Catatan Ringkas Pekerjaan Staf Seksi Bank pada KPPN

Harian

  1. Cek Daftar Retur di SPAN (GR Bank)
    Jika ada, segera dibuatkan surat pemberitahuan ke satker. (Maks 1 hari setelah data muncul di daftar retur). Surat Perbaikan dari satker maks. 7 hari kerja sejak diterimanya surat dari KPPN
  2. Cek Daftar Transaksi yang belum direkonsiliasi
    Jika ada segera dilakukan rekonsiliasi melalui aplikasi SPAN
  3. Cek Dafftar Transaksi yang masih belum reconciled
    Jika ada segera dilakukan rekonsiliasi melalui aplikasi SPAN
  4. Buat PPR (jika ada SPPT)
    Perhatikan tanggal pembayaran dan paygroup
  5. Cetak daftar SP2D (jika ada sp2d)
  6. Cetak SP2D nihil (blanko merah) jika ada SP2D nihil. Setelah ditandatangani Kasi PD dan Kasi Bank distempel timbul lalu diserahkan ke PD

Bulanan

  1. Buat laporan PFK ke Taspen (hardcopy dan softcopy dikirim)
  2. Buat laporan data SPM LS ke BPJS Kesehatan (hardcopy dan softcopy dikirim)
    Untuk kedua laporan tsb data diolah dari gabungan data SPAN (PM),OMSPAN (Penerimaan),dan Dashboard MPN G2 (Monitoring PFK)
  3. Buat Laporan Reversal (hardcopy dan softcopy dikirim ke kanwil)
  4. Input Laporan Daftar Saldo Rekening Satker melalui PBN Open
    data diperoleh dari laporan satker maks dikirim tgl 10. Sebelum diinput di pbn open harap diperiksa keakuratan data sesuai rekening koran.
  5. Buat Laporan Daftar Saldo Rekening Satker . kirim hardcopy ke kanwil dan sofcopy dalam bentuk excell ke kanwil (hardcopy dan sofcopy dikirim ke kanwil maks. Tgl 15 setiap bulan)
  6. Input Laporan Saldo Rekening BUN KPPN pada pbn open (termasuk upload rek korannya)
    Data diperoleh dari rekening koran yang disampaikan bank/pos
  7. Buat laporan daftar selisih
    Data diperoleh dari rekening koran bank/poa dibandingkan dengan data laporan buku bank yang diambil dari SPAN (CM)
  8. Buat PPR gaji induk sesuai paygroup masing2
    Cek kebenarannya karena biasanya ada yang salah. Perbaikan paygroup dilakukan di PM-invoice-invoice (jangan sampai salah pilih paygroup)
  9. Untuk SP2D gaji induk yang melalui BO II dicetak Blangko SP2D warna biru. Jangan lupa distenpel timbul lalu lembar 1 dikirim ke Bank Jatim dilampiri dengan Daftar SP2D yang dicetak oleh Kasi dan juga disertai dengan ADKnya (dari menu Kasi Bank), lembar 2 dan 3 diserahkan ke PD
  10. Lakukan rekonsiliasi atas rekening gaji (BO II) di SPAN
    Melalui menu CM-Rekonsiliasi rekening koran-cari rekening. Rekonsiliasi dilakukan pada saat tanggal dropping gaji (untuk baris penerimaan) dan pada tanggal pembayaran SP2D gaji (baris pembayaran)

Lainnya

  1. Konfirmasi setoran
    Dilakukan jika ada permintaan (baik dari satker maupun pihak lain). Dilakukan melalui SPAN (GR-Konfirmasi). Cek kesesuaian NTPN di ADK  dan di database (biasanya sering salah,sehingga harus diperbaiki manual)
    Kirim ADK tsb melalui aplikasi konversi lalu ambil di ftp melalui komputer SPAN.
  2. Surat menyurat sesuai kebutuhan
  3. Koreksi Data
    Dilakukan jika ada permintaan. Melalui SPAN (GR-koreksi). Harap diperhatikan data original (O) maupun data koreksinya (C).
    ADK bisa diambil dari OM SPAN dengan dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *