Apa Sebenarnya Arti “Angkatan”?

Pindahan dari Multiply

URL: http://stanprodip.multiply.com/notes/item/8

Ini bukan opini, tapi pertanyaan. Saya masuk prodip III tahun 1989 dan lulus tahun 1992. Kalau begitu, saya ini termasuk angkatan 1989 atau angkatan 1992? Kalau saya pikir sih, lebih benar saya angkatan 1989. Alasannya, karena NPM saya 89.1.1.448.
Tapi, mungkin juga yang bilang saya angkatan 1992 karena saya termasuk wisudawan prodip angkatan VI yang diwisuda tahun 1992.

Bagaimana menurut Anda? Standarisasi istilah ini penting, paling tidak untuk grup ini, biar tidak terjadi salah paham ketika ada teman yang bilang dia angkatan tahun sekian.

Bagikan artikel ini:
Share
  • aa_haq

    arifsetiadi wrote on Jul 20, ’09

    Kalo saya ditanya “angkatan berapa?” saya jawabnya “masuk tahun…lulus tahun…” hehe. karena memang tidak ada kejelasan angkatan it yang mana. Kecuali emang udah dijelaskan. Misalnya alumni SMA saya, mendapat gelas MG (Muda Ganeca) diikuti angkatan yang menunjukkan tahun lulus, misalnya saya nama ‘resminya’ adalah ; Arif Setiadi – MG 01 (keren yah..) Atau yang lain di STIS atau Bea Cukai angkatan ditunjukkan dengan angka, angkatan keberapa gitu bukannya tahun. So… mari diperjelas dulu dan disepakati (lhah malah ikutan nanya ini)

    Comment deleted at the request of the author.

    hkusumaperdana wrote on Jul 21, ’09

    gini, IMHO, bagi yg masih kuliah mungkin kata “angkatan” menunjukkan tahun awal masuk kuliah, sedang bagi yang dah alumni/bekerja kata “angkatan” menunjukkan tahun lulus alias tahun awal masuk dunia kerja.

    CMIIW

    hkusumaperdana wrote on Jul 21, ’09

    tambahan:
    kalau masuk tahun 2001 lulus tahun 2004 dibilangnya angkatan berapa?

    niwanda wrote on Jul 22, ’09

    Dulu kayaknya ada yang bilang, kalau di universitas lain konotasinya angkatan lulus tapi STAN angkatan masuk… apa kebalik ya?
    *tidak menjelaskan*

    syammuis73 wrote on Aug 4, ’11

    Angkatan itu berasal dari kata angkat. Artinya pada saat sseorg masuk sbg siswa atau taruna itu sama dengan mulai DIANGKAT sbg peserta pelajar/taruna dsb. Angkatan dan Alumni brbeda. Sehingga ANGKATAN adalah AWAL MULA Anda diposisikan (diangkat) sbg siswa/taruna/karyawan/pegawai/pejabat.