Aplikasi-aplikasi yang Wajib Dipasang pada Komputer Baru

Anda pernah mendapatkan komputer baru atau mungkin akan mendapatkan atau membeli komputer baru? Apa saja aplikasi yang (akan) Anda pasang/install? Di artikel ini saya akan membagikan daftar aplikasi yang bagi saya merupakan aplikasi wajib yang harus ada pada komputer yang saya pakai sehari-hari. Adapun sistem operasi yang dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di sini adalah Microsoft Windows, karena selama ini saya selalu menggunakan Windows.

“Browser”

Browser atau peramban merupakan aplikasi yang wajib ada di semua komputer masa kini, karena fungsinya untuk mengakses halaman-halaman web di Internet. Windows memang telah menyediakan Microsoft Internet Explorer. Namun, dengan alasan kenyamanan, saya tetap merasa harus memasang Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Keyboard Arab

Saya sering menuliskan huruf-huruf Arab ketika chatting atau dalam kesempatan lainnya. Cara yang saya pilih agar papan tik Latin saya mengeluarkan huruf Arab adalah dengan memasang software Keyboard ISLAM-91. Keterangan selengkapnya dapat dibaca pada artikel ISLAM-91 Arabic Keyboard Map by Islam Adel.

Antivirus

Dengan Windows asli di komputer saya, saya sudah merasa cukup dengan adanya Microsoft Windows Defender. Benar-benar cukup. Saya tidak memasang antivirus lainnya.

“Instant Messenger”

Instant messenger (IM) yang dikenal juga secara awam dengan sebutan “software chatting“. Sepuluh tahun lalu saya masih menggunakan Yahoo! Messenger (YM). Karena kebijakan intranet kantor kemudian tidak mengijinkan YM, maka saya dan semua teman kantor beralih ke Google Talk (GTalk). Ketika Google menghentikan layanan GTalk sejak Februari 2015, ketika itulah saya berhenti menggunakan IM, karena saya juga tidak merasa nyaman menggunakan Google Hangout sebagai pengganti GTalk.

Karena putus hubungan chatting cukup menyulitkan komunikasi dengan istri, maka pada pertengahan 2015 saya mulai menggunakan ponsel dengan sistem operasi Google Android. Dengan Android, saya mulai kenal dengan beberapa aplikasi IM. Sampai saat ini, aplikasi IM yang menjadi pilihan saya adalah WhatsApp (WA) dan Telegram Messenger (TM). Saya menyukai keduanya karena dapat diakses melalui desktop dengan perantaraan browser. Khusus untuk Telegram, ada nilai tambah dari saya, karena Telegram menyediakan Telegram Desktop untuk Windows. Aplikasi yang baru saja saya sebutkan itu saat ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada di komputer saya.

Aplikasi Perkantoran

Dinamakan “aplikasi perkantoran” karena aplikasi ini yang paling sering digunakan untuk aktivitas perkantoran seperti membuat surat dan laporan. Salah satu yang populer adalah Microsoft Office. Dan, ya, aplikasi itulah yang harus ada di komputer saya. Office sekurang-kurangnya harus terdiri atas Microsoft WordMicrosoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Untuk kesempurnaan, perlu juga ditambahkan Microsoft OutlookMicrosoft Publisher, dan Microsoft Access.

Di samping aplikasi-aplikasi Office yang sudah biasa terdengar di atas, ada satu aplikasi bawaan Office 2003 yang sekarang sudah tidak ada lagi kelanjutannya, namun masih harus ada di komputer saya. Dia adalah Microsoft FrontPage 2003. FrontPage edisi belasan tahun lalu itu bagi saya masih sangat powerful untuk menyunting halaman web bahkan membuat situs web.

Pengarsipan atau Kompresi

Aplikasi pengarsipan atau kompresi lebih sering saya gunakan untuk mengekstrak berkas-berkas yang saya dapatkan dalam format ZIP atau RAR. Untuk itu, saya memilih aplikasi WinRAR sebagai aplikasi yang wajib dipasang di komputer saya.

Lainnya

  • Teleport Pro
  • XAMPP
  • Nullsoft Winamp
  • Google Desktop
  • Microsoft SyncToy
  • Softperfect LAN Search Pro
  • Angry IP Scanner
  • ClocX
  • Remove Empty Directories a.k.a. RED
  • VideoLAN VLC Media Player
  • JAM TreeSize Free
  • MOOII Tech PhotoScape
  • BKPrograms Folder Axe