Garis-garis Kebijakan Amway (7): Kebijakan Training, Edukasi dan Motivasi

Bagian 7. Kebijakan Training, Edukasi dan Motivasi

Fondasi bisnis dan IBO Amway adalah menjual produk dan jasa yang disediakan oleh Amway, dan menyediakan peluang bisnis yang dapat diandalkan. Dalam membangun bisnis, Amway memahami bahwa materi Training, Edukasi, dan Motivasi yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan memainkan peranan yang penting. Namun demikian, materi Training, Edukasi, dan Motivasi termasuk pertemuan-pertemuan dapat menjadi salah satu bahan kontroversi yang berdampak negatif terhadap reputasi Amway sebagai badan usaha yang disegani, jika tidak diatur dengan baik.

Oleh karenanya diperlukan kebijakan untuk melindungi stabilitas jangka panjang bisnis Amway dan setiap IBO, serta menjaga dan memelihara reputasi Amway maupun IBO sebagai pemilik bisnis mandiri yang bertanggung jawab. Dengan demikian, pendistribusian dan penjualan materi Training, Edukasi dan Motivasi diijinkan sepanjang isi, penjualan dan distribusinya memenuhi kebijakan yang ditetapkan oleh Amway.

DEFINISI MATERI TRAINING, EDUKASI & MOTIVASI

Materi Training, Edukasi dan Motivasi didefinisikan secara luas dan termasuk, tetapi tidak terbatas pada, contoh-contoh berikut: materi cetak (misal buku, brosur, pamplet, literatur atau bentuk materi cetak lain); audio-video (CD, DVD, kaset atau bentuk materi visual lain); produk dan layanan berbasis internet, seperti website dan bentuk materi multimedia lain; pertemuan-pertemuan dan acara; materi atau peralatan yang didesain untuk mendukung promosi dan penjualan produk dan jasa dan peluang bisnis Amway, juga kupon, voucher, tiket atau program langganan sehubungan dengan hal-hal di atas.

KETENTUAN

  1. Pembelian materi Training, Edukasi, dan Motivasi (termasuk pertemuan dan tiket acara) harus secara sukarela. Sponsor/ Uplines tidak dibenarkan untuk menangguhkan dukungan, training atau bantuan bagi IBO (downlines). Training, Edukasi dan Motivasi merupakan tugas dan tanggung jawab Sponsor atau Platinum, sesuai dengan Garis-Garis Kebijakan Amway.
  2. Materi Training, Edukasi, dan Motivasi terlepas darimana sumbernya, tidak boleh digabungkan dengan starter kit atau produk dan jasa yang disediakan oleh Amway.
  3. Dalam penjualan materi Training, Edukasi dan Motivasi pernyataan tertulis dalam bentuk yang disetujui oleh Amway harus ada, menyatakan bahwa pembelian materi Training,Edukasi dan Motivasi dilakukan secara sukarela dan jika untuk alasan apapun IBO tidak puas, pengembalian uang bisa dilakukan.
    PENGEMBALIAN MATERI TRAINING, EDUKASI & MOTIVASI:
    • Materi cetak, audio-video (kaset, CD, DVD atau materi visual lain): dapat dikembalikan dalam waktu 90 hari setelah penjualan dengan persyaratan dalam keadaan dapat dijual kembali.
    • Tiket pertemuan atau acara sebelum penyelenggaraan: dapat dikembalikan; pengembalian dalam waktu 7 hari kalender sebelum acara diselenggarakan dikenakan biaya administrasi sebesar 30% dari harga tiket.
    • Tiket pertemuan atau acara setelah penyelenggaraan: jika semua acara telah dihadiri secara penuh namun tidak puas maka tiket dapat dikembalikan dalam waktu 7 hari kalender sejak terselenggaranya pertemuan atau acara. Pengembalian uang tidak termasuk biaya perjalanan, penginapan dan makanan.
  4. Penggunaan logo dan/atau merek dagang Amway tidak diperbolehkan dalam materi Training, Edukasi, dan Motivasi tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Amway. Namun demikian, tujuan dari materi Training, Edukasi dan Motivasi harus ditulis dengan menyebutkan nama Amway, sebagai contoh: ‘Materi Training, Edukasi, dan Motivasi ini dibuat/ disediakan untuk tujuan membangun bisnis Amway.’
  5. Dalam 90 hari pertama setelah aplikasi IBO baru disetujui, pembatasan jumlah untuk pembelian materi Training,Edukasi, dan Motivasi bagi IBO baru adalah Rp 500.000,selama 90 hari pertama.
  6. Dengan tetap berpegang pada ketentuan nomor 5,program langganan untuk materi Training, Edukasi, dan Motivasi dibatasi untuk periode 3 (tiga) bulan.
  7. Prospek tidak diperbolehkan terlibat dalam penjualan dan/ atau pembelian materi Training, Edukasi, dan Motivasi. IBO yang menjual materi Training, Edukasi dan Motivasi kepada prospek dipertimbangkan sebagai pelanggaran / penyimpangan.
  8. Harga untuk materi Training, Edukasi, dan Motivasi dan pertemuan serta acara tidak boleh melebihi ketentuan berikut:
    • pertemuan < 2 jam : Rp 15.000
    • pertemuan < 6 jam : Rp 60.000
    • pertemuan 1 hari : Rp 150.000
    • pertemuan >1 hari : Rp 450.000 (max. 3 hari);
      tidak termasuk transportasi, akomodasi dan makan
    • kaset : Rp 25.000
    • CD, VCD, DVD : Rp 35.000
    • buku : sesuai dengan harga eceran dari percetakan
  9. Materi Training, Edukasi, dan Motivasi yang diperuntukkan bagi prospek dan dimaksudkan untuk digunakan, dipromosikan atau dijual kepada IBO baru harus melalui proses peninjauan oleh Amway. Waktu peninjauan adalah 7 hari kalender atau ditentukan kemudian jika waktu yang dimaksudkan tidak memungkinkan. Amway juga dapat meninjau materi Training, Edukasi dan Motivasi yang dijual,dipromosikan atau digunakan oleh IBO dan memberikan ulasan dan kesimpulan atas materi Training, Edukasi, dan Motivasi tertentu, dimana hasil ulasan dan kesimpulan terhadap materi Training, Edukasi, dan Motivasi harus segera diimplementasikan.
  10. Pertemuan dan acara yang akan dihadiri oleh 2000 peserta atau lebih atau yang berdurasi satu hari atau lebih harus diinformasikan ke Amway. Pemberitahuan tentang pertemuan dan acara harus diserahkan ke Amway 15 hari sebelum tiket dicetak. Pihak yang menyerahkan pemberitahuan,pertemuan atau acara tersebut harus menyertakan nama IBO yang bertanggung jawab dalam pertemuan dan/atau acara tersebut, IBO harus berperingkat Platinum ke atas.
  11. IBO tidak diperbolehkan untuk menggunakan dan/atau menyalin materi Training, Edukasi, dan Motivasi dari organisasi IBO yang berbeda.

PETUNJUK PERTEMUAN DAN ACARA

Berkenaan dengan pertemuan dan acara, disamping peraturan yang sudah ada dalam Pedoman Bisnis, peraturan berikut harus dipenuhi.

  1. IBO berbicara dalam acara, mengadakan dan mempromosikan acara harus memenuhi peraturan setempat, menyediakan salinan ”Petunjuk Pembicara & Presentasi” dan harus memastikan bahwa semua pembicara memenuhi ketentuan yang disebutkan di dalamnya.
  2. Jika pertemuan atau acara yang diadakan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, IBO yang bertanggung jawab,harus berperingkat Platinum ke atas dan Pembicara dalam pertemuan tersebut akan diminta untuk bertanggung jawab.
  3. Promosi dan penjualan tiket pertemuan atau acara harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

KONSEKUENSI ADANYA PELANGGARAN

Adanya pelanggaran akan diproses sesuai dengan kebijakan yang ada.

PERUBAHAN KEBIJAKAN

  • Kebijakan ini akan ditinjau dari waktu ke waktu dan dimungkinkan adanya perubahan untuk memastikan dukungan terbaik Amway Indonesia untuk memenuhi perubahan yang diperlukan baik oleh Amway Indonesia maupun organisasi IBO.
  • Kebijakan ini dibuat tanpa berprasangka dan tanpa mengabaikan ketentuan atau peraturan yang ada dalam Garis-Garis Kebijakan Amway.
  • Kebijakan ini akan ditinjau dari waktu ke waktu dan dimungkinkan adanya perubahan untuk memastikan dukungan terbaik Amway Indonesia untuk memenuhi perubahan yang diperlukan baik oleh Amway Indonesia maupun organisasi IBO.
  • Kebijakan ini dibuat tanpa berprasangka dan tanpa mengabaikan ketentuan atau peraturan yang ada dalam Garis-Garis Kebijakan Amway.