Ahmad Abdul Haq


Apakah Mas Billy Percaya Keberuntungan Itu Ada?

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Senin, 29 Maret 2010 12:12 WIBApakah Mas Billy Percaya Keberuntungan Itu Ada?

Apakah Mas Billy Percaya Keberuntungan Itu Ada? Begitulah pertanyaan yang selalu dilemparkan ke saya di semua talkshow yang pernah saya hadiri. Kenapa mereka bertanya begitu?

Tanpa kita sadari, secara psikologis, karakter maupun pemikiran yang dimiliki oleh masing-masing individual adalah hasil dari suatu proses yang terjadi terhadap kita sejalannya dengan waktu; yang mana kita dapatkan dari antara lain: ajaran orang tua, pelajaran dan kegiatan di sekolah, hingga pengalaman manis dan pahit yang kita alami.

Tidak ada seorangpun yang mengalami hal yang sama persis di dalam kehidupannya dengan kehidupan orang lain. Nah, hal-hal tersebut ada yang membentuk pemikiran yang positif, ada juga yang negatif. Saya yakin bahwa semua orang tahu bahwa memiliki pemikiran positif akan lebih baik jika dibandingkan dengan memiliki pemikiran yang negatif, tapi... kenapa masih banyak di antara kita yang memiliki pemikiran negatif?

Salah satu sebabnya adalah karena ketika mereka ‘sudah berusaha’, mereka masih juga belum berhasil. Inilah yang membuat mereka berpikir bahwa keberuntungan belum ada di pihaknya sehingga ketika mereka melihat ada orang yang mereka anggap berhasil, mereka berpikir bahwa keberhasilan itu semata-mata mereka capai karena adanya unsur keberuntungan.

Bagi saya, yes, keberuntungan itu ada! Saya sadar bahwa pencapaian saya sekarang ini juga pastinya ditunjang unsur keberuntungan. Tapi...saya memiliki pemikiran sederhana yang saya harap bisa saya tularkan ke semua orang, bahwa “Keberuntungan itu ada tapi keberuntungan itu adalah faktor ‘X’ yang ada di luar sana. Sebuah faktor yang berada di luar kontrol kita. Jadi,... ngapain dipusingin?”

Kita ngga bisa membuat diri kita beruntung. Masuk akal ngga kalau kamu bilang “Besok saya mau menang undian ah.” Nah, dengan menyadari hal ini, saya berharap, daripada ingin beruntung, mendingan JUST PERFORM. Apa sih artinya? Yang saya maksud Just Perform adalah untuk jangan perdulikan hal-hal yang tidak perlu, fokus dan lakukanlah sebaik-baiknya segala hal-hal yang diperlukan, dan yang ada di dalam kontrol kamu! Kenapa?

Karena, daripada berharap beruntung, mending habiskan energi kamu untuk berpikir dan melakukan segala sesuatunya sebaik mungkin. Kalaupun hasilnya tidak sesuai harapanmu, setidaknya kamu akan merasa sedikit ‘puas’ karena kamu tahu bahwa kamu sudah melakukannya sebaik mungkin. Penyesalanpun telah kamu minimalisasi. Coba bayangkan kalau kamu gagal karena kamu tidak melakukan yang terbaik, pasti kamu akan menyesal bukan mainkan?

Saya tidak percaya ada orang yang tidak melakukan apa-apa tapi selalu beruntung dan bisa sukses. Kalaupun ada, mungkin pertanyaan selanjutnya “Berapa lama dia bisa keep kesuksesannya?” Jadi, mulai sekarang, jangan berharap untuk dapetin keberuntungan,... forget about luck and do your best what is within your control!

Billy Boen

Chief Executive Officer – PT Jakarta International Management & Consulting
Author & Host Radio Show “Young On Top” on Kis 95.1fm Jakarta, setiap Rabu pukul 7-8 malam

Follow me on www.twitter.com/billyboen
Follow “Young On Top” on www.twitter.com/youngontop
Join www.facebook.com/youngontop


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy