Ahmad Abdul Haq


KETIKA IBU MELUPAKANKU

Back | Up | Next

 

Sumber: Kick Andy.com

 

 
Jumat, 04 September 2015 20:05 WIBKETIKA IBU MELUPAKANKU

KETIKA IBU MELUPAKANKU

Topik yang di angkat dalam Kick Andy kali berasal dari sebuah buku dengan judul yang sama yaitu Ketika Ibu Melupakanku. Buku ini adalah pengalaman hidup seorang wanita bernama Kusuma Dewi Suharya, yang merasakan kesedihan luar biasa pasca ibunya di vonis mengidap alzheimer pada tahun 2009.

Kusuma Dewi Suharya atau yang akrab disapa DY Suharya adalah puteri bungsu pasangan Yaya Suharya dan Tien Suhartini. Ia mengenyam pendidikan SD hingga SMA di Jakarta. Namun selepas lulus SMA, ia tinggal di luar negeri selama lebih dari 15 tahun untuk melanjutkan kuliah dan berkarir di New York, Amerika dan di Perth, Australia.

Namun kepergian DY ke luar negeri bukan karena alasan pendidikan dan karir nsemata. Ia memilih meninggalkan Jakarta karena ia tidak ingin tinggal bersama orangtuanya. Saat itu, rumah bagi DY bukanlah tempat yang nyaman.  Ketidaknyamanan itu berasal dari sikap ibunya yang kerap marah-marah dan curiga yang berlebihan, hingga sering mengakibatkan pertengkaran di dalam rumah.

Belasan tahun kemudian, DY akhirnya mengetahui bahwa sikap aneh ibunya di masa lalu adalah gejala awal dari penyakit alzheimer, sebuah penyakit yang umumnya di sebut dengan istilah pikun. Namun alzheimer bukan sekedar pikun biasa. Penyakit ini menyerang saraf di dalam otak manusia dan bisa membuat pengidapnya kehilangan kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari, tidak memiliki emosi, hingga kehilangan semua memori hidupnya.

Didorong rasa cintanya, DY pun kembali ke rumah. Ia bersama Ayah dan saudara-saudaranya secara bergantian merawat Ibu yang mereka sayangi. DY bahkan menggagas lahirnya Yayasan Alzheimer Indonesia, sebagai pusat informasi tentang penyakit alzheimer sekaligus wadah untuk sharing bagi para caregiveryaitu  orang yang merawat pasien alzheimer.

Selain DY Suharya, ada pula Farhan yang berbagi kisah tentang kedua orangtuanya yang divonis mengidap alzheimer. Selain itu, hadir pula dokter ahli yang menjelaskan tentang alzheimer dan membagi tips agar terhindar dari alzheimer. Tidak ketinggalan, Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek juga memberikan dukungannya terhadap pencegahan penyakit yang dikenal dengan istilah silent killer ini.

Karena itu jangan sampai Anda melewatkan Kick Andy Jumat, 4 September 2015 KETIKA IBU MELUPAKANKU pukul 20.05 wib


Kick Andy: Home • The Show • Special • Andy's Corner • Foundation • Recommended Book • Andy's Friend • Andy's Team • About

Tag: Kliping Media, Kick Andy