Ahmad Abdul Haq


Berbagi Lewat Buku via #YOTUntukIndonesia

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Selasa, 19 Agustus 2014 09:06 WIBBerbagi Lewat Buku via #YOTUntukIndonesia

Berbagi Lewat Buku via #YOTUntukIndonesia

Terinspirasi dari Kick Andy Show yang selalu membagikan buku-buku ke para penonton yang hadir di Grand Studio Metro Tv, dan hasil banyak ngobrol sama mas Andy yang sekarang adalah Board of Director di PT. YOT Nusantara (parent company of Young On Top), inisiatif #YOTUntukIndonesia pun lahir.

Beberapa tahun terakhir, tontonan di TV dan artikel di koran itu isi beritanya tentang pejabat negara yang ketangkep KPK. Kita seolah sedang krisis role model (orang-orang yang pantas untuk menjadi panutan karena prestasi atau pencapaiannya). Kemanakah orang-orang Indonesia yang hebat ini? Apakah sama sekali tidak ada? Saya yakin ada, bahkan banyak! Memang, yang diangkat di TV dan koran tidak selalu tentang para koruptor, orang-orang yang berprestasi pun diangkat, namun secara prosentasi kalah jauh. Mungkin perbandingannya: “99%:1%”. Kok bisa seperti ini? Mungkin kasus lebih menarik untuk dijadikan berita dibandingkan prestasi? Semoga saya salah.

Apapun alasannya, kenyataannya ya itu tadi, isi berita di TV dan koran itu ya didominasi tentang para koruptor atau para oknum, tersangka, dan terdakwa kasus korupsi yang ditangkap KPK. Kenapa mereka mendominasi isi berita Tanah Air? Apakah karena mereka tidak punya nilai-nilai dalam hidup yang menjadi pegangan mereka, apakah mereka tidak punya integritas, serakah, malas, dan hanya mau mencapai sukses dengan jalan pintas?

Saya sebagai penulis buku “Young On Top” yang isinya adalah nilai-nilai yang wajib dimiliki anak-anak muda Indonesia dalam proses pencapaian sebuah kesuksesan, seringkali ngerasa kesal sendiri ketika melihat para koruptor ini. Saya dikelilingi oleh banyak teman-teman yang dengan susah payah bekerja demi bisa menghidupi diri dan keluarganya. Mereka berusaha memperbaiki keadaan finansial dirinya dan keluarganya sedikit demi sedikit dengan.. ya itu tadi: kerja keras. Gimana ngga kesal, melihat keadaan kehidupan yang mengharuskan kita semua bekerja keras, sementara di luar sana banyak sekali pejabat yang dengan mudah mendapatkan uang haram hanya dengan membubuhkan tandatangannya di sebuah proyek.

Kalau tidak salah setahun lalu, saya pernah mendapat mention di twitter dari seorang follower saya yang isinya kira-kira seperti ini: “Mas, kapan bagiin buku Young On Top ke XYZ (sebuah institusi terhormat di Indonesia) supaya mereka ngga korupsi lagi?”

Twit ini tidak saya balas, tapi ini menjadi cikal bakal program #YOTUntukIndonesia. Sejak itulah otak saya terus berpikir untuk bagaimana caranya mewujudkan visi Young On Top: to create a stronger next generation of Indonesia. Kalau untuk memperbaiki karakter para pejabat yang sudah berumur, saya rasa susah dan mungkin cenderung telat. Namun untuk menguatkan karakter baik anak-anak muda Indonesia, meski bukan pekerjaan rumah yang mudah, ini lebih mungkin.

Inilah kenapa kemudian terbersit di pikiran saya untuk membuat program untuk bisa membuat buku "Young On Top New Edition" ada di 100 kampus di Indonesia, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia lewat crowd funding @YOTUntukIndonesia. Berapapun, seikhlasnya. 10,000 buku yang akan tersedia di 100 perpustakaan ini akan mampu me-reach ratusan ribu bahkan jutaan mahasiswa, dan mereka yang sudah membaca, diharapkan akan menularkan nilai-nilai yang mereka baca ke puluhan bahkan ratusan teman-temannya. Bayangkan impact-nya!

Saya ingin sekali anak-anak muda Indonesia tau apa itu arti integritas, apa saja nilai-nilai/karakter yang wajib dimiliki oleh generasi penerus bangsa ini.. Harus kita akui, mental bangsa ini harus segera diperbaiki kalau kita mau NKRI menjadi negara maju.

Dari program ini, harapan saya sebenarnya hanya satu: semoga mahasiswa Indonesia 5, 10, 15, 20 tahun dari sekarang akan mampu menjadi orang-orang sukses baik di sektor publik maupun privat, yang akan memimpin timnya masing-masing dengan integritas. Amin.

Sekali lagi.. berapapun, seikhlasnya.
See you ON TOP, Indonesiaku!
@billyboen
CEO, PT. YOT Nusantara
Chairman, PT. Genesis Digital Internasional

Website: www.youngontop.com]www.youngontop.com
FB: facebook.com/youngontopYOT

***Untuk info lengkap tentang #YOTUntukIndonesia, silahkan ke www.youngontop.com/yotuntukindonesia atau hubungi twiter YOT di @youngontop / Dini 0818.0772.3888 atau Lusi 0812.8324.5789


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy