Jelang 2018, Grup Pemburu Link WA Alami Perubahan Kebijakan

Logo grup “Pemburu Link Grup WhatsApp Indonesia”

Momentum tahun baru 2018 ditandai dengan perubahan kebijakan pada grup Pemburu Link Grup WA Indonesia (PLGWA). Dua kebijakan penting ini akan berlaku efektif sejak 1 Januari 2018:

  1. Setiap nomor WA hanya diperbolehkan mengikuti 3 grup PLGWA.
  2. Grup penuh diprioritaskan hanya untuk anggota yang memiliki akses ke web arsip.

Berikut penjelasannya….

Pembatasan jumlah grup yang diikuti

Keberadaan nomor WA yang mengikuti banyak grup PLGWA sekaligus menyebabkan jumlah anggota grup PLGWA nampak menggelembung, jauh lebih banyak daripada jumlah anggota yang nyata. Untuk itu, diperlukan pengendalian jumlah grup yang boleh diikuti oleh tiap2 anggota.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, pemilik grup PLGWA menetapkan, bahwa sejak 1 Januari 2018, setiap nomor WA hanya diperbolehkan untuk mengikuti 3 grup PLGWA. Jika sebuah nomor WA kedapatan menjadi anggota pada lebih dari 3 grup PLGWA, maka pemilik atau admin mengeluarkan nomor WA tersebut dari grup-grup PLGWA, sehingga hanya tersisa 2 grup yang diikuti oleh nomor tersebut, yaitu 2 grup dengan nomor paling besar.

Contoh:
Sebuah nomor WA mengikuti 6 grup WA, yaitu grup 2, 7, 8, 9, 11, dan 18. Jika keadaan tersebut diketahui oleh admin, maka admin mengeluarkan nomor WA tersebut dari grup 2, 7, 8, dan 9, sehingga nomor WA tersebut hanya mengikuti grup 11 dan 18.

Atas keikutsertaan pada lebih dari 3 grup PLGWA tersebut, pelanggar diberi nilai 👎 (termasuk pelanggaran ringan).

Untuk menghindari sanksi administrasi, setiap anggota dihimbau untuk secara mandiri membatasi keikutsertaan, yaitu paling banyak pada 3 grup PLGWA.

Grup penuh diprioritaskan untuk pengakses web arsip

Sebagaimana diketahui bersama, grup PLGWA sudah memiliki web arsip yang berisi semua link grup yang pernah dimuat di grup2 PLGWA. Alamat web arsip adalah: ngarang.com/link-grup-wa/daftar-link-grup-wa.php . Selain itu, web arsip juga memuat link-link grup yang didapatkan oleh pengelola PLGWA melalui mesin2 pencari. Sampai dengan Desember 2017, web arsip PLGWA telah memiliki koleksi sekitar 11.000 link grup WA Indonesia. Sekitar 99% di antaranya dijamin valid.

Dalam rangka mengurangi beban kerja pemilik grup dan tim admin, meskipun sudah dinyatakan sejak awal di artikel bit.ly/plgwa , dengan ini ditegaskan bahwa sejak 1 Januari 2018 admin PLGWA tidak berkewajiban untuk melayani permintaan link grup, khususnya pada grup-grup yang penuh (anggota 200 nomor ke atas). Anggota grup penuh disarankan untuk mencari sendiri melalui web arsip yang tersedia. Permintaan link grup dapat dilayani oleh admin pada grup yang belum penuh (anggota kurang dari 200 nomor). Grup yang belum penuh biasanya merupakan grup terakhir dari grup-grup PLGWA. Alamatnya dapat dilihat pada bit.ly/plgwa .

Pada grup2 penuh, admin memprioritaskan pelayanan untuk hal2 sebagai berikut:

  1. Menindak pelaku pelanggaran.
  2. Membantu mencarikan melalui mesin pencari, link grup yang belum tersedia di web asrip. Link grup yang ditemukan oleh admin akan dimasukkan ke web arsip dan dapat disampaikan ke grup sebagai tanggapan atas permintaan.

Dengan berlakunya kebijakan baru atas grup penuh tersebut, anggota PLGWA yang masih menginginkan pelayanan untuk langsung mendapatkan link grup dari admin, dipersilakan untuk bergabung dengan grup yang belum penuh, dengan tetap membatasi keikutsertaan, yaitu paling banyak pada 3 grup PLGWA.

Bagikan artikel ini:
Share