Kebijakan Antipembajakan

Pindahan dari Multiply

URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/music/item/33/Kebijakan-Anti-Pembajakan

Di mana-mana banyak orang bermain musik
Bermacam-macam itu jenis musik, dari yang pop sampai klasik

Yang bermusik banyak, pendengar musik jauh lebih banyak. Hampir semua orang merupakan penikmat musik. Namun, sayangnya, tidak semua musik tersedia di pasar, terutama musik-musik lama yang mungkin sudah dilupakan oleh perusahaan rekaman atau artisnya sendiri, sementara penggemarnya tetap merindukan kehadirannya. Yang tersebut di bawah ini adalah beberapa contoh produk langka yang hampir mustahil ada di pasar:

  • Versi asli lagu “Bersatulah” dari Soundtrack Film Satria Bergitar;
  • Versi asli lagu “Seni” dari Soundtrack Film Menggapai Matahari II;
  • Versi asli lagu “Perdamaian” dari Nasida Ria Volume 5 di mana pada refrain kedua berbunyi “Bom atom kauledakkan, semua jadi berantakan;”
  • Versi asli lagu “Selamat Hari Lebaran” yang bukan dinyanyikan oleh Gigi.

Berdasarkan kenyataan tersebut, maka patutlah ditetapkan sebuah fatwa bahwa pembajakan atas produk-produk langka tersebut adalah sah. Di sinilah letak manfaat dari Multiply sebagai media pertukaran sumber daya langka. Bukan berarti mempertukarkan musik ilegal, melainkan membantu sesama yang membutuhkan barang yang tidak tersedia di mana-mana. Untuk mendukung ketetapan tersebut, di sini saya sajikan langkah-langkah yang harus Anda tempuh pada saat Anda menemukan lagu yang Anda sukai di Multiply, terutama di situs saya ini:

  1. Jangan men-download lagu sebelum Anda berusaha mencari produk asli ke toko-toko kaset di kota/kabupaten Anda untuk setiap lagu yang akan Anda download.
  2. Cobalah menghubungi data kontak yang ada pada setiap album musik di situs ini untuk menanyakan keberadaan produk asli dari setiap lagu yang akan Anda download.
  3. Silakan download setelah Anda yakin bahwa di kota/kabupaten Anda memang tidak ada lagu tersebut dan Anda tidak punya jalan lagi untuk mendapatkan produk asli.
  4. Jangan berikan salinan hasil download Anda kepada siapa pun, apalagi menjualnya. Persilakan teman Anda untuk men-download melalui situs ini juga apabila membutuhkan.

Melalui situs ini saya mengajak, mari tunjukkan kepedulian kita terhadap penghargaan hak cipta agar para artis bergairah untuk menciptakan karya terbaik demi kemajuan bangsa. Jangan download lagu di Multiply jika Anda tahu bahwa di kota/kabupaten Anda kaset/CD asli lagu tersebut ada.

Bagikan artikel ini:
Share