooperative Bank
Bank yang berbentuk badan hukum koperasi (Bank Koperasi).


Correspondence Bank
Bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan (Bank Koresponden).


Cost, Insurance, and Freight
Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan semua biaya sampai barang di pelabuhan pembeli ditanggung penjual termasuk biaya asuransi (Biaya, Asuransi, dan Angkutan).


Cost of Capital
Jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan, yang masing-masing ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan (Biaya Modal).


Countersign
Tanda tangan yang perlu dibubuhkan di samping tanda tangan lain yang sudah ada pada suatu dokumen, agar dokumen itu memenuhi syarat untuk menjadi sah (Tanda Tangan Pendamping).


Coupon
Bukti dari suatu pembayaran bunga yang harus dilakukan misalnya kupon obligasi (Kupon).


Cover Note
Pernyataan tertulis yang mendahului pengeluaran polis mengenai telah berlakunya perjanjian asuransi (Penutupan Asuransi).


Credit
Penyediaan uang atau tagihan-tagihan yang dapat disamakan dengan itu berdasarkan perjanjian pinjaman-pinjaman antara bank dengan pihak lain, dan pihak peminjam berkewajiban melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga yang telah ditetapkan dalam perjanjian (Kredit).


Credit Advice
Surat pemberitahuan bank kepada nasabah tentang pengkreditan rekening serta alasan (Advis Kredit).


Creditor
Pihak yang memberikan kredit atau pinjaman (Kreditur).


Cross Clearing
Penarikan cek melalui kliring atas beban dana yang diharapkan akan diterima penarik dari setoran-setoran cek bank lain melalui kliring pada hari yang sama. Menurut ketentuan yang berlaku pemberian fasilitas cara ini dilarang (Kliring Silang).


Currency
Uang beredar dalam bentuk uang kertas dan uang logam yang merupakan alat pembayaran yang sah (Mata Uang).


Current Account
Rekening yang dipergunakan untuk mencatat utang piutang antara dua orang atau badan usaha yang diperhitungkan secara terus menerus, bentuk skontro adalah yang lazim dipergunakan, jumlah piutang ditulis dalam lajur debet dan jumlah utang ditulis dalam lajur kredit (Rekening Koran).


Current Asset
Kas, bank, dan sumber lain yang dapat dicairkan, dijual menjadi uang, atau dipakai habis dalam satu tahun atau dalam siklus kegiatan normal jika melampaui satu tahun (Aktiva Lancar).


Current Liabilities
Kewajiban yang harus dapat diselesaikan dengan harta lancar, biasanya dalam waktu setahun atau lebih sesuai dengan jangka waktu perputaran usaha (Kewajiban Jangka Pendek).


Cut Back
Pengurangan produksi sampai tingkat tertentu karena kurangnya permintaan (Pengurangan).


Cut Rate
Tingkat bunga yang merupakan batas antara harga yang diterima dan yang ditolak (Tingkat Bunga Pemutus).





kembali

Peta Situs | Berita Terbaru | Surat | Hubungi Kami
Undang Kami | Kamus Keuangan | Referensi


2000 Safir Senduk & Rekan