Mengertilah Keadaan Saya…

Mengingat banyak pihak yang mendesak saya untuk segera meng-update informasi di dalam Homepage Soneta Group (HSG), saya merasa perlu untuk menyampaikan keluh-kesah saya ini.

Cobalah Anda bayangkan seandainya Anda seperti saya, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Semarang, beranak dua, yang kebetulan dikaruniai sedikit ilmu tentang Internet. Segala macam cara saya upayakan untuk mendapatkan koneksi Internet yang semurah-murahnya. Yang saya miliki di rumah cuma seperangkat komputer dan CD-CD software. Jaringan telepon di lingkungan kami belum ada. Maklum, perumahan baru, jauh dari pusat kota. Terpaksa saya memanfaatkan fasilitas Internet di kantor saya. Tidak mungkin saya menggunakan jasa warung Internet (warnet) untuk urusan upload file dan sebagainya karena saya memang tidak memiliki dana khusus untuk pengembangan HSG ini.

Kantor saya (Kanwil Ditjen Anggaran) memang tidak sepenuhnya menggunakan teknologi Internet untuk pertukaran data. Ini berbeda dengan kantor-kantor bawahan kami (KPKN dan Kasipa). Jadi, dapat dibilang sangat beruntung jika saya mendapatkan izin dari atasan saya untuk memakai Internet selama satu jam sehari. Masalahnya, komputer yang dipakai untuk koneksi Internet berada di ruang atasan saya. Saya tidak bisa masuk ruangan kalau atasan sedang menerima tamu. Akibatnya, saya tidak bisa memakai Internet setiap hari. Itu lebih baik, daripada tidak sama sekali, bukan?

Masalah ternyata bukan cuma berhenti di situ. Server gratis Geocities yang selama ini menjadi tempat untuk menampung halaman-halaman HSG ternyata menutup layanan FTP-nya. Ini sangat menyulitkan saya karena halaman HSG mencapai lima ratusan. Syukurlah, setelah berhari-hari mencari tempat yang cocok, sekarang saya telah menemukan penggantinya, Angelfire, yang tidak jauh beda dari Geocities masa lalu. “Rumah” baru ini bisa menampilkan situs web HSG tanpa tampilan banner. Yang ada cuma pop-up yang tidak begitu mengganggu.

Lalu ada juga pengunjung yang meminta saya mewawancarai Rhoma Irama. Wah, ini saya rasakan berlebihan. Harus dengan cara apa saya mewawancaraimya tanpa banyak biaya? Bukankah saya harus ke Jakarta atau paling tidak telepon? Lagipula, melihat orangnya langsung saja saya belum pernah. Saya baru berpikir-pikir untuk mengikuti program Mimpi Kali Yee… di SCTV. Kalau kirim surat ke Rhoma? Ah, percuma saja. Saya sudah tiga kali mengiriminya surat tanpa sedikit pun balasan darinya.

Nah, dengan uraian saya di atas, mudah-mudahan Anda, para penggemar Soneta, memaklumi keterbatasan saya. Saya sangat menganjurkan Anda untuk bergabung dengan mailing list soneta@yahoogroups.com, karena melalui forum inilah saya akan memberi tahu Anda tentang perubahan-perubahan pada HSG. Mari kita berdoa agar Yahoo! tidak menutup atau menarik bayaran terhadap penggunaan mailing list di Yahoo!Groups.

Pranala Luar

Bagikan artikel ini:
Share