Mengenal Grup Tipu-tipu di Facebook

Pindahan dari Multiply

URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/journal/item/96/Mengenal-Grup-Tipu-tipu-di-Facebook
Tanggal: 6 Januari 2010

Facebook sebagai situs jejaring sosial terpopuler saat ini telah dimanfaatkan oleh penipu dengan membuat grup yang tidak masuk akal. Salah satu grup tersebut adalah CARA MENGETAHUI SIAPA YG MELIHAT PROFIL FACEBOOK KITA. Anggota grup tersebut sudah mencapai lebih dari 2,5 juta orang.

Lalu, apa sih ciri-ciri grup tipu-tipu? Hampir selalu, grup penipu MEWAJIBKAN member mengundang banyak member lain dengan alasan agar dapat memperoleh manfaat yang dijanjikan grup. Untuk kasus grup yang saya contohkan di atas, Anda akan buktikan bahwa Anda tetap tidak bisa mengetahui orang yang melihat profil Facebook Anda, walaupun sudah mengundang lebih dari seratus teman Anda. Grup seperti ini menjadi seperti surat atau SMS berantai yang tidak memberi manfaat apa pun bagi pengirimnya.
Kewajiban mengundang member lain bagi member baru hanya menghasilkan jumlah member yang berkembang sangat cepat seperti perkembangan deret ukur. Keuntungan bagi pemilik grup adalah memiliki daftar profil Facebook yang sewaktu-waktu bisa dikirimi pesan yang menjerumuskan. Asal tahu saja, admin grup di Facebook (dalam batas jumlah anggota tertentu) mempunyai wewenang untuk mengirim pesan pribadi ke semua member grup. Di samping itu, daftar member masih memungkinkan untuk dimanfaatkan untuk hal-hal negatif di luar dugaan kita.

Sekarang ini sudah menjadi fenomena baru di dunia Facebook, sedikit-sedikit bikin grup. Yang katanya dukung ini, tolak itu. Sebaiknya kita berhati-hati. Sebagian grup di Facebook adalah grup tipu-tipu yang tidak lebih merupakan pengumpul profil Facebook perorangan.

CMIIW.

Bagikan artikel ini:
Share