Pertanyaan Seputar Pengalaman Kerja Dalam “Assessment” Pejabat

Setelah sekian lama Anda bergabung dalam institusi ini, berikut ini Anda diminta secara detil menjelaskan pemahaman dan menceritakan pengalaman yang Anda miliki (terutama dalam kurun waktu 2 tahun terakhir).

Visi dan misi institusi

Jelaskan Visi dan misi institusi tempat Anda bekerja? Bagaimana Anda mengaplikasikan tujuan organisasi pada tujuan pribadi dan dalam perencanaan sehari-hari? Apa saja yang pernah Anda terapkan di unit kerja Anda?

Kontribusi dalam pencapaian kinerja institusi

Apa kontribusi Anda dalam pencapaian kinerja institusi tempat Anda bekerja? Apakah ada terobosan baru yang Anda berikan untuk menuntaskan permasalahan yang Anda hadapi di pekerjaan? Ceritakan secara detil apa yang Anda lakukan?

Kesulitan yang pernah dialami dalam tugas dan tanggung jawab

Kesulitan-kesulitan atau hambatan apa yang pernah Anda alami dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab Anda? Apa langkah yang Anda ambil dalam memecahkan masalah yang ada dan mengapa Anda mengambil langkah tersebut (apa yang menjadi pertimbangan Anda)? Apa akibat dari tindakan yang Anda ambil tersebut? Bagaimana perasaan Anda?

Masalah yang harus diputuskan secara mandiri

Ceritakan suatu situasi di mana Anda dihadapkan pada suatu masalah yang harus Anda putuskan secara mandiri? Apa yang menjadi bahan pertimbangan Anda? Langkah apa yang Anda lakukan sebelum akhirnya mengambil keputusan tersebut, mengapa? Apakah ada metode tertentu yang Anda gunakan? Sebutkan alasan mengapa Anda memutuskan untuk menggunakan metode itu?

Perubahan di pekerjaan

Perubahan apa yang Anda pernah alami di pekerjaan Anda? Apa yang Anda lakukan dalam menghadapi tuntutan perubahan yang ada tersebut? Apakah alasan Anda melakukan hal tersebut dan apa hasil yang Anda dapatkan? Pada saat itu, apakah Anda berupaya juga untuk mempengaruhi orang di sekitar Anda? Jika ‘iya’, apa upaya Anda saat itu dan apa hasilnya?

Peran strategis DJPBN

Menurut Anda, apa peran strategis dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan jika dibandingkan dengan institusi pemerintahan lain? Sebutkan ‘jenis layanan’ (hasil kerja) yang disediakan oleh DJPBN dan pengaruhnya terhadap institusi lain. Menurut Anda faktor apa yang dapat mempengaruhi kinerja institusi Anda? Dalam kaitannya dengan posisi karir Anda, apa yang sudah Anda lakukan untuk membantu institusi dalam mencapai target yang telah ditetapkan?

Rencana kerja yang pernah dibuat untuk unit kerja

Jelaskan salah satu rencana kerja yang pernah Anda buat untuk unit kerja Anda? Bagaimana cara Anda menyusun rencana kerja? Langkah kerja apa yang Anda prioritaskan? Bagaimana Anda menyusun langkah kerja tersebut? Dengan siapa saja Anda melakukan koordinasi sehingga rencana kerja tersebut dapat terlaksana?

Target kerja pribadi

Dalam menjalankan tugas yang ada, apakah Anda memiliki target kerja pribadi tertentu? Jika ‘iya’, sebutkan contoh kongkretnya? Sebutkan upaya apa yang Anda lakukan untuk dapat memenuhi target Anda tersebut dan apa hasilnya? Pernahkah Anda melakukan suatu hal melebihi standar yang dibutuhkan atau merupakan hal yang menurut Anda kreatif? Ceritakan secara terperinci peristiwanya dan apa yang Anda lakukan saat itu? Seberapa puas Anda terhadap hasil kerja Anda tersebut?

Target kerja institusi untuk Anda

Selama ini, apa yang menjadi target kerja institusi untuk Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada? Berapa % pencapaian kerja Anda? Apa yang Anda lakukan untuk memenuhi target tersebut? Apa hambatan yang Anda alami dan bagaimana mengatasinya?

Standar dan pedoman kerja yang ditetapkan di unit kerja

Apa yang menjadi standar serta pedoman kerja yang ditetapkan di unit kerja Anda? Bagaimana cara Anda untuk menjaga dan memastikan kualitas hasil kerja sudah sesuai dengan standar tersebut? Selama ini berapa besar kesesuaian antara kualitas hasil kerja yang ditampilkan, baik oleh Anda sendiri maupun bawahan Anda, dengan standar kualitas yang diharapkan? Bagaimana tanggapan ‘rekan kerja’ atau pihak terkait lainnya terhadap proses dan hasil kerja yang Anda tampilkan?

Yang dilakukan untuk memudahkan pencapaian hasil kerja dan meningkatkan kualitas proses kerja

Apa yang Anda lakukan untuk memudahkan pencapaian hasil kerja dan meningkatkan kualitas proses kerja yang ada? Jelaskan alasan mengapa Anda melakukan tindakan tersebut?

‘Pelanggan’

Siapa pihak yang menjadi ‘pelanggan’ Anda? Berikan contoh upaya Anda untuk memuaskan ‘pelanggan’ Anda tersebut? Di sisi yang lain, berikan contoh peristiwa di mana Anda mendapat komplain dari pelanggan Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi komplain tersebut?

Tindakan yang bertentangan dengan prinsip yang diyakini

Ceritakan pengalaman ketika ada seseorang yang meminta Anda untuk melakukan sesuatu tindakan yang bertentangan dengan ketentuan/prinsip yang Anda yakini? Tindakan apa saja yang Anda lakukan pada situasi tersebut? Apa yang menjadi latar belakang tindakan? Jelaskan konsekuensi yang Anda terima dari tindakan yang Anda ambil tersebut?

Pengalaman yang tidak menyenangkan dalam pekerjaan

Ceritakan secara detil situasi di mana Anda menemukan pengalaman yang tidak menyenangkan dalam melaksanakan pekerjaan Anda, namun kemudian Anda mampu bertahan bahkan dapat mengatasi permasalahan yang ada? Siapa saja yang terlibat dan apa tindakan Anda saat itu? Jelaskan juga apa konsekuensi dari tindakan Anda tersebut?

Pekerjaan baru yang belum pernah dilakukan

Ceritakan suatu situasi ketika Anda menghadapi pekerjaan baru yang belum pernah Anda lakukan? Tindakan apa saja yang Anda lakukan dan bagaimana hasilnya?

Bekerja dalam tim kerja

Ceritakan suatu pengalaman di mana Anda bekerja dalam suatu kelompok/tim kerja? Kapan hal tersebut terjadi? Jelaskan dengan rinci mengenai peran dan kontribusi yang Anda berikan dalam kelompok tersebut? Apa dampak tindakan yang Anda lakukan terhadap kelompok? Di sisi yang lain, berikan contoh peristiwa di mana Anda mengalami kesulitan dalam bekerja sama? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut dan bagaimana hasilnya?

Mempengaruhi orang lain agar menerima ide

Ceritakan suatu kejadian di mana Anda berusaha untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia menerima ide-ide atau hasil pemikiran Anda tentang suatu permasalahan? Pihak mana saja yang pernah Anda pengaruhi? Apakah cara yang Anda gunakan sama untuk semua ‘audience’?

Usaha agar target kerja atau tujuan kelompok dapat tercapai

Ceritakan secara detil, apa usaha yang sudah Anda lakukan selama ini agar target kerja atau tujuan kelompok dapat tercapai? Kalau Anda memiliki ‘bawahan’, bagaimana cara Anda membagi tugas kepada seluruh anggota kelompok dan apa pertimbangannya? Apakah Anda menetapkan obyektif (target atau sasaran kerja) untuk masing-masing orang? Jika ‘iya’, sebutkan contohnya? Apa saja yang menjadi kesulitan saat mengarahkan anggota kelompok? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut dan apa alasan tindakan Anda? Bagaimana hasilnya?

Upaya untuk membantu seseorang mempelajari dan menguasai materi baru

Terangkan upaya Anda untuk membantu seseorang dalam mempelajari dan menguasai tugas atau materi baru? Bagaimana cara yang biasa Anda pakai dalam memberikan umpan balik terhadap kinerja orang lain? Menurut Anda pelatihan seperti apa yang perlu diberikan untuk mereka dan apa alasan Anda?

Meningkatkan kinerja orang lain atau membuat orang lain memahami tugas dan tanggung jawabnya

Bagaimana cara Anda meningkatkan kinerjanya atau membuat orang lain memahami tugas dan tanggung jawabnya? Apa cara yang Anda gunakan untuk memotivasi orang lain? Pernahkah Anda menggagas kegiatan untuk meningkatkan motivasi kerja kelompok Anda, jelaskan secara rinci?

Budaya kerja di institusi

Menurut Anda, bagaimana sebetulnya budaya/kultur kerja yang ada di institusi Anda? Pihak-pihak mana yang memiliki ‘kekuasaan’ besar dalam pengambilan keputusan meskipun ybs. tidak memiliki wewenang secara formal? Ceritakan suatu situasi di mana budaya organisasi tersebut mempengaruhi pekerjaan Anda? Apa tindakan yang Anda lakukan dan apa dampak dari hal tersebut?

Kegiatan di waktu luang

Apa kegiatan Anda untuk mengisi waktu luang? Apakah Anda memasuki atau aktif dalam kegiatan sosial dan informal di luar institusi Anda? Jika ‘iya’, jelaskan secara detil kegiatan apa yang Anda maksudkan dan mengapa Anda memilih untuk mengikuti kegiatan tersebut? Apa peran Anda dalam kelompok kegiatan tersebut? Apakah Anda pernah menggagas suatu kegiatan untuk memperluas jejaring dengan orang lain di luar institusi Anda? Jika pernah, apa alasan Anda dan bagaimana hal tersebut akhirnya dapat dilaksanakan? Apa hasilnya bagi institusi Anda?

Perbedaan pendapat atau kebutuhan

Ceritakan situasi di mana Anda dihadapkan pada situasi di mana terjadi perbedaan pendapat atau kebutuhan atas suatu persoalan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mendapat kesepakatan dan apa hasilnya?

Konflik antaranggota kelompok

Pernahkah Anda mengetahui adanya ketidakcocokan/konflik antaranggota kelompok? Seperti apa konflik yang terjadi dan apa tindakan yang Anda lakukan? Bagaimana hasil dari tindakan tersebut? Selain itu, jelaskan cara yang biasa Anda gunakan untuk menyelaraskan pendapat seluruh anggota kelompok?

Kesulitan dalam menjalin hubungan

Ceritakan suatu peristiwa saat Anda mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan yang dekat dan terbuka dengan rekan lain di lingkungan sosial maupun di lingkungan kerja? Bagaimana Anda mengatasi hal tersebut dan bagaimana hasilnya?

Saat ditugasi membuat laporan, saran, atau ‘draft’ surat

Saat Anda ditugasi untuk membuat laporan tertulis atau saran atau draft surat-surat, apa saja hal-hal yang menjadi pertimbangan Anda? Apa saja yang biasanya dikoreksi oleh pihak lain terhadap tulisan Anda?

Presentasi

Apakah Anda pernah mendapat tugas untuk melakukan presentasi (misalnya diminta mempresentasikan materi pelatihan yang Anda ikuti atau menyampaikan rencana kerja secara formal, atau hal-hal lain)? Jika ‘pernah’, bagaimana Anda melakukan persiapan dan apa saja yang Anda persiapkan?

Memimpin rapat

Apakah Anda pernah mendapat penugasan untuk memimpin suatu rapat/meeting? Jika ‘pernah’, bagaimana Anda melakukan persiapan dan apa saja yang Anda persiapkan? Kendala apa yang biasanya Anda alami selama memimpin rapat? Bagaimana Anda mengatasi hal tersebut dan apa hasilnya?

Usulan dalam rapat

Apakah Anda pernah memberikan usulan dalam rapat atau ‘meeting’ yang Anda hadiri? Jelaskan secara detil situasi dan usulan apa yang Anda sampaikan saat itu? Bagaimana reaksi peserta rapat yang lain terhadap usulan yang ada kemukakan? Apakah usulan Anda tersebut dapat diterima oleh kelompok? Apa perasaan Anda saat itu?