Arahan Sri Mulyani Jelang Tutup Tahun

Arahan Menteri Keuangan dalam Rapat koordinasi via Video Conference Akhir Tahun 2016 dengan para Kepala Kantor Wilayah di lingkungan Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia, 31 Desember 2016

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Foto: Situs Resmi Kementerian Keuangan/Langgeng

  1. Terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan di vertikal yang telah menjaga, mengelola keuangan dan kekayaan negara dengan baik. Tolong disampaikan kepada seluruh jajaran dan keluarga.
  2. Apresiasi terhadap sinergi baik dalam presentasi 6 Kakanwil yang mewakili 33 provinsi. Siapa pun dan dimana pun kita berada, harus tahu tentang APBN. Beberapa Kakanwil memiliki capaian berada diatas 100%, beberapa masih dibawah 100%. Semua telah berupaya bekerja keras dan saya sampaikan apresiasi.
  3. Kementerian Keuangan memiliki 5 value dan salah satu yang ditunjukkan hari ini adalah sinergi. Agar momentum akhir tahun ini terus menerus dikembangkan untuk mencari inovasi, terobosan dan hal-hal lain untuk peningkatan kinerja.
  4. Kita bekerja secara profesional termasuk jajaran Ditjen Pajak dan Ditjen Bea dan Cukai dalam mengoptimalisasi penerimaan sampai dengan tengah malam hari ini. Saya senang ada perbaikan pola pelayanan dengan mengembangkan berbagai inisiatif. Semua jajaran eselon I di pusat juga melakukan perbaikan pelayanan. Mari kita melihat pekerjaan sebagai suatu dedikasi bukan sekedar rutinitas. Mari belajar untuk terus memperbaiki pola pelayanan, profesionalisme dan cara menuju kesempurnaan.
  5. Value terakhir adalah integritas, dimana seluruh jajaran telah melaksanakan tugas dengan tanpa mengkompromikan nilai-nilai integritas. Agar integritas secara terus menerus diperbaiki, dan sebagai institusi kita dapat merenung dan melakukan refleksi di setiap akhir periode kerja, bahwa kita merasa telah berbuat baik bagi institusi. Ini saya sebut dengan “sense of progress“.
  6. Negara yang maju adalah negara yang dapat mengelola organisasi dan kepemimpinan dengan baik. Hal ini juga dapat diterapkan di jajaran Kantor Wilayah.
  7. Kepada yang sudah mencapai target, saya ucapkan terima kasih atas segala upaya dan extra effort. Bagi yg belum mencapai, silakan dilihat kembali mengapa belum bisa mencapai target secara optimal.
  8. Untuk Kanwil Ditjen Bea dan Cukai yang mencapai lebih dari 100%, saya berterima kasih atas upaya luar biasa ini. Saya tahu juga bahwa banyak diantara Anda yang dengan penuh risiko tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas. Untuk jajaran Ditjen Bea dan Cukai di Riau, tetap lakukan tugas Anda dengan baik. Bila Anda tidak mampu, segera laporkan kepada atasan Anda dan saya, karena ini merupakan tugas saya untuk mendukung dan melakukan perlindungan kepada Anda.
  9. Banyak sekali inisiatif yang telah dilakukan, seperti penjelasan Dirjen Perbendaharaan. Saya mengetahui bahwa banyak penerimaan pajak berasal dari belanja negara, baik APBN maupun APBD.
    Untuk pelaksanaan APBN di daerah, Ditjen Perbendaharaan agar mengumpulkan data dan menyampaikan kepada Ditjen Pajak. Pajak dari APBN di daerah agar dapat dikumpulkan secara optimal, 100% tanpa serupiah pun hilang. Jajaran Pajak agar berkonsentrasi kepada potensi pajak di luar APBN dan APBD.
  10. Kapasitas daerah untuk melaksanakan anggaran tidak semua sama. Seluruh Kanwil Ditjen Perbendaharaan agar membantu melakukan asistensi, asesmen dan mendukung pelaksanaan APBN di daerah, agar penyerapan makin baik dan kualitas belanja meningkat. Daerah-daerah yang penyerapannya kurang optimal akan berpengaruh kepada kecepatan mesin penggerak ekonomi di daerah.
  11. Saya minta perhatian diberikan juga kepada perbatasan, bukan hanya membangun gedung, tapi juga perbaikan sosial ekonomi, sehingga rakyatnya dapat merasakan manfaat dari menjadi hasil pembangunan Indonesia.
  12. Untuk pengelola kekayaan negara, Anda tidak hanya menjadi administrator, yang fokus kepada tertib fisik, administrasi dan hukum. Saya juga ingin para pengelola kekayaan negara menjadi manajer aset. Pikirkan dan pergunakan seluruh aset yang ada secara optimal.
  13. Atas segala dedikasi, kerja keras dan pengabdian seluruh jajaran Kementerian Keuangan di daerah, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga pengabdian Anda semua akan memberikan dukungan bagi Indonesia yang lebih makmur dan berkeadilan.
  14. Selamat bekerja, selamat merayakan akhir tahun. Terima kasih.
Bagikan artikel ini:
Share