Liburan Hemat ke Belitung, Bisa Kok! Ini Tipnya

Pulau Lengkuas

Pulau Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera, tepatnya berada di antara Selat Gaspar dan Selat Karimata.  Pulau ini sempat mencuat namanya ketika menjadi salah satu tempat pembuatan film Laskar Pelangi. Melalui film tersebut, keindahan pulau ini mulai nampak dan mulai diketahui banyak orang.

Hingga kini, pulau yang terkenal akan lada dan hasil tambangnya menjadi salah satu alternatif wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mengapa Belitung menjadi sangat menarik untuk dikunjungi? Karena Belitung memiliki keeksotisan alam yang sungguh memukau. Bahkan, keindahan alam belitung dapat membuat Anda tak lagi mampu berkata-kata. Tidak percaya? Inilah sedikit potret keindahan alam Belitung.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas.
Sumber: belitunginfo.com

Panorama dari mercusuar Pulau Lengkuas.

Panorama dari mercusuar Pulau Lengkuas.
Sumber: belitunginfo.com

Tanjung Klayang

Tanjung Klayang.
Sumber: belitunginfo.com

Sangat menakjubkan bukan? Nah, keindahan alam Belitung ini sayang sekali untuk dilewatkan jika hanya keterbatasan biaya. Jarak untuk ke Pulau Belitung memang cukup jauh, namun bukan berarti tidak bisa backpacker–an ke Belitung bukan? Mau solo trip atau bersama rombongan, selalu ada cara untuk liburan hemat kemari. Penasaran bagaimana cara liburan hemat ke Belitung, simak beberapa tip berikut ini.

Gunakan pesawat terbang

Untuk menuju Pulau Belitung terdapat dua cara, yakni dengan menggunakan jalur darat maupun udara. Tentu sangat melelahkan jika menggunakan jalur darat, terlebih jika Anda berasal dari luar pulau Sumatera. Maka sebaiknya Anda menggunakan jalur udara, selain cepat juga tidak terlalu melelahkan.

Jika Anda ingin mencari rute penerbangan ke Belitung maka jangan mencari bandara dengan kata Belitung, namun carilah bandara Tanjung Pandan. Terdapat beberapa maskapai yang menyediakan rute penerbangan menuju Tanjung Pandan, salah satunya adalah Sriwijaya air.

Pesawat maskapai Sriwijaya Air di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjungpandan-Belitung.

Pesawat maskapai Sriwijaya Air di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan-Belitung.
Sumber: belitunginfo.com

Anda pun dapat memesan tiket pesawat sriwijaya air online dengan sangat mudah, baik melalui online travel agent (OTA) maupun website resmi maskapai. Melalui situs online, Anda tinggal memilih harga terbaik yang paling pas dengan budget yang tersedia. Dengan prinsip hemat, tentunya Anda memilih harga yang paling murah bukan?

Mencari penginapan murah

Banyak penginapan murah yang dapat Anda temukan di Belitung, setidaknya harga penginapan di Belitung lebih murah dibanding Bali dan Lombok. Untuk mencari penginapan dengan harga murah juga sangat mudah, Anda tinggal mengecek di OTA dan mencari penginapan murah yang paling sesuai dengan budget Anda.

Sewa alat transportasi

Ketika di Belitung, Anda perlu menyewa kendaraan, hal ini karena transportasi umum di sini belum cukup memadai. Anda bisa menyewa sebuah motor dengan kisaran harga Rp 60.000 s.d. Rp 100.000 atau mobil dengan kisaran harga Rp 350.000 s.d. Rp 500.000, dan harga tersebut pun masih bisa ditawar lagi. Jika bingung mencari tempat rental kendaraan, Anda bisa meminta bantuan tempat penginapan untuk mencarikannya.

Ketika menyewa kendaraan pastinya akan ditawarkan sopir/guide, namun selama liburan hemat tentunya Anda tidak perlu menggunakan guide, karena menyewa jasa guide akan membutuhkan biaya tambahan. Nah, saat inilah di mana Anda harus memaksimalkan fungsi gadget dengan menggunakan fitur global positioning system (GPS). Jadi, meskipun tanpa guide, Anda tetap bisa menuju tempat wisata.

Sewa kapal dengan patungan

Jika berkunjung ke Belitung, kurang afdal rasanya jika tidak melakukan hopping island (berkunjung ke pulau-pulau yang jaraknya berdekatan). Dalam melakukan hopping island, pastinya Anda perlu menyewa kapal, namun harga sewa kapal cukup mahal, yaitu sekitar Rp 400.000 s.d. Rp 500.000.

Satu kapal dapat dinaiki oleh 10 orang, sehingga jika Anda adalah backpacker solo, maka Anda bisa patungan bersama rombongan lainnya. Atau, jika rombongan Anda kurang dari 10 orang, Anda pun bisa bergabung bersama rombongan lain. Jika patungan, harga kapal akan menjadi cukup murah.

Tidak berlebihan dalam membeli oleh-oleh

Salah satu hal yang banyak cukup banyak menghabiskan budget, selain tiket pesawat dan akomodasi, adalah membeli oleh-oleh. Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali membeli oleh-oleh, namun sebaiknya tidak perlu terlalu berlebihan. Carilah barang yang sekiranya akan berguna, dan harganya tidak terlalu mahal.

Perlu diingat baik-baik bahwa tujuan Anda adalah liburan hemat, bukan wisata belanja. Jadi, Anda jangan sampai “kalap” ketika melihat barang-barang bagus.

Ternyata cukup banyak tip hemat untuk berwisata di Belitung. Selain hemat Anda pun bisa mendapatkan pengalaman yang sangat seru selama berada di pulau ini. So, tunggu apalagi? Ayo ke Belitung!

Bagikan artikel ini:
Share