Peranan Asam Amino dalam Proses Kehidupan

Copyright by wawang’s Jul ‘2000
mailto: wawno@y…
web site: http://besuccess.isCool.net

Selama ini keberadaan Asam Amino dalam Pupuk Super Bionik (PSBN) sering dipertanyakan. Di lapangan sering muncul, mengapa PSBN dapat dimanfaatkan bukan hanya untuk tanaman saja, tetapi juga untuk hewan dan ikan. Sehubungan dengan itu, maka dalam tulisan ini kami akan memberikan sedikit uraian tentang Asam Amino bagi kehidupan.

Asam Amino mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses kehidupan (tanaman, hewan dan manusia). Ia merupakan sponsor utama dalam proses pembentukan protein. Protein itu sendiri merupakan bagian yang selalu ada pada setiap sel hidup. Gambaran tersebut memberi arti bahwa protein dan asam amino mempunyai peranan yg sangat penting di dalam proses pertumbuhan tanaman, hewan juga manusia.

Tapi sayangnya hewan termasuk ikan tidak dapat memproduksi asam amino itu sendiri. Karenanya pertumbuhan jaringan yang terjadi pada hewan sangat dipengaruhi oleh pasokan asam amino dari luar. Dalam hal ini, asam amino yg ada dalam PSBN dapat dimanfaatkan secara langsung oleh hewan dan ikan.

Asam Amino juga berperan dalam proeses pembentukan enzim. Kita ketahui bahwa enzim sangat berperan dalam proses pemecahan makanan. Semua bahan yang dimakan oleh hewan, termasuk ikan, harus mengalami proses pemecahan ini, diperlukan berbagai macam enzim, karena setiap enzim hanya dapat berperan untuk memecahkan satu jenis makanan saja.

Berbeda dengan hewan, tanaman mempunyai kemampuan berproduksi asam amino sampai pada proses pembentukan protein.

Namun untuk memproduksi asam amino yang ada dalam tanaman diperlukan sejumlah bahan baku yang berupa unsur hara. Unsur hara ini sangat dipengaruhi oleh kehidupan jasad renik (mikroba) yang ada dalam tanah. Jasad renik inilah yang memanfaatkan secara langsung keberadaan asam amino yang ada dalam PSBN. Dalam hal ini Asam Amino berperan sebagai sumber energi bagi jasad renik. Selain itu juga menkondisikan tanah sehingga mikroba yg ada dalam tanah dapat hidup dengan baik. Peranan ini dimiliki oleh asam amino karena ia mempunyai fungsi ganda, dapat bersifat asam dan basa. Kondisi tersebut akan memperlancar proses pengadaan unsur hara lengkap yang ada di dalam tanah.

Beri Komentar

  • Isi saja. Komentar tidak dimoderasi.
  • Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan dan tidak akan disampahi.
  • Hindari memberi alamat halaman web dengan domain .multiply.com. Bila ada, alamat web akan diedit atau dihapus untuk menghindari link putus.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>