Ahmad Abdul Haq


BERTARUH DENGAN MAUT

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 08 Maret 2013 21:30 WIBBERTARUH DENGAN MAUT

BERTARUH DENGAN MAUT

Pernahkah Anda mengalami situasi mendebarkan yang menyebabkan Anda berada pada sebuah kondisi bertahan untuk hidup dan tidak akan mau menyerah pada maut? Sudah pasti situasi tersebut tak pernah menjadi harapan setiap orang untuk terjadi pada dirinya. Tapi bila hal itu terjadi, pastilah tak akan pernah terlupakan sepanjang usia. Bahkan selalu menarik untuk dikisahkan.

Seperti halnya kisah para tamu Kick Andy episode kali ini. Ingatkah kita dengan kisah tenggelamnya KMP Bahuga Jaya akibat bertabrakan dengan Kapal tanker Norgas Chatinkadi Perairan Selat Sunda, pada September 2012 lalu? Diantara beberapa korban selamat, Yudi Sudarsono bersama anak sulungnya, Sulthan Gozy Putra (11 tahun) – dan anak bungsunya, Michelle (14 bulan) - adalah yang beruntung lolos dari tragedi maut kapal tersebut. Yudi hadir di Kick Andy ditemani Shultan untuk berbagi kisah sedihnya karena telah kehilangan dua orang terkasihnya, Sri Nuraini sang isteri dan putri keduanya, Nazwa Nur Azka Azarah (8 tahun) yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Tak hanya itu, Yudi pun juga mengisahkan bagaimana didepan mata ia menyaksikan keluarganya berjatuhan dari kapal dan perjuangannya menyelamatkan diri bahkan menyelamatkan keluarganya ditengah gelombang laut yang ganas.

Bulan Januari lalu, sebuah kapal penangkap ikan bersama 13 awaknya dikabarkan telah ditemukan setelah mereka terombang-ambing selama 13 hari ditengah laut. Meski separuh hidup para nelayan selalu dihabiskan di laut lepas, namun untung tak dapat diraih dan malang tak dapat ditolak, seperti halnya dengan 13 nelayan di Kapal Motor Herling yang mengalami musibah akibat kerusakan mesin. Salah satu komponen mesin kapal motor itu patah, hingga akhirnya memaksa mereka harus terombang-ambing di Laut Banda yang memiliki kedalaman 7440 meter selama dua pekan lebih. Kamaluddin, sang pemilik kapal bersama Zul, salah satu awak kapal hadir untuk berkisah tentang pengalaman mereka bagaimana usaha mencari bantuan dan upaya mempertahankan diri mereka ditengah ketidakpastian situasi ditengah laut.

Dua mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Surabaya ini, Jemmy Dwi Pragowo dan Alfian Acak Aldino (Inok) sebenarnya bukanlah anggota dari sebuah klub pecinta alam. Bagi mereka mendaki gunung memang salah satu kegemaran selain kegiatan fotografi. Kali itu, mereka berdua sengaja naik Gunung Welirang Jawa Timur, karena ingin mengambil foto landscape pemandangan disana. Saat itulah ketika tiba-tiba kondisi alam berkabut tebal, hingga mereka yang berjalan depan belakang tiba-tiba terpisah. Inok pun kemudian dinyatakan hilang dan tersesat selama 8 hari. Mereka berdua berangkat mendaki gunung setinggi 3.120 meter di atas permukaan laut ini pada 22 Desember 2012. Hingga akhirnya pada tanggal 2 Januari 2013, Inok di temukan oleh warga sekitar gunung yang sedang memperbaiki pipa air dalam kondisi yang lemah. Inok dan Jemy berkisah pengalaman mereka berdua. Termasuk bagaimana Inok juga mengalami peristiwa mistis yang sulit dimengerti.

Pengalaman bertahan dari reruntuhan gempa dialami Ramlan, seorang pemuda dari Purwakarta yang bekerja sebagai pekerja gedung. Tanggal 30 September 2009, gempa bumi mengguncang Kota Padang Sumatera Barat. Gempa berkekuatan 7,6 skala richter ini memporak-porandakan ratusan ribu bangunan dan meninggalkan korban luka bahkan tewas. Saat itu, ketika gempa terjadi, kepanikan melanda sejumlah pekerja gedung yang sedang merenovasi bangunan. Sebagian berhasil melarikan diri tapi tidak bagi Ramlan. Akibat peristiwa itu, Ramlan kehilangan kaki kanannya karena tertimpa beton bangunan. Tapi siapa kira, Ramlan harus memotong kakinya sendiri dengan peralatan seadanya sebelum akhirnya dibantu seorang teman, agar ia terbebas dari reruntuhan bangunan gedung. Trauma peristiwa 3 tahun yang lalu itu tak serta merta hilang darinya. Namun semangatnya untuk menghadapi hidup meski dengan satu kaki, kini membawanya pada keluarga kecilnya yang bahagia. Bagaimana ia mengisahkan pengalamannya itu? Selamat menyaksikan.


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy