Ahmad Abdul Haq


BIG IS BEAUTIFUL

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 08 Januari 2010 21:30 WIBBIG IS BEAUTIFUL

BIG IS BEAUTIFUL Apakah anda termasuk orang yang masuk kategori bertubuh gendut, besar atau overweight? Apa sih yang terbersit di benak anda semua tentang orang gendut? Benarkah banyak kalangan yang berpendapat bahwa orang gendut itu identik dengan tidak bagus, memalukan, pemalas, tidak sehat dan penyakitan, serta tidak bisa modis? Apakah selalu seperti itu?

“Salah besar kalau hari gini mindset-nya masih berkutat di masalah seperti itu!” tegas Ririe Bogar, pendiri komunitas Xtra-L. Ririe adalah salah satu perempuan yang kebetulan terlahir dari keluarga dengan gen bertulang besar. Anda boleh bayangkan seorang Ririe yang tingginya 170 cm dengan berat badan 114 kg. Ririe sendiri kenyang dengan pengalaman pahit saat berhadapan dengan lingkungan yang berpola pikir picik terhadap orang bertubuh besar. Saat SMP dan SMA, ia pernah krisis PD karena acapkali diejek gembrot, yang membuatnya malu berinteraksi dengan lingkungan. Ia juga pernah mengalami proses diet ketat, yang justru membuatnya sakit. Ia akhirnya sadar, menerima kondisi apa adanya dan tidak lagi melecehkan diri dan badannya sendiri untuk menjadi langsing. Ia bangkit, dan justru kemudian berinisiatif untuk membentuk komunitas Xtra-L, yang beranggotakan orang-orang yang merasa dirinya gendut, mau membuka wawasan bahwa tidak selalu semuanya diukur dari berat badan, beraktivitas bersama di bidang kesehatan, membangun motivasi dan kepercayaan diri bahkan juga merambah bidang bisnis bersama. Jika menerima sindiran soal ukuran tubuh, dengan santai ia akan mengatakan, “Ok gua gendut, tapi lo jelek. Gua gendut bisa kurus, tapi lo jelek bisa apa…?

Ferawati Wibisono adalah salah satu anggota Xtra-L. Ia juga mewarisi turunan genetik tubuh besar dari keluarganya. Sejak kecil ia sudah bertubuh bongsor, jauh di atas teman-teman sebayanya. Saat SD saja, di saat berat teman-temannya masih di angka 20 kg, ia sudah melejit di 40 kg. Ejekan dan celaan dari teman-teman pun selalu mampir padanya. Lebih tragis lagi, beberapa kalangan keluarga besarnya ikut mengeluarkan sindiran yang semakin membuatnya tertekan. Pengalaman ini membuat dirinya sempat mengalami depresi. Segala usaha pun dilakukan Fera, mulai dari dari apukuntur, mesoterapi, suntik, hingga perawatan di klinik pelangsingan. Namun semua upayanya itu tidak mampu menurunkan berat badannya secara drastis dan bertambah langsing, bahkan justru pernah membuatnya sakit dan alergi. Dan semuanya berubah saat ia bergabung dengan komunitas Xtra-L. Ia mampu termotivasi dan lebih terbangun kepercayaan dirinya. Yang ada di pikirannya kini adalah sehat, sehat dan sehat. Pola makan sehat dijalaninya setiap hari. Olah raga teratur dilakukannya secara rutin. Kini Fera jauh lebih menikmati hidup, meski dengan berat badan 88 kg.

Anggota Xtra-L lainnya adalah Akbar Prihatiningrum atau akrab dipanggil Arum. Seperti kebanyakan wanita bertubuh besar lainnya, Arum juga pernah menjalani diet agar langsing. Semua akibat tekanan dari lingkungan sekitarnya. Ia bahkan pernah dikuliahi oleh seorang pramuniaga baju, saat ia sedang mencari baju, namun ternyata baju yang disukainya tak tersedia ukuran yang muat untuknya. “Masa dia enak saja menyuruh saya supaya berdiet dulu, baru nanti balik lagi untuk membeli baju itu” cerita Arum di Kick Andy. Namun akibat menjalani diet sembarangan dirinya justru harus masuk rumah sakit sampai 2 kali. Hal ini dikarenakan diet tidak seimbang yang dijalaninya yaitu terlalu banyak berolahraga dan tidak makan. Sekarang ini Arum menjalani diet yang lebih sehat dengan makan sedikit dikurangi dan tetap berolahraga. Berkat ketekunannya, sekarang berat Arum sudah berkurang 10 kg dari 86 kg menjadi 76 kg. Dan ia sangat percaya diri untuk mengikuti kontes Miss Big Indonesia, sehingga meraih gelar Miss Big Indonesia Favorit 2007 lalu.

Sementara Fara Adelita Siregar adalah anggota Xtra-L, yang ikut membidani lahirnya ajang Miss Big Indonesia bersama Ririe Bogar. Lita adalah wanita pengusaha bidang pariwisata dan event organizer. Lita mengaku bahwa tubuhnya memang tidak terlalu gemuk tetapi bila dibandingkan dengan teman-temannya yang lain, ia memang mempunyai tubuh diatas rata-rata. Teman-teman seumurannya cenderung langsing sedangkan dirinya sendiri sudah memakai baju berukuran L/XL. Lita pun kerap dipanggil dengan “Lita ndut”. Namun ukuran tubuhnya tidak mempengaruhinya dalam pergaulan. Lita tetap enjoy dan mengikuti berbagai organisasi. Menurutnya, ia mungkin tidak akan pernah menjadi kurus, namun yang terpenting adalah bagaimana ia dapat membawa diri dengan baik di berbagai kesempatan. “Jangan pernah merasa minder, karena walaupun biasanya orang gemuk kerap menjadi pusat perhatian namun tetaplah berusaha berpenampilan yang enak dilihat. ” ungkap wanita berberat badan 78 kg saat memberikan tips di Kick Andy.

Berbicara mengenai penampilan, Xtra-L memiliki ahlinya sendiri. Suzanne adalah pemilik butik “My Size” yang menjual baju untuk orang-orang yang bertubuh gemuk. Baju yang ia jual berukuran XL sampai 8L. Menurut Suzanne, baju yang berukuran 8L bisa digunakan oleh orang-orang yang beratnya lebih dari 100 kg. Suzanne mendirikan butik ini awalnya karena ia mempunyai pengalaman kesulitan untuk mencari baju-baju yang berukuran besar, yang muat untuk tubuhnya yang juga besar, di Indonesia. Jika pun ada biasanya harganya mahal. Suzanne sendiri juga pernah mencoba berbagai metode pengobatan agar bisa kurus, saat beratnya di atas 80 kg. Dan ia sudah mengalami up and down dari berbagai macam metode yang dilakukannya. Ia bahkan pernah mengalami efek samping dari pengobatannya yaitu sulit tidur. Sekarang ini, dirinya hanya berusaha untuk mengatur makan dan tetap rutin olah raga agar berat badannya tetap berada di angka 70-an kg.

Nah, dari sekian kisah di atas, masihkah anda berpikiran stereotip terhadap orang berbadan besar atau gendut? Mau tau lebih lengkap kisah-kisah inspiratif serta tips & tricks dari komunitas Xtra-L? Simak di Kick Andy episode pekan ini...


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy