Ahmad Abdul Haq


BULE DI ANTARA GONG DAN KERIS

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 10 April 2015 20:05 WIBBULE DI ANTARA GONG DAN KERIS

BULE DI ANTARA GONG DAN KERIS

Banyak warga asing jauh-jauh dari negaranya datang ke Indonesia dan belajar dan menghargai kesenian tradisional bangsa Indonesia. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana dengan kita yang asli orang Indonesia ?
Adakah kita dan generasi muda Indonesia menghargai seni dan budaya peninggalan nenek moyang kita ?

Hari ini Kick Andy mengajak Anda untuk membuka mata pada profesi yang selama ini terkesan dilupakan. Padahal mereka adalah orang-orang yang dengan gigih berjuang untuk mempertahankan identitas bangsa kita melalui kesenian dan budaya.

Hingga usianya yang 90 tahun, Sukarna masih menekuni profesinya sebagai pembuat gong. Menurut Sukarna, Gong Factory miliknya ini sudah berusia hampir 300 tahun. Pria yang tinggal di Bogor, Jawa Barat ini mewarisi profesi pembuat alat musik tradisional ini secara turun temurun, dan dia sudah merupakan generasi ke tujuh. Sukarna menambahkan, saat ini sudah jarang orang yang menekuni profesi seperti dirinya. Itulah sebabnya, di tempat pembuatan gong miliknya di daerah Pancasan, Bogor menjadi salah satu tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara. Sukarna akan terus mempertahankan Gong Factory dan akan mewariskan kepada anaknya, Krisna kelak.

Sementara itu tamu berikutnya adalah Yohanes Yantono. Pria asal Solo, Jawa Tengah ini dikenal sebagai Empu, alias orang yang ahli membuat keris. Pria yang akrab disapa Yan ini mengaku sudah sejak muda tertarik dengan senjata tradisional yang mirip belati itu.  Keris buatan Empu Yan sudah sering dipamerkan di Jakarta dan Solo. Bahkan beberapa koleksinya sudah banyak yang dibeli warga asing dari Venezuela, Belanda, Swiss dan Australia. Keahlian Yan sebagai pembuat keris itu bahkan membawanya ke Institut Seni Indonesia untuk berbagi ilmu tentang keris.

Dan, sebagai penutup, di epsode ini Anda akan dihibur oleh Hannah Standi Ford. Wanita  ini datang jauh-jauh dari Amerika Serikat untuk belajar kesenian tradisional Jawa yaitu Nyinden atau menyanyi lagu Jawa klasik. Hannah mengaku tertarik belajar kesenian Jawa karena menyenangi ragam budaya Indonesia yang unik dan kaya. Nah, Anda tentu sudah tidak sabar menyaksikan penampilan Hannah? Simak hari Jumat Malam ya ?


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy