Ahmad Abdul Haq


Cerita Kita, Inspirasi Untuk Indonesia

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Selasa, 10 April 2012 09:40 WIBCerita Kita, Inspirasi Untuk Indonesia

Cerita Kita, Inspirasi Untuk Indonesia Tahukah kita bahwa ada pelajar Indonesia yang meraih Lee Kuan Yew Gold Medal  (penghargaan tertinggi untuk mahasiswa di Nanyang Technology University Singapura – salah satu universitas terbaik di dunia?

Tahukah kita bahwa ada seorang Ibu yang hanya lulusan SD, namun memiliki dedikasi yang tinggi pada dunia baca di Indonesia. Menabung selama tiga tahun, hanya untuk membeli sebuah sepeda, yang kemudian digunakannya untuk membawa buku-buku supaya bisa dibaca anak-anak dari kampung ke kampung?

Tahukah kita tentang seorang Ibu yang menghadapi lupus dalam masa hidupnya, tapi masih ingin mengabdikan diri dan menginspirasikan orang lain dengan aksi-aksi hebatnya?

Mereka ada di sekitar kita. Mungkin sebagian tahu, atau sebagian tidak. Tidak salah jika anda tidak tahu, karena mungkin tidak ada yang menyampaikannya.

Saya memang tidak mempelajari secara formal mengenai media ataupun dunia komunikasi, tapi bisa dibilang saya senang memperhatikan, memanfaatkan, dan tentu saja mengkonsumsinya. Sebagai konsumen (setidaknya), saya makin prihatin melihat apa yang disajikan oleh media saat ini. Ketika menghidupkan televisi misalnya, yang didengar hanyalah berita soal korupsi, kriminalitas, kekerasan, berita tentang kehidupan pribadi orang lain, atau sejenisnya.

Saya paham mungkin memang itu realita yang dihadapi bangsa ini, dan memang kita perlu tahu. Tapi apakah hanya itu yang dimiliki oleh bangsa ini? Dan apakah tugas media hanya sekedar menyampaikan informasi? Apakah seolah hanya kabar buruk yang bisa kita dengar tentang negeri ini? Jangan salahkan juga kalau kemudian banyak yang memilih apatis, atau bahkan pesimis dengan masa depan bangsa ini. Bahkan kadang, ketika saya memilih untuk tidak mengkonsumsinya beberapa saat, saya merasa jauh lebih baik. Lingkaran pergaulan saya membuat saya tetap kuat dan optimis melihat bangsa ini (mungkin sebagian menganggapnya utopis bahkan). Saya beruntung akan hal itu. Tapi bagaimana dengan mereka yang belum seberuntung itu? Berada di pergaulan yang mungkin bukannya menguatkan, tapi justu menjatuhkan? Konsumsi media tadi, bisa jadi makin memperburuk keadaan.

Memang saya percaya bahwa ada sejumlah alternatif tayangan di televisi, bacaan di majalah, akun di media jejaring sosial yang mencoba untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat, seperti apa yang dilakukan oleh Kick Andy misalnya. Saya berterima kasih untuk itu semua. Tapi pertanyaannya, seberapa banyak kah pilihan yang ada itu? Tak banyak masyarakat kita yang kemudian memilih untuk mengkonsumsinya, meskipun pilihan itu ada, atau bahkan lebih buruknya tidak banyak yang mengetahui ataupun bisa mengakses itu sebagaimana kita.

Di sisi lain, hampir setiap hari saya bertemu dengan orang-orang luar biasa, unreasonable people. Teman-teman di kampus yang punya tips kreatif, pengalaman masa lalu yang menggugah hati, yang seharusnya bisa didengar oleh banyak orang.  Teman-teman yang ada di kampus, yang dianggap oleh orang terbatas, namun ternyata bisa mewujudkan mimpinya yak tak berbatas. Saya ingin bukan hanya saya yang tahu tentang mereka (kisah mereka), tapi lebih banyak orang lagi.

Saya percaya bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja. Saya bisa menginspirasi, anda juga bisa. Anda tidak perlu menunggu menjadi seperti Oprah Winfrey ataupun Andy Noya, untuk menginspirasi orang lain. Jika anda seorang Ibu, saya yakin anda telah banyak menginspirasi anak anda untuk bisa tumbuh dan berjuang meraih mimpinya. Jika anda seorang professional, saya yakin dedikasi anda pada bidang yang anda tekuni telah memberikan dampak pada bagaimana anda, keluarga anda, atau bahkan orang lain hidup. Perjuangan anda melewati masa lalu yang sulit, dan bangkit dari kegagalan. Atau bahkan keberhasilan anda menaklukkan ketakutan, meraih mimpi, bisa jadi sumber inspirasi. Bukan hanya untuk anda sendiri, bukan hanya untuk anak dan cucu, tapi juga bagi masyarakat Indonesia.

Kita butuh media yang membuat kita bisa bilang “Jika dia bisa, pasti saya juga bisa!”, setelah kita mengkonsumsinya. Media yang menggerakkan kita untuk membuat diri kita jadi lebih baik, dan moga-moga bisa membuat orang lain juga jadi lebih baik. Atau mungkin kita perlu bercerita pada diri kita sendiri? Merefleksi bagaimana kita melalui hal-hal sulit dalam hidup kita untuk membuat kita selalu memiliki semangat berjuang. Merefleksi bagaimana hal-hal membahagiakan terjadi dalam hidup kita, untuk membuat kita bersyukur pada apa yang pernah kita dapat.

Jika satu atau dua contoh di negeri ini belum cukup, mungkin kita butuh energi kolektif yang bisa membangkitkan rasa percaya diri bangsa ini. Rasa percaya diri yang dibangun, dari kekuatan dan inspirasi setiap individunya. Kekuatan ini yang saling menguatkan, dan membangun.

Jika mungkin mereka yang kita harapkan jadi teladan justru gagal memberi contoh. Jika mereka yang katanya mewakili rakyat, tapi bahkan tidak paham apa yang dimau rakyat. Jika mungkin mereka yang katanya pintar, tapi tidak mau berbagi kepintarannya. Jika bahkan pemimpin di negeri ini, mungkin tidak lagi mau memimpin dengan memberi contoh. Saatnya kita ambil peranan!

Cerita kita bisa menginspirasi orang lain!

Setidaknya itu yang saya temukan ketika saya mengerjakan proyek Inspire-Cast. Buat yang belum mengetahui, InspireCast adalah sebuah website dengan alamat www.inspire-cast.com, yang berisi konten utama berupa podcast atau serial rekaman audio dengan durasi ±20-30 menit yang bisa didengarkan langsung dan ataupun diunduh oleh pengunjung website. Setiap minggunya, yakni setiap hari Minggu, akan diluncurkan podcast dengan berbagai topik menarik dan inspiratif. Isi podcast adalah rekaman obrolan saya, dan Marshanda (seorang aktris) yang mengangkat kisah-kisah inspiratif narasumber. Narasumber berasal dari berbagai kalangan (baik yang dikenal masyarakat luas maupun tidak), namun mereka memiliki kisah pribadi, hasil karya menarik, atau tips-tips penuh inspirasi yang menarik untuk dikupas.

cerita mu
Cuplikan halaman website www.inspire-cast.com

Pengalaman saya setiap minggu berbincang dengan narasumber, telah banyak mengajarkan saya mengenai nilai-nilai hidup. Bahkan mungkin lebih banyak dari apa yang saya dapat di sekolah. Kisah-kisah mereka luar biasa, bukan hanya membuat saya berdecak kagum, tapi juga membuat saya lebih bersyukur pada apa yang saya dapat, dan berusaha untuk jauh lebih baik.

Saya tidak mau jadi orang yang hanya bisa mengkritik, tapi tidak menawarkan solusi. Sudah cukup para kritikus kita dengar komentarnya. Saya tidak mau menambah lagi jumlahnya. Dalam kapasitas saya, inilah yang bisa saya tawarkan. Saya tidak tahu apakah solusi ini akan bekerja untuk anda. Harapannya, jika solusi ini bekerja kepada saya, bisa menguatkan saya, mungkin anda juga bisa. Tak ada niatan untuk bersaing dengan program program sejenis yang sudah ada. Yang saya yakini, cerita hebat di Indonesia ini terlalu banyak, dan tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua orang, atau beberapa kelompok saja. Saya hanya membantu untuk memfasilitasi menyuarakan kisah-kisah yang layak untuk didengar oleh orang banyak.

Tapi saya paham dengan kapasitas saya dan teman-teman di proyek ini. Seperti yang saya bilang, cerita hebat di negeri ini terlalu banyak, tapi mungkin selama ini masih tersembunyi di pelosok negeri, atau bahkan di hati dan memori kita sendiri. Mungkin sampai saat ini saya baru bisa menyiarkan satu cerita diantaranya setiap minggu, dan hingga tulisan ini dibuat, baru 19 kisah yang kami sampaikan. Bantu saya untuk menyuarakan kisah hebat tentang Indonesia, tentang rakyat Indonesia, tentang anda. Bantu saya untuk membuat kita kembali positif, dan memandang masa depan kita dan Indonesia lebih optimis!

Jika anda memiliki media sendiri (jejaring sosial, blog, dll), sampaikanlah hal-hal positif yang menurut anda layak untuk dibagikan. Atau anda bisa juga bergabung bersama kami di proyek sederhana ini. Anda bisa mengirimkan cerita berupa teks, audio, ataupun video melalui website tersebut.

Jangan takut untuk mulai bercerita, jika cerita anda bisa membuat orang lain lebih baik, dan jauh lebih kuat. Jangan takut untuk berbagi, dan jangan pernah menunggu untuk berbagi, jika anda bisa melakukannya sekarang!

Iman Usman
20, Pendiri dan Presiden Indonesian Future Leaders

Web: http://imanusman.com
Twitter: http://twitter.com/imanusman
Facebook: http://facebook.com/imanusman2


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy