Hotel Villa Bogor Leppe Majene

Hotel Villa Bogor Leppe Majene atau bisa disebut juga Hotel Bogor Majene adalah hotel sekelas bintang tiga di Kota Majene, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. [1] Pada tahun 2014 Hotel Villa Bogor merupakan hotel berkelas bintang tiga pertama dan satu-satunya di Majene, sekaligus menjadi hotel termahal dan nampak terbaik di Majene.


Hotel Villa Bogor Leppe Majene

Letak Geografis

Kota Majene terletak di ujung selatan Kabupaten Majene, menghadap Teluk Mandar di sebelah selatan. Hotel Villa Bogor Leppe Majene terletak di tepi pantai Teluk Mandar. Bagian hotel yang menghadap ke laut tidak persis menghadap selatan, melainkan menghadap ke barat daya. Karenanya, saat sunset matahari tidak tenggelam di laut. Pada bulan April, matahari tenggelam di balik bukit, kira-kira 5º-10º dari tepi pantai paling luar.

Tarif Kamar dan “Contact Person”

Tarif Kamar

Tarif kamar untuk tahun 2014 adalah sebagai berikut:

  • Superior I: Rp 600.000.
  • Superior II: Rp 500.000.
  • Deluxe: Rp 450.000.
  • Standard: Rp 375.000.

Menurut brosur yang tersedia, harga tersebut belum termasuk “PPI” 10%. Mungkin yang dimaksud adalah pajak hotel. Namun, kenyataannya, resepsionis tidak meminta tambahan 10% saat tamu check-out.

Harga kamar sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang. Untuk tambahan sarapan pagi dikenai biaya Rp 30.000 per orang.
Extra bed tersedia dengan harga Rp 130.000 per unit, termasuk tambahan gratis sarapan pagi untuk satu orang.

“Contact Person”

Untuk berhubungan dengan Hotel Villa Bogor Leppe Majene, Anda dapat menghubungi salah satu nomor telepon seluler berikut ini:

  • 085299033818 (Jasman, manajer hotel).
  • 082344420088-082348261888 (Safri, resepsionis)
  • 082192721114 (Muli, resepsionis)
  • 085397981188 (Sahra, resepsionis)
  • 082292324755 (Rosma, resepsionis))

Fasilitas

Satu-satunya keistimewaan Hotel Villa Bogor Leppe Majene adalah kesempatan untuk menikmati pemandangan alam tepi Teluk Mandar baik dari kamar hotel maupun dari restoran.

Di kamar kelas Superior 2 seharga Rp 500.000 per malam, selain dapat melihat pemandangan laut, tamu disuguhi beberapa fasilitas yang memadai, antara lain televisi LCD Sharp Aquos 32 inci. Sayangnya, pesawat telepon tidak tersedia di kamar, sehingga tamu harus selalu mendatangi resepsionis setiap membutuhkan sesuatu. Di kamar mandi juga tidak tersedia bath tub.[2]

Restoran hotel tersedia lebih dekat ke pantai sehingga tamu dapat makan sambil memandangi Teluk Mandar. Setiap pukul enam pagi, dua gadis penjaga restoran yang ramah siap menyambut tamu. Restoran menyediakan sarapan dengan variasi menu nasi goreng dan nasi kuning. Yang selalu tersedia adalah jus merek Buavita berbagai rasa dan susu merek Ultra, masing-masing dalam kemasan satu liter. Juga tidak lupa kopi dan teh panas yang sudah tersaji manis.[2]

Restoran di Hotel Villa Bogor hanya melayani tamu hotel di pagi hari. Sajian makan siang dan makan malam hanya tersedia bila ada rombongan yang memesan, misalnya saat ada instansi yang mengadakan rapat di hotel.

Kompetitor

Sebagai hotel terbaik dan termahal di Majene, Hotel Villa Bogor Leppe Majene tidak mempunyai kompetitor (pesaing) yang sekelas di Majene. Hanya ada satu tempat yang dapat disebut hotel di Majene, tidak lain adalah Hotel Villa Bogor. Tempat menginap di lain di Majene adalah wisma-wisma. Salah satu wisma yang cukup baik adalah Wisma Yumari. Sedangkan orang yang cukup senang di tempat pengap boleh memilih Wisma Takana Juo.[2]

Kekurangan

Kedudukannya sebagai hotel terbaik di Majene ditengarai menjadikan Hotel Villa Bogor Leppe Majene menjadi “hotel sombong”. Standar pelayanan Hotel Villa Bogor tidak cukup baik. Beberapa kejadian yang menunjukkan rendahnya kualitas pelayanan Hotel Villa Bogor dibandingkan hotel bintang tiga di kota lain adalah sebagai berikut:

  • Handuk tamu yang sudah check-out dibiarkan tetap tergantung di rak dalam kamar mandi sehingga tamu berikutnya mendapatkan handuk bekas.
  • Umumnya hotel, kamar dapat tidak dibersihkan hanya kalau tamu menyatakan tidak ingin diganggu. Sebaliknya di Hotel Villa Bogor, kadang-kadang kamar dapat dibersihkan hanya kalau diminta.
  • Pembersihan (make-up) kamar dilakukan hanya dengan merapikan tempat tidur, tidak termasuk membersihkan kamar mandi dan menyapu/mengepel lantai.
  • Tidak tersedia tisu toilet.
  • Tidak tersedia telepon di kamar.

Yang cukup parah adalah kejadian hari Rabu, 23 April 2014 siang, di kamar 102. Tamu kamar mendapati kamarnya tidak terkunci, sementara kuncinya tergantung di pintu. Ternyata, petugas kebersihan lalai meninggalkan kunci di pintu setelah membersihkan kamar. Beruntung, tidak ada barang tamu tersebut yang hilang.

Fakta ini seharusnya menjadi perhatian bagi para tamu agar berhati-hati dan siap mendapatkan pelayanan di bawah standar kalau ingin menginap di Hotel Villa Bogor Leppe Majene. Kenyamanan dan keamanan dipertaruhkan. Kepada manajemen hotel, agar meningkatkan kualitas pelayanan sehingga Hotel Villa Bogor tetap menjadi hotel nomor satu di Majene.

Pranala Luar

Catatan

  1. [1]Pada 2014, Kota Majene merupakan bagian dari Kabupaten Majene, belum menjadi daerah otonom sendiri.
  2. [2]Keadaan tahun 2014.
Bagikan artikel ini:
Share