Fenomena Situs/Blog Baru; Sekadar Pencari Recehan atau Ancaman terhadap Keamanan Berinternet?

malware1_1-640x427Belakangan ini sering terlihat di berbagai grup Facebook, banyak posting yang disertai link. Di situ saya merasa gelisah, karena beberapa link menuju ke tipe situs/blog yang selama ini saya curigai. Ambil contoh, satu link yang diberikan oleh anggota grup berdomain repelita.com. Isinya mengambil dari bintang.com yang sudah terkenal. Saya jadi ingin bertanya, apa sih pertimbangannya membagikan link artikel salinan dari sebuah situs dengan keamanan dan reputasi yang tidak jelas? Kenapa tidak dibagikan saja link dari sumber aslinya?

Seorang teman blogger bilang, bahwa itu hanya situs-situs pencari recehan (dengan iklan di dalamnya) yang terkadang mendulang kunjungan dengan cara nyampah di mana-mana. Tapi, saya berpikir lebih jauh. Jangan-jangan, ada maksud tersembunyi yang dimiliki oleh sindikat pemilik situs baru. Saya menduga, bahwa mereka menanamkan program-program jahat yang dapat merugikan pengunjungnya.

Kekhawatiran saya tersebut memang belum terbukti. Cuma, faktanya, sejak triwulan IV tahun 2015 begitu banyak situs baru bermunculan dengan isi yang kadang bombastis. Saya pun sekarang mulai berani mengklik situs-situs aneh tersebut. Saya lihat, belum ada situs TI yang memperbincangkan mereka sebagai situs-situs berbahaya.

Bahaya mulai nampak

Malware_Kabar_MuslimTanggal 25 Juni 2015 saya mendapatkan link menuju ke situs kabarmuslim.org, salah satu dari banyak situs baru yang bermateri bombastis. Kabarmuslim.org tidak hanya disebarkan melalui posting di grup-grup Facebook, tapi bahkan dipromosikan secara berbayar melalui Facebook. Link-nya tampil di deretan kanan iklan Facebook.

Dibuka satu kali, berhasil. Tapi, ketika di-refresh, browser menampilkan peringatan sebagai berikut:

High Security Alert!!

You are not permitted to download the file “nekat-lamar-putri-ulama-besar-saudi.html” because it is infected with the virus “JS/Ransom.AP!tr”.

URL = http://www.kabarmuslim.org/2016/02/nekat-lamar-putri-ulama-besar-saudi.html
File quarantined as: .

http://www.fortinet.com/ve?vn=JS%2FRansom.AP%21tr
Client IP: 10.96.2.73
Server IP: 10.248.0.20
User name:
Group name:

Diskusi terkait: https://www.facebook.com/groups/677643419046747/permalink/883336325144121/

Bagikan artikel ini:
Share