Ahmad Abdul Haq


BERKARYA UNTUK NEGERI

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 05 Juni 2015 20:05 WIBBERKARYA UNTUK NEGERI

BERKARYA UNTUK NEGERI

Sejumlah orang Indonesia sukses berkarya di luar negeri. Kemampuan dan karya mereka mendapat pengakuan dan penghargaan di negeri orang. Sebagian besar dari putra-putri terbaik bangsa ini enggan untuk pulang.

Tetapi tamu kita kali ini adalah orang-orang yang sudah sukses di luar negeri tetapi memilih kembali ke Indonesia dan mengabdi untuk negeri tercinta.

Salah satunya adalah Daliana Suryawinata. Lahir di Jakarta dan lulus pendidikan arsitektural dari Universtas Tarumanegara. Wanita yang akrab disapa Dana ini melanjutkan pendidikan di Berlage University di Rotterdam, Belanda dan bekerja di firma seperti Office for Metropolitan Authorities (AMO) dengan karya-karya yang mengagumkan.

Menempuh studi doktoral dan mengajar di universitas Delft dan Erasmus di Belanda. Dana pernah meraih penghargaan Indonesian Diaspora Award for Innivation tahun 2012 dan Archinesia Award for Architecture Exhibitions 2012. Impiannya menjadikan Jakarta layak huni membawanya kembali ke Indonesia setelah 11 tahun tinggal di Belanda.

Bagi Dana banyaknya masalah yang ada di Indonesia membuka kesempatan bagi dirinya untuk berkarya dan berinovasi.

Selain Dana, ada juga ilmuwan Indonesia yang menekuni dunia robotika di luar negeri yang memutuskan untuk kembali ke tanah air. Tumbuh dan besar di Bengkulu, Riza Muhida sudah menunjukkan ketertarikannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan riset dan pemecahan rumus sejak di bangku SMA. Ia kemudian melanjutkan pendidikannua di Institut Teknologi Bandung mengambil jurusan teknik fisika.

Tidak berhenti sampai gelar sarjana dengan keterbatasan dana dan tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-citanya menjadi ilmuwan. Riza pergi ke Jepang untuk melanjutkannya hingga meraih gelar doktor.

Delapan tahun di Jepang, ia kemudian mendapat tawaran dari Internasional Islamic University Malaysia untuk menjadi peneliti dan dosen. Beberapa penemuan telah ia hasilkan. Selain itu ia juga rutin mengikuti perlombaan dan mengantongi berbagai penghargaan.

Di Malaysia, Riza menjabat sebagai Ketua Indonesia Lecturers and Researchers Association in Malaysia. Dan juga aktif dalam asosiasi profesor bidang mekatonika atau robotik.

Enam tahun di Malaysia tak membuat Riza lupa dengan tanah air. Kini Riza tercatat sebagai Director Center for Robotics and Intelligent Machines di Surya University. Bersama timnya ia telah berhasil menciptakan beberapa robot dan juga drone yang digunakan oleh TNI.

Menurutnya hidup hanya sementara masa depan untuk berkarya dan hari tua harus dihabiskan di tanah air.

Di Kick Andy kali ini, ada juga seorang perempuan yang naik sepeda dari Surabaya ke Jakarta selama 12 hari sendirian demi sebuah misi. Apa itu? Selamat menyaksikan.


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy