Ahmad Abdul Haq


KISAH DI BALIK SERAGAM

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 29 Juni 2012 21:30 WIBKISAH DI BALIK SERAGAM

KISAH DI BALIK SERAGAM Tugasnya jauh di ujung negeri ini. Menjaga perbatasan antara Indonesia dan Papua New Guenea. Tapi kesetiaannya dan kreatifitas menjaga perbatasan inilah yang mungkin tak dimiliki setiap aparat.

Aiptu Ma’ruf Suroto, adalah sosok Polisi yang patut dibanggakan. Ia bertugas di Polsek Sota Kabupaten Merauke Propinsi Papua sejak 1993. Pada tahun 90an Distrik Sota merupakan daerah yang rawan kerena daerah ini merupakan tapal batas antara Indonesia dan Papua New Gini. Sebelum adanya tugu perbatasan yang sekarang menjadi tempat wisata itu, Distrik Sota sangat sunyi. Jarang sekali ada kendaraan bermotor yang melintas dijalan. Pelataran yang dibuat oleh pemerintah daerah tersebut dibuat sebuah taman. Namun sejak pelataran tersebut selesai dibuat pada tahun 2004, pelataran tersebut dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan. Dengan niat untuk membuat distrik menjadi ramai dan karena merasa iba melihat pelataran tersebut dibiarkan ditumbuhi ilalang tanpa ada perawatan, Ma’aruf kemudian dengan kesadaran sendiri membersihkan pelataran tersebut pada tahun 2005. Sejak saat itu, ia mulai membersihkan dan merawat areal tersebut

Melalui hasil kerjanya itulah,  sejak saat itu, areal tugu perbatasan tersebut mulai di kunjungi warga. Bahkan tidak jarang pejabat Kabupaten Merauke mulai sering berkunjung ke tempat itu. Perlahan-lahan Distrik Sota mulai ramai. Karena daerah tersebut mulai ramai, aktifitas ekonomi warga pun ikut berputar. Warga mulai membangun usaha membuka jualan di sekitar itu. dan bukan itu saja, Warga Papua New Gini mulai berdatangan ke tempat itu, ada yang hanya sekedar berkunjung ada juga yang melakukan proses jual beli dengan masrakat Sota dan pengunjung yang datang. Kini areal tugu perbatasan itupun akhirnya menjadi tempat wisata yang ramai.

Sebuah formasi rumit dari gerakan baris berbaris diperagakan dengan mengagumkan oleh Polisi Cilik Dermayu (PCD) dari Indramayu. Lima belas anak dari berbagai Sekolah Dasar di Indramayu ini telah menampilkan gerak serempak yang telah dilatih oleh seorang pelatih yang juga mengajar Paskibraka,  Ujang Zainal Muttaqim. PCD ini telah dibentuk sejak 2009, hingga saat ini mereka yang dibina dibawah Satuan Lalulintas Unit Dikyasa Polres Indramayu  telah memiliki 3 angkatan Polisi cilik. Yang tampil di panggung Kick Andy adalah mereka terdiri dari anak-anak kelas 3 dan 4 SD yang dipilih melalui seleksi khusus. Mereka dilatih tak hanya baris berbaris saja, tetapi juga dilatih untuk disiplin, dan juga kenal akan tertib berlalu lintas. Sederet prestasi pun telah mereka raih. Pada Hari Bhayangkara nanti mereka mendapat kehormatan tampil di depan Presiden RI.

Saat pencarian korban bencana pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, kerja tim DVI (Disaster Victim Identification) POLRI menjadi sorotan media dan masyarakat. Pengungkapan identitas korban yang dilakukan secara cepat menjadi nilai positif bagi kinerja Kepolisian. DVI Indonesia menjadi salah satu barisan terdepan, dalam setiap penanggulangan bencana yang mendatangkan korban masal, khususnya pengidentifikasian korban meninggal. Tim DVI terjun langsung ke tempat perkara. Mengambil barang bukti yang tertinggal, hingga mengangkut korban jenazah. Pada kasus Bom Bali I tahun 2002 lalu, menjadi pengalaman pertama operasi internasional DVI Indonesia, hingga bencana kebakaran hutan, Victoria Bushfire di Australia tahun 2009, juga  dan kasus yang baru saja terjadi, kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Bogor.

Proses identifikasi korban meninggal, dilaksanakan dengan cara membandingkan data Postmortem atau data setelah meninggal, dan data Antemortem atau sebelum meninggal yang bisa diperoleh dari pihak keluarga dan itu berpusat di posko Antemortem. Kedua data ini kemudian diperbandingkan.

Sejumlah ahli forensik dari berbagai bidang pun terlibat di dalamnya. Termasuk ahli DNA forensic. Hasil dari tes DNA sendiri memiliki tingkat keakuratan sangat tinggi. Hingga kini berkat kerjasama tim yang terbina baik, DVI Indonesia yang berada di bawah International Criminal Police Organization, sudah banyak berhasil mengidentifikasi korban meninggal dari yang tak dikenali hingga bisa kembali kepada keluarga masing-masing.


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy