Kamera S2 IS Saya Mulai Error

Pindahan dari Multiply

URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/journal/item/74/Kamera_S2_IS_Saya_Mulai_Error

Sejak Mei 2009 lalu kamera saya, Canon PowerShot S2 IS  mulai menunjukkan gejala error yang cukup mengganggu. Sayangnya, untuk menjelaskan jenis gangguannya, saya agak kesulitan mencari kata-kata. Namun, sebaiknya saya coba terangkan daripada tidak curhat sama sekali.
Begini lho. Dalam modus P “program”, kamera saya sering memberikan kecepatan yang lebih tinggi daripada kecepatan normal. Misalnya, seharusnya 1/60 detik, menjadi 1/400 detik. Atau seharusnya 1/320 detik menjadi 1/1000 detik. Akibatnya, gambar yang dihasilkan sering lebih gelap daripada biasanya. Untuk mengatasi error tersebut, akhir-akhir ini saya terpaksa sering menaikkan EV (exposure value) sampai menjadi +2. Luar biasa. Padahal, biasanya saya sangat jarang mengubah kompensasi EV itu.
Kondisi seperti itu terjadi pada semua modus, bukan hanya pada modus P. Pada modus M (manual) misalnya, pada kecepatan (dan diafragma) yang menurut saya pas, indikator EV di kamera saya suka menunjukkan angka +2.

Gimana nih? Adakah yang pernah mengalami hal serupa? Harus diapakan ya? Di mana problem ini bisa diselesaikan? FYI, kamera ini saya beli bulan Maret 2006. Apakah memang sudah waktunya error?
Atas perhatian dan petunjuk dari rekan-rekan saya ucapkan terima kasih.

Bagikan artikel ini:
Share