Ketika Alan Budiman (Pemfitnah) Berkoar di Kompasiana.com

Oleh Edwin Soru

Sumber: http://regional.kompasiana.com/2015/03/24/ketika-alan-budiman-pemfitnah-berkoar-di-kompasianacom-732658.html (sudah putus)

Catatan Ahmad: Tulisan Edwin Soru ini memanggapi tulisan Alan Budiman yang berjudul “Ketika MMM (Penipuan) Beriklan di TV dan Koran” (https://www.kompasiana.com/alanizecson/5529a20bf17e617311d623d8/ketika-mmm-penipuan-beriklan-di-tv-dan-koran)

Ket :  Tulisan Hitam adalah Tulisan Alan Budiman – Tulisan Merah (Capslock) Tulisan Saya (Edwin Soru)

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Pernahkah terlintas di pikiran kita jika suatu saat nanti rental tubuh atau PSK, ISIS atau terorisme dan hal-hal yang selama ini berusaha kita hindari malah beriklan di televisi nasional atau koran-koran cetak Pernahkah terbayang misalnya “bergabunglah bersama kami, ISIS, gaji 200 juta perbulan, hubungi ….” Jujur saja saya mulai khawatir pada akhirnya iklan-iklan tersebut akan benar-benar ada.______INI SANGAT NGAWUR – ANDA PIKIR MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK ITU GOBLOK SEHINGGA SUATU SAAT MEREKA AKN MENGIKLANKAN SESUATU YANG BERTENTANGAN DENGAN NORMA SUSILA DAN NORMA AGAMA ???? JIKA MREKA SKR MELAKUKAN ITU THD MMM ARTINYA MEREKA TAHU BHWA MMM TIDAK MELANGGAR HUKUM APAPUN DI NEGARA INI _ ANDA TAK PERLU KUATIR , IKLAN2 SEPERTI YANG ANDA KATAKAN DI ATAS TIDAK AKAN PERNAH ADA – MUNGKIN ADA , TAPI ITU DALAM MIMPI ANDA .. HEHEHEH🙂

Beberapa hari yang lalu seorang teman menyodorkan koran Jawa Pos cetak yang berisi iklan tentang MMM satu halaman penuh. Luar biasa._____MEMANG LUAR BIASA !!! HANYA MMM YANG MAMPU LAKUKAN INI !!!_____ Bagi anda yang belum tau MMM, saya sudah pernah menuliskannya jauh sebelum media mainstream atau televisi memberitakan bahwa MMM adalah penipuan, MMM Penipuan Baru yang Meresahkan, Saya menulisnya justru saat MMM masih lancar jaya_____TIDAK MENJADI HAL YANG PERLU DIBANGGAKAN APABILA ANDA MENULISNYA SEBELUM ATAU SESUDAHNYA – KARENA MEMANG PEMAHAMAN ANDA SANGAT DANGKAL TERHADAP MMM – JELAS SEKALI TERLIHAT.

Awalnya saya pikir itu hanya akal-akalan leader untuk mendapat posisi tawar yang lebih kuat karena sebelumnya sudah mendapat citra negatif. Sehingga saat mereka presentasi bisa ‘membanggakan’ iklan tersebut dan orang akan lebih mudah percaya. Namun saat saya jelaskan prediksi tersebut, si teman ini malah menjawab bahwa iklan MMM itu bukan sekali dua kali, tapi sudah lebih dari seminggu.____KENAPA ??? KAGET YA ??? MMM PUNYA DANA UNTUK ITU SEHINGGA MAMPU BERIKLAN DI MEDIA MASSA, BUKAN DI MEDIA YANG GRATISAN KAYAK GINI . HEHEHEH 🙂
Mendengar jawaban seperti itu saya menahan diri untuk tidak merespon. Saya rasa masyarakat sudah banyak yang tau dan bahkan pernah merasakan sendiri ditipu oleh MMM_____INI AKAL2AN ANDA SAJA, TIDAK ADA YANG MERASA TERTIPU DENGAN MMM, KARENA SEMUA YANG GABUNG KE MMM SUDAH TAHU RESIKONYA, JIKA ADA YANG BERKATA IA TERTIPU MAKA IA BELUM MEMAHAMI SEJATINYA IDEOLOGI MMM______ Namun semalam saat duduk menonton teve, ada iklan MMM yang diperankan oleh suami istri yang menceritakan kesuksesannya karena MMM. Renovasi rumah dan dapur______MMM MAMPU MELAKUKAN INI !!! SO WHAT GITU LOH … MASALAH BUAT LOE ???.

Pikiran langsung mengarah pada setahun yang lalu saat saya memberanikan diri menuliskan MMM. Ada banyak teman akrab yang mendadak memusuhi karena mereka tau sayalah yang menulis di Kompasiana ini____YAH , KARENA ANDA HANYA MELIHAT MMM DARI LUARNYA, YANG SESUNGGUHNYA ANDA TIDAK TAHU APA2 TENTANG MMM. BISA DIMAKLUMI BAHWA TONG KOSONG BIASANYA NYARING BUNYINYA.

Ancaman dilaporkan ke polisi sudah sering saya dapatkan, baik di Malaysia maupun Indonesia. Belum lagi komentar cacian dan makian di facebook dan kompasiana sudah tak terhitung jumlahnya. Semua itu kian santer saat saya secara gamblang menuliskan bahwa MMM adalah penipuan_____ANDALAH YANG MEMFITNAH DAN MENIPU DENGAN ARTIKEL ANDA INI .
Semua konsekuensi tersebut belakangan memudar karena prediksi saya bahwa MMM akan tutup dalam 6 bulan benar-benar akurat. Malah tak sampai 6 bulan. Saya menulisnya 4 Maret 2014, Juni sudah mulai kolaps. Dan Agustus semua orang sadar bahwa MMM adalah penipuan_____ANDA SALAH KAPRAH DISINI. MMM TIDAK PERNAH TUTUP. BUKTINYA SEMUA MASIH BISA LOGIN , YAH MMM PERNAH MENGALAMI RESTART -. DAN SEMUA PARTISIPAN MMM MENYADARINYA BAHWA TIDAK ADA JAMINAN DALAM MMM. NAMUN SEKARANG MAMPU BANGKIT KEMBALI DAN MEMBAYAR KEMBALI SEMUA DANA YANG DIBEKUKAN WAKTU RESTAR. BAHKAN MEMPUNYAI DANA KHUSUS UNTUK ADVERTISING SEHINGGA MEMBUAT ANDA KEBAKARAN JENGGOT . ANDA TIDAK TAHU HAL INI KAN??? MAKANYA JANGAN ASBUN … BANK PUN AKAN KOLAPS APABILA LEBIH DARI 10% NASABAH MENARIK UANGNYA DALAM 1 WAKTU ..
Banyak rupiah yang hilang, sawah yang terlanjur dijual, rumah yang terlanjur digadaikan jatuh tempo, perkelahian dan kekacauan benar-benar terjadi. Media mainstream berbondong-bondong memberitakan MMM, dari teve, koran cetak dan online semua membahas penipuan ini.____HAHAHA … JIKA ITU TERJADI MAKA MREKA SEBENARNYA TIDAK PAHAM TENTANG IDEOLOGI MMM. SEMUA JELAS SAAT BERGABUNG DI MMM. TIDAK ADA JAMINAN. SEWAKTU2 UANG ANDA AKAN HILANG – SUPAYA ANDA PAHAMI, BHWA SANGAT TIDAK DIANJURKAN MENJUAL SWAH RUMAH ATAUPUN MENGGADAIKAN SESUATU UNTUK BERGABUNG DI MMM. TETAPI GUNAKANLAH UANG YANG BUKAN UANG TERAKHIR DALAM DOMPET .
Namun itu hanya sebentar, benar-benar seperti angin lalu. Dalam sekejap sudah lahir penipuan baru, yakni SSS yang juga sudah saya tuliskan, Setelah (Penipuan) MMM Muncul SSS, Pemerintah dan Media Harus Tanggapi Serius. Setelah itupun mungkin masih banyak penipuan-penipuan baru yang hanya ganti kostum dan nama yang luput dari pantauan saya.____SSS TIDAK PERLU SAYA BAHAS KARENA INI HANYA KLONINGAN MMM YANG TAK BERKUALITAS.
Setahun berlalu, kini MMM muncul lagi. Tak tanggung-tanggung, mereka langsung menyasar koran cetak Jawa Pos, tvone dan globaltv. Sampai tulisan ini dibuat, setidaknya sudah 3 slot saya lihat iklan penipuan MMM ini tayang di tvone pada salah satu program. Saat pindah channel ke globaltv pun tak sengaja kembali disuguhi iklan penipuan ini. Mungkinkah di stasiun teve lain juga ada iklan tersebut? Entahlah.___ MMM BUKAN PENIPUAN, ANDALAH YANG MENIPU DAN MEMFITNAH DENGAN BERKATA MMM PENIPUAN.
Saat MMM beriklan di koran Jawa Pos, saya sudah sedikit bisa mengira-ngira biaya yang mereka keluarkan untuk promosi. Saya pikir logis saja dalam kalkulasi bisnis, sekalipun ini penipuan. Namun saat tayang di televisi nasional, saya jadi mulai curiga kali ini niat mereka lebih kuat dari sebelumnya. Jika satu slot iklan 10 juta saja dengan durasi 30 detik, kita sudah bisa melihat nominal yang lumayan bukan?____HAHAHAHA.. ANDA KAGET BUKAN ???? BIASA AJA LAGEEE…..JUMLAH UNTUK IKLAN ITU SEDIKIT SEKALI TATKALA KAMI SEMUA PARTISIPAN MMM BERSATU DENGAN MENGGUNAKAN UANG KAMI — SEKALI LAGI ITU SANGAT SEDIKIT … KARENA JIKA KAMI BERSAMA KAMI MAMPU LAKUKAN BANYAK HAL. CAMKAN ITU !

Media dan Pemerintah Dalam Tanda Tanya_____AH MASA ????
Belakangan ini sejak derasnya arus informasi, banyak media-media baru (abal-abal) yang menjadi pesaing serius dalam hal mencari uang. Media online berlomba-lomba memburu jumlah hits untuk menaikkan pamornya. Media besar seperti kompas dan seangkatannya sesekali memberitakan berita dengan judul menarik, bahkan tak jarang beritanya pun menurut saya kurang pas atau bukan levelnya kompas. Pernah baca berita tentang lokalisasi terselubung di tempat pariwisata, diberitakan lengkap dengan alamat dan situasi sekitar yang nyaman, jelas sekali nampak seperti kompasianer yang mempromosikan wisata di daerahnya.____TIDAK PENTING UNTUK DIBAHAS.
Namun berita kontroversi semacam itu jarang muncul di kompas, mungkin karena kompas masih ingin mempertahankan kredibelitas dan nama baik yang mereka punya. Berbeda dengan media-media baru yang muncul saat dan pasca pilpres 2014. Media ‘lampu merah’ begitu banyak beredar online, momentum pilpres yang panas dan melibatkan jutaan netizen aktif dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa kalangan untuk mendapat pekerjaan baru. Tak peduli beritanya benar atau salah, bahkan sengaja memberitakan karangan fiksi politik demi mendapat hits dan dilirik netizen. Semua itu bertahan hingga sekarang dengan memanfaatkan pemilih Prabowo yang jumlahnya juga jutaan._____TIDAK PENTING UNTUK DIBAHAS.

Pada situasi seperti sekarang ini, ketara sekali kalau uang sudah berbicara, anda mau apa? Tak pernah terlintas di pikiran saya penipuan MMM akan beriklan di televisi nasional. Benar-benar di luar batas logika saya mengingat sebelum ini media-media tersebutlah yang memberitakan penipuan MMM, lengkap dengan pernyataan OJK. Tapi sekarang mereka seperti sudah lupa, dan malah menerima iklannya.____HEHEHEH ,, DISINI LETAK DANGKALNYA PEMIKIRAN ANDA , MMM BUKANLAH LEMBAGA KEUANGAN SEHINGGA PERLU MENDAPAT IZIN DARI OJK, MMM ADALAH SISTEM KEUANGAN.. SILAHKAN DILIHAT JUMPA PERSNYA DIMANA OJK BERKATA MMM BUKANLAH KEWENANGAN MREKA. MREKA HANYA MENGHIMBAU KEPADA MASYARAKAT AGAR MEMPELAJARI MMM SEBELUM BERGABUNG. U SEE???
Bagaimanapun media tidak sekedar corong informasi. Media juga butuh dana untuk menggaji karyawan dan biaya operasional. Media juga sebagai bisnis atau usaha yang memiliki hitung-hitunga rupiah. Tapi apakah sesederhana “anda bayar, saya beri”?. Andai sesederhana itu, maka saya mungkin akan kembali terhenyak jika nantinya aliansi ‘ayam-ayam kampus’ dan yang lainnya juga akan ikut promosi di televisi.___MEDIA JUGA PUNYA FILTER DALAM MENGINFORMASIKAN SESUATU – DAN MERAKA TENTUNYA MENILAI DAHULU SEBELUM MENGINFORMASIKAN KEPADA MASYARAKAT.JIKA MMM ADALAH PENIPUAN MAKA MEREKA TIDAK MUNGKIN BERANI MELANGGAR ATURAN2 TERSEBUT.____
Agustus 2014 lalu, saat lahir MMM kostum baru saya sudah menuliskan agar pemerintah dan media bertindak serius memerangi penipuan seperti ini. Namun saat itu mungkin karena negeri ini sedang sibuk pemilu, semua partai dan menteri sedang memikirkan kesibukkanya pasca lengser, tulisan saya hanya menjadi angin lalu. Tidak ada tanggapan sedikitpun, bahkan untuk sekedar mengucapkan “saya prihatin”.______HEHEHEHE , ANDA LUCU ,,,, JELAS MMM TIDAK MELANGGR HUKUM SEHINGGA TULISAN ANDA MEMANG SEHARUSNYA MENJADI ANGIN LALU BAGI PEMERINTAH DAN PIHAK2 YANG BERWENANG DALAM HAL INI, DAN SAYAPUN PRIHATIN DENGAN ANDA.
Kini 2015 rencana penipuan ini sepertinya lebih terstruktur dan terencana. Beriklan di media nasional jelas tidak semudah iklan via sosial media seperti yang mereka lakukan sebelumnya. Targetnya pun pasti lebih besar. Pemerintah harus bekerja serius menangani ini jika tidak ingin timbul masalah sosial. Menteri susi asyik meneggelamkan kapal, BI berkutat dengan perlemahan rupiah, Ahok dengan DPRD, Koruptor vs Laoly, Nenek ditudih mencuri kayu dan sebagainya. Tapi tolong menkominfo dan OJK juga bergerak menangani MMM, SSS dan penipuan sejenisnya. Tolong media kembali mengingatkan, jangan baru memberitakan setelah terjadi masalah, jangan baru berkomentar setelah milyaran rupiah masyarakat raib entah ke mana.____XIXIXIXIXI 🙂 ANDA KETINGGALAN INFORMASI YA??? SILAHKAN TANYAKAN KE OJK TENTANG MMM , ASAL ANDA TAHU , PEGAWAI OJK PUN ADA YANG PARTISIPAN MMM LOH ?? KOK BISA? YA BISA DONG, KARENA MEREKA TAHU BAHWA MMM ITU TIDAK MELANGGAR HUKUM DI NEGARA INI . APAKAH SEORANG MELANGGAR HUKUM KETIKA IA DENGAN SADAR DAN RELA MENTRANFER UANGNYA KE ORANG LAIN ??? HEHEHEH 🙂 
Masih banyak masyarakat yang rentan terpedaya dengan penipuan MMM ini. Mereka akan terbius pencitraan karena telah tayang di media nasional, sehingga mungkin akan melupakan kejadian setahun yang lalu. Mereka tidak akan lagi mempermasalahkan legalitas dan sebagainya. Jelas ini potensi besar yang sangat membahayakan di tengah menigkatnya inflasi. Iming-iming cepat kaya pasti akan membutakan nalar dan logika mereka.____MASIH BANYAK JUGA MASYARAKAT YANG TIDAK TAHU APA2 TENTANG MMM TAPI SEOLAH2 TAHU BANYAK TENTANG MMM, TERMASUK ANDA- ANDA IBARAT SEORANG YANG MELIHAT SELUMBAR DI MATA ORANG LAIN NAMUN TAK MAMPU MELIHAT BALOK DI MATA ANDA SENDIRI .
Saya sebagai kompasianer merasa punya tanggung jawab untuk menuliskan ini. Kalaupun tidak bisa mencegah, setidaknya bisa meminimalisir penipuan massal ini berkembang biak. Sudah banyak teman dan tetangga yang bermasalah gara-gara MMM, masihkah kita akan diam saja? Silahkan dicopas dan dishare sebanyak-banyaknya, saya yakin di luar sana ada banyak orang yang butuh disadarkan.____DAN SEBAGAI PARTISIPAN MMM SAYAPUN BERTANGGUNGJWAB UNTUK MENYANGGAH ARTIKEL ANDA YANG TELAH MENGHINA KOMUNITAS KAMI INI . KAMI BUKAN BISNIS, KAMI BUKAN INVENTASI MAKA OJK TAK MAMPU MENGHALANGI KAMI. KAMI HANYALA SEKUMPULAN MANUSIA YANG BERJUANG MENGHANCURKAN SISTEM KEUANGAN YANG TIDAK FAIR SELAMA INI . SISTEM KEUANGAN YANG MEMPERBUDAK KAMI SELAMA BERPULUH PULUH TAHUN … DAN SAAT INI KAMI DIKATAKAN SEBAGAI PENIPUAN . KAMI BERHAK UNTUK MENGKLARIFIKASI HAL INI.
Jika media mainstream sudah bisa dibayar dan pemerintah dari dulu baru bertindak setelah terjadi masalah, mungkin sudah saatnya media sosial melawan, mungkin ini waktunya masyarakat biasa seperti kita bertindak lebih cepat dari pemerintah_____DAN KAMI PUN AKAN BERTINDAK JIKA ADA YANG BERKATA BAHWA MM ADALAH PENIPUAN . MMM MEMILIKI PARTISIPAN2 YANG TAHU HUKUM – POLISI – TENTARA – PENGACARA – JAKSA PUN ADALAH PARTISIPAN MMM. DAN MEREKA SEMUA TIDAK KAN TINGGAL DIAM JIKA 1 SAAT NANTI MMM DICEKAL DARI BUMI INDONESIA .
KAMI TAKKAN PERNAH GENTAR- KARENA KAMI TAHUI DENGAN BERSAMA KAMI MAMPU LAKUKAN BANYAK HAL ..
YAH … MMM BUKAN UNTUK ORANG2 ‘PINTAR: YANG BERPIKIR 1000 X SEBELUM MENGAMBIL 1 LANGKAH MAJU . MMM HANYA UNTUK PARA PEMBERANI DAN PARA DREAMERS YANG BERJUANG UNTUK MENGGAPAI MIMPI ITU DAN MEMBUATNYA MENJADI NYATA.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
EDWIN SORU – M.10.0000 – MMM INDONESIA

Bagikan artikel ini:
Share