Sepuluh Kebohongan MLM

Pindahan dari Multiply

URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/journal/item/60/10-Sepuluh-Kebohongan-MLM-Multi-Level-Marketing
Tanggal: 4 Juni 2009

Saya sajikan artikel co-pas ini untuk teman dan keluarga saya, agar dijadikan bahan pertimbangan saat akan bergabung dengan bisnis yang menerapkan sistem pemasaran berjenjang (multilevel marketing/MLM) atau bisnis jaringan lainnya.

Sumber tulisan ini ada. Artikel ini aslinya ditulis oleh Robert L. FitzPatrick.

Kebohongan MLM Ke-1

Kebohongan: MLM adalah bisnis yang menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan banyak uang dibandingkan dengan bisnis lain maupun pekerjaan lain.

Kebenaran: Bagi hampir semua orang yang menanamkan uang, MLM berakhir dengan hilangnya uang. Kurang dari 1% distributor MLM mendapatkan laba dan mereka yang mendapatkan pendapatan seumur hidup dalam bisnis ini persentasenya jauh lebih kecil lagi. Cara pemasaran dan penjualan yang tidak lazim menjadi penyebab utama kegagalan ini. Namun, kalau toh bisnis ini lebih berkelayakan, perhitungan matematis pasti akan membatasi terjadinya peluang sukses tersebut. Tipe struktur bisnis MLM hanya dapat menopang sejumlah kecil pemenang. Jika seseorang memerlukan downline sejumlah 1000 orang agar dia memperoleh pendapatan seumur hidup, maka 1000 orang downline tadi akan memerlukan sejuta orang untuk bisa memperoleh kesempatan yang sama. Jadi, berapa orang yang secara realistis bisa diajak bergabung? Banyak hal yang tampak sebagai pertumbuhan pada kenyataannya adalah pengorbanan distributor baru secara terus-menerus. Uang yang masuk ke kantong elit pemenang berasal dari pendaftaran para pecundang. Dengan tidak adanya batasan jumlah distributor di suatu daerah dan tidak ada evaluasi tentang potensi pasar, sistem ini dari dalamnya sudah tidak stabil.

Kebohongan MLM Ke-2

Kebohongan: Network marketing (pemasaran mengandalkan jaringan) adalah cara baru yang paling populer dan efektif untuk membawa produk ke pasar. Konsumen menyukai membeli produk dengan cara door-to-door MLM.

Kebenaran: Jika anda mengikuti aktivitas andalan MLM berupa penjualan keanggotaan secara terus-menerus dan mengamati hukum dasarnya, yakni penjualan eceran satu-satu ke konsumen, anda akan menemukan sistem penjualan yang tidak produktif dan tidak praktis. Penjualan eceran satu-satu ke konsumen merupakan cara kuno, bukan trend masa depan. Penjualan secara langsung satu-satu ke teman atau saudara menuntut seseorang untuk mengubah kebiasaan belanjanya secara drastis. Seseorang pasti mendapatkan bahwa pilihannya terbatas, kerap kali membayar lebih mahal untuk sebuah produk, membeli dengan tidak nyaman, dan dengan kagok mengadakan transaksi bisnis dengan teman dekat atau saudara. Ketidaklayakan (unfeasibility) penjualan door-to-door inilah yang menjadi alasan kenapa pada kenyataannya MLM merupakan bisnis yang terus-terusan menjual kesempatan menjadi distributor.

Kebohongan MLM Ke-3

Kebohongan: Di suatu saat kelak, semua produk akan dijual dengan model MLM. Para pengecer, mal, katalog, dan sebagian besar pengiklanan akan mati karena MLM.

Kebenaran: Kurang dari 1% dari keseluruhan penjualan dilakukan melalui MLM dan banyak volume dari penjualan ini terjadi karena pembelian oleh para distributor baru yang sebenarnya membayar biaya pendaftaran untuk sebuah bisnis yang selanjutnya akan dia tinggalkan. MLM tidak akan menggantikan cara-cara pemasaran yang sekarang ada. MLM sama sekali tidak bisa menyaingi cara-cara pemasaran yang lain. Namun yang lebihΒ  pasti, MLM melambangkan program investasi baru yang meminjam istilah pemasaran dan produk. Produk MLM yang sesungguhnya adalah keanggotaan (menjadi distributor) yang dijual dengan cara menyesatkan dan membesar-besarkan janji mengenai pendapatan. Orang membeli produk guna menjaga posisinya pada sebuah piramid penjualan.

Pendukung MLM senantiasa menekankan bahwa anda anda dapat menjadi kaya, jika bukan karena usaha keras anda sendiri maka kekayaan itu berasal dari seseorang yang tidak anda kenal yang mungkin akan bergabung dengan downline anda, atau istilah orang MLM “big fish“. Pertumbuhan MLM adalah perwujudan bukan dari nilai tambahnya terhadap ekonomi, konsumen, maupun distributor, namun lebih merupakan perwujudan dari tingginya ketakutan ekonomi dan perasaan tidak aman serta meningkatnya impian untuk menjadi kaya dengan mudah dan cepat. MLM tumbuh dengan cara yang sama dengan tumbuhnya perjudian dan lotere.

Kebohongan MLM Ke-4

Kebohongan: MLM adalah gaya hidup baru yang menawarkan kebahagiaan dan kepuasan. MLM merupakan cara untuk mendapatkan segala kebaikan dalam hidup.

Kebenaran: Daya tarik paling menyolok dari industri MLM sebagaimana yang disampaikan lewat iklan dan presentasi penarikan anggota baru adalah ciri materialismenya. Perusahaan-perusahaan besar Fortune 100 akan tumbang sebagai akibat dari janji-janji kekayaan dan kemewahan yang disodorkan oleh penjaja MLM. Janji-janji ini disajikan sebagai tiket menuju kepuasan diri. Pesona MLM yang berlebihan mengenai kekayaan dan kemewahan bertentangan dengan aspirasi sebagian besar manusia berkaitan dengan karya yang bernilai dan memberikan kepuasan untuk sesuatu yang menjadi bakat dan minatnya. Singkatnya, budaya bisnis MLM membelokkan banyak orang dari nilai-nilai pribadinya dan membelokkan aspirasi seseorang untuk mengekspresikan bakatnya.

Kebohongan MLM Ke-5

Kebohongan: MLM adalah gerakan spiritual.

Kebenaran: Peminjaman konsep spiritual (kerohanian) seperti kesadaran akan kemakmuran dan visualisasi kreatif untuk mengiklankan keanggotaan MLM, penggunaan kata-kata seperti komunitas tertentu; untuk menggambarkan kelompok penjualan, dan klaim bahwa MLM merupakan pelaksanaan prinsip-prinsip Kristiani atau ajaran-ajaran Injili adalah penyesatan besar dari ajaran-ajaran rohani. Mereka yang memusatkan harapan dan impiannya pada kekayaan dalam doa-doanya jelas kehilangan pandangan akan spiritualitas murni sebagaimana yang diajarkan oleh semua agama yang dianut umat manusia. Penyalahgunaan ajaran-ajaran spiritual ini pastilah pertanda bahwa penawaran investasi MLM merupakan penyesatan. Jika sebuah produk dikemas dengan bendera atau agama tertentu, waspadalah! terhadap apa yang ditawarkan oleh organisasi MLM kepada anggota baru semata-mata didasarkan pada belanjanya. Jika pembelanjaan dan pendaftarannya menurun, maka menurun pula komisi dan persaudaraan komunitas tersebut.

Kebohongan MLM Ke-6

Kebohongan: Sukses dalam MLM itu mudah. Teman dan saudara adalah prospek. Mereka yang mencintai dan mendukung anda akan menjadi konsumen anda seumur hidup.

Kebenaran: Komersialisasi ikatan keluarga dan persahabatan yang diperlukan bagi jalannya MLM adalah unsur penghancur dalam masyarakat dan sangat tidak sehat bagi mereka yang terlibat. Mencari keuntungan dengan memanfaatkan ikatan keluarga dan kesetiakawanan sahabat akan menghancurkan jiwa sosial seseorang. Kegiatan MLM menekankan pada hubungan yang mungkin tidak akan bisa mengembalikan pertalian yang didasarkan atas cinta, kesetiaan, dan dukungan. Selain dari sifatnya yang menghancurkan, pengalaman menunjukkan bahwa hanya sedikit sekali orang yang menyukai atau menghargai suasana dirayu oleh teman atau saudara untuk membeli produk.

Kebohongan MLM Ke-7

Kebohongan: Anda dapat melakukan MLM di waktu luang. Sebagai sebuah bisnis, MLM menawarkan fleksibilitas dan kebebasan mengatur waktu. Beberapa jam seminggu dapat menghasilkan tambahan pendapatan yang besar dan dapat berkembang menjadi sangat besar sehingga kita tidak perlu lagi bekerja yang lain.

Kebenaran: Pengalaman puluhan tahun yang melibatkan jutaan manusia telah menunjukkan bahwa mencari uang lewat MLM menuntut pengorbanan waktu yang luar biasa serta ketrampilan dan ketabahan yang tinggi. Selain dari kerja keras dan bakat, MLM juga jelas-jelas menggerogoti lebih banyak wilayah kehidupan pribadi dan lebih banyak waktu. Dalam MLM, semua orang dianggap prospek. Setiap waktu di luar tidur adalah potensi untuk memasarkan. Tidak ada batas untuk tempat, orang, maupun waktu. Akibatnya, tidak ada lagi tempat bebas atau waktu luang begitu seseorang bergabung dengan MLM. Di balik selubung mendapatkan uang secara mandiri dan dilakukan di waktu luang, sistem MLM akhirnya mengendalikan dan mendominasi kehidupan seseorang dan menuntut penyesuaian yang ketat pada program-programnya. Inilah yang menjadi penyebab utama mengapa begitu banyak orang tenggelam begitu dalam dan akhirnya menjadi tergantung sepenuhnya kepada MLM. Mereka menjadi terasing dan meninggalkan cara-cara hubungan yang lain.

Kebohongan MLM Ke-8

Kebohongan: MLM adalah bisnis baru yang positif dan suportif (mendukung) yang memperkuat jiwa manusia dan kebebasan pribadi.

Kebenaran: MLM sebagian besar berjalan karena adanya ketakutan. Cara perekrutan selalu menyebutkan ramalan akan runtuhnya model-model distribusi yang lain, runtuhnya kekokohan ekonomi Amerika, dan sedikitnya kesempatan di bidang lain (profesi atau jasa). Profesi, perdagangan, dan usaha konvensional terus-menerus dikecilkan artinya dan diremehkan karena tidak menjanjikan penghasilan tak terbatas. Menjadi karyawan adalah sama dengan perbudakan bagi mereka yang kalah. MLM dinyatakan sebagai tumpuan terbaik terakhir bagi banyak orang. Pendekatan ini, selain menyesatkan kerapkali juga menimbulkan dampak menurunkan semangat bagi orang yang ingin meraih kesuksesan sesuai visinya sendiri tentang sukses dan kebahagiaan. Sebuah bisnis yang sehat tidak akan menunjukkan keunggulannya dengan menyajikan ramalan-ramalan buruk dan peringatan-peringatan menakutkan.

Kebohongan MLM Ke-9

Kebohongan: MLM merupakan pilihan terbaik untuk memiliki bisnis sendiri dan mendapatkan kemandirian ekonomi yang nyata.

Kebenaran: MLM bukanlah self-employment (usaha mempekerjakan sendiri) yang sejati. Memiliki keanggotaan distributor MLM hanyalah ilusi. Beberapa perusahaan MLM melarang anggotanya memiliki keanggotaan MLM lain. Hampir semua kontrak MLM memungkinkan dilakukannya pemutusan keanggotaan dengan gampang dan cepat. Selain dari putus kontrak, downline dapat diambil alih dengan berbagai alasan. Keikutsertaan dalam MLM menuntut orang untuk meniru model yang ada secara ketat, bukannya kemandirian dan individualitas. Distributor MLM bukanlah pengusaha (entrepreneur), namun hanya pengikut pada sebuah sistem hierarki yang rumit di mana mereka hanya punya sedikit kendali.

Kebohongan MLM Ke-10

Kebohongan: MLM bukan program piramid karena ada produk (barang) yang dijual.

Kebenaran: Penjualan produk sama sekali bukan penangkal bagi MLM untuk lolos dari undang-undang anti-program piramid, juga bukan jawaban atas tuduhan tentang praktek perdagangan yang tidak sehat (unfair) sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang negara bagian maupun federal. MLM bisa menjadi bisnis yang legal jika sudah memenuhi prasyarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh FTC (Federal Trade Commission) dan Jaksa Agung negara bagian. Banyak MLM jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut dan sementara ini tetap beroperasi karena belum ada yang menuntut. Ketentuan pengadilan baru-baru ini menetapkan angka 70% untuk menentukan legalitas MLM. Maksudnya, minimal 70% produk yang dijual MLM harus dibeli oleh konsumen non-distributor. Ketentuan ini tentu saja akan membuat hampir semua MLM masuk kategori melanggar hukum. Para pelaksana MLM terbesar mengakui bahwa mereka hanya menjual 18% produknya ke non-distributor.

Bagikan artikel ini:
Share
  • aa_haq
    bimosaurus wrote on Jun 4, ’09
    beberapa komunitas MLM pernah datang pada saya dan hingga hari ini
    menawari terus.. namun apa yang terjadi? setiap kali ada cpns mereka
    ikut πŸ˜€

    katanya sih aman dengan MLM..kok masih cari cpns.. ternyata ..
    mereka tidak bernani dengan tantangan

    t4mp4h wrote on Jun 4, ’09
    bimosaurus said

    beberapa
    komunitas MLM pernah datang pada saya dan hingga hari ini menawari
    terus.. namun apa yang terjadi? setiap kali ada cpns mereka ikut πŸ˜€

    katanya sih aman dengan MLM..kok masih cari cpns.. ternyata ..
    mereka tidak bernani dengan tantangan

    mirip pengalamanku, banyak jawara MLM ternyata punya kerjaan
    permanen.

    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09
    t4mp4h said

    mirip
    pengalamanku, banyak jawara MLM ternyata punya kerjaan permanen.

    Kalau di Pamulang justru jawara MLM malah mereka yang nggak punya
    pekerjaan (sudah pensiun dari pekerjaan lama) dan sekarang serius
    dibidang itu.
    Hehehe… dan makmur.

    Jadi pingin nyoba tapi kok nggak cocok sama produknya, dadi ya
    wegah.
    πŸ™‚

    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09
    Buat pak Ahmad, trims postingnya, jadi nambah ngelmu.
    Kureblog
    ya… salam
    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09
    bimosaurus said

    katanya
    sih aman dengan MLM..kok masih cari cpns.. ternyata .. mereka tidak
    bernani dengan tantangan

    Kurang Total hanya sekedar sambilan,
    Rata-rata dari yang saya
    tahu mereka akan "sukses" dalam kurun waktu 1-5 sampai 2 tahun.

    ahmadabdulhaq wrote on Jun 4, ’09
    Trims buat yang sudah dan akan comment.

    Saya sendiri tahun
    2002-2005 bergabung dengan MLM Forever Young Indonesia/FYI (no.
    anggota I-700654). Saya bertahan sampai perusahaan MLM tersebut
    bubar. Selama hampir tiga tahunan, saya malah terjerumus menjadi
    spammer di Internet. Sebab, teman saya mensponsori saya melalui
    jalur Internet. Saya mengirim email promosi bisnis ke banyak mailing
    list, mengumpulkan email dengan software Advance Email Extractor,
    bikin email masal pakai aplikasi Mail Bomber, dan berbagai kenakalan
    lainnya yang membuat saya dimusuhi banyak orang di Internet.

    Keuntungan finansial tidak saya dapatkan. Kemungkinan malah saya
    rugi secara finansial karena sering membeli produk yang sangat
    mahal. Suatu hal berharga yang saya dapatkan adalah saya terpacu
    untuk mempelajari script PHP (Pokoke Hebate Pol), meniru situs-situs
    penjaja bisnis MLM.

    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09
    hehehe..
    coba pilih produknya yang masuk akal saja
    FY pernah
    denger, sekarang bubar to.
    Sama dong seperti UFO yang bisa
    diakalin membernya.
    Mungkin juga Tianshi barangkali?
    Kalau CNI
    gimana?
    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09
    maklum baru mau nyoba ikutan suatu product kesehatan
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 4, ’09
    Tulisan saya di atas bukan saya tujukan untuk mematahkan sama sekali
    semangat pebisnis jaringan, juga saya tidak mengharamkannya.
    Bila
    berminat, silakan coba bisnis jaringan. Namun, imbangi impian dengan
    rasio. Bonus/penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis jaringan
    tergantung pada omzet yang ada di jaringan Anda. Jika Anda ingin
    mencapai penghasilan seperti teman Anda di bisnis tersebut, Anda
    harus memiliki jaringan sekuat jaringan teman Anda.
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 4, ’09
    ahmadabdulhaq said

    Tulisan
    saya di atas

    RALAT: Tulisan di ata sbukan tulisan saya, tapi copy-paste saja.

    cahpamulang wrote on Jun 4, ’09, edited on Jun 4, ’09
    cahpamulang said

    maklum
    baru mau nyoba ikutan suatu product kesehatan

    Saya tertarik productnya sih karena kebetulan memang butuh.
    Soal
    networknya ya lihat sikon kalau memungkinkan ya dikembangkan kalau
    nggak ya cukup ndagangin productnya ala MLM (mulut ke mulut).

    saya kebentulan memang rada kurang sreg dengan system MLM
    apalagi yang hanya jual system dengan harga produk yang nggilani.

    hpeace wrote on Jun 4, ’09
    hmm… tfs.
    friewan wrote on Jun 4, ’09
    Pertama kali ditawari pertengahan 2006, entah kenapa feel saya kok
    menolak. setelah itu terus di ‘terror’ dengan teman2 yang udah masuk
    untuk join ke bisnis ini. wah… lagi2 menolak.. setelah dipelajari
    secara mendalam, memang bisnis ini tidak realistis sesuai dgn apa
    yang digembar-gemborkan.
    wulangituloch wrote on Jun 5, ’09
    Semangat pagiiii…
    Saya mau ngajak anda di tim luar biasa saya
    di ORIFLAME!!

    Silahkan buka link saya yaaa.. http://http://www.luarbiasa.biz/?id=woelan

    gambarpacul wrote on Jun 5, ’09
    Luaaar Biaaasaaaa….!
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 5, ’09
    wulangituloch said

    Saya
    mau ngajak anda di tim luar biasa saya di ORIFLAME!!

    Semoga sukses.

    tiasimoet wrote on Jun 5, ’09
    POstIngannya berGuna baNget…
    becreativemom wrote on Jun 5, ’09
    Tetap semangat!!! Gpp kalo yg nulis postingan itu emosi jiwa sama
    MLM tapi saya cinta bener sama MLM Oriflame!
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 5, ’09
    becreativemom said

    Tetap
    semangat!!! Gpp kalo yg nulis postingan itu emosi jiwa sama MLM tapi
    saya cinta bener sama MLM Oriflame!

    Semoga sukses, Mbak. Trims sudah mengomentari halaman saya πŸ™‚

    cahpamulang wrote on Jun 6, ’09
    Oriflame hebat ya? ada info?
    becreativemom wrote on Jun 6, ’09
    @ Cah Pamulang: Oriflame hebat kalau kita ada didalamnya dan bisa
    menikmati prosesnya (maksudnya tetap tegar di bilang sales, pebisnis
    jual mimpi, di hindari teman karena di cap drakula, dsb) semua hal
    negatif akan terkikis saat kita sadar bahwa bisnis ini memiliki
    tujuan baik selama mengikuti aturan main yang berlaku tanpa harus
    investasi gede-gedean, lakukan hal yang masuk akal saja maka akan
    terasa bahwa di bisnis ini mempunyai sisi dimana kita saling
    menyemangati satu sama lain (upline, downline, crossline), rajun
    berguru dengan sang ahli dan tidak pelit ilmu. Maka akan terbentang
    luas makna dari bisnis ini. Jangan lupa bahwa manusia adalah mahluk
    sosial, kita tidak bisa bekerja sendirian. Orang besar akan selalu
    dikelilingi oleh orang-orang hebat disekelilingnya. Hidup adalah
    pilihan, silahkan mau jadi apa. Itu terserah pilihan kita
    masing-masing. Thanks

    Silahkan mampir di:
    http://shintadelmundo.blogspot.com
    http://luarbiasa.biz/?id=shintadelmundo

    cahpamulang wrote on Jun 6, ’09
    becreativemom said

    Silahkan
    mampir di:
    http://shintadelmundo.blogspot.com
    http://luarbiasa.biz/?id=shintadelmundo

    Maturnuwun infonya

    cahpamulang wrote on Jun 6, ’09
    ahmadabdulhaq said

    Saya
    sajikan artikel co-pas ini untuk teman dan keluarga saya, agar
    dijadikan bahan pertimbangan saat akan bergabung dengan MLM atau
    bisnis jaringan lainnya.

    Adakah MLM yang sedikit tidak masuk kriteria diatas pak?

    ahmadabdulhaq wrote on Jun 6, ’09
    cahpamulang said

    Adakah
    MLM yang sedikit tidak masuk kriteria diatas pak?

    Kriteria yang 10 di atas maksudnya? Wah, saya kurang tahu. Mungkin
    memang tidak ada.

    tintin1868 wrote on Jun 6, ’09
    tfs pak.. pengalaman juga, kudu orang yang mental baja yang bisa
    hidup dengan mlm.. juga faktor waktu, momento & keberuntungan..
    sebener ku salut sama mereka.. kita2 yang kurang "ngeh" saja yang
    jadi korbannya..
    ridzal wrote on Jun 7, ’09
    Mas Ahmad, saya justru pgn tau lebih jauh siapa yg menulis itu dan
    apa pekerjaan serta riwayat hidup sang penulis asli …
    Istri ane
    ikutan MLM "Oriflame" dgn berani menolak banyak tawaran pekerjaan
    sbg sekretaris presdir/direktur. Terakhir dia bekerja sbg sekretaris
    direktur perusahaan pakan ternak dari Perancis. Dia bertekad jalanin
    MLM dan sebagai agen freelance suatu perusahaan asuransi … Dan
    baru bbrp lama sdh lumayan besar komisi yg didpt dari 2 pekerjaannya
    itu hasil kerja keras bukan hasil kerja akalΒ²an/curang. So, liat
    dulu apa MLM, bagaimana sistemnya (normal ga/ masuk akal ga), adakah
    unsur penipuannya dan pemaksaan dsb. Dan kalo bisa harga produk yg
    ga mahal tapi biasa/ bisa juga dipakai diri sendiri, so bukan
    membeli krn terpaksa krn mau naikin point dsb …
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 7, ’09
    Soal penulis aslinya, nanti dulu. Pokoknya ada dan bukan saya. Lagi
    saya cari-cari πŸ™‚
    Ini saya kasih link ke halaman yang barus aja
    saya baca.
    http://antibisnismlm.wordpress.com/2008/06/04/ndobos-ala-mlm/
    Cukup menarik. Sekalian aja lihat arsip jurnal di situs tersebut.
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 7, ’09
    Ya, ketemu! Ini dia sumber yang saya yakini cukup pangkal
    dari tulisan di atas:
    http://www.falseprofits.com/MLM%20Lies.html
    Penulisnya bernama
    Robert L. FitzPatrick. (Katanya) dia adalah presiden Pyramid
    Scheme Alert dan penulis buku False Profits (menulis bersama Joyce
    K. Reynolds).
    asniarty wrote on Jun 9, ’09
    MLM itukan sebenarnya falsafah islami, bila bersedekah 1 dapat
    balasan 70 x lipat insya allah

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    dewacint4 wrote on Jun 21, ’09
    saya kok tak pernah berminat ikutan MLM πŸ™‚

    thanks atas share
    tulisannnya Pak
    dc

    juriglagu wrote on Jun 23, ’09
    males… mending warnet, biar kecilΒ²an juga
    ahmadabdulhaq wrote on Jun 23, ’09, edited on Jun 23, ’09
    juriglagu said

    males…
    mending warnet, biar kecilΒ²an juga

    Bisnis Ziddu dan sejenisnya boleh juga. Asalkan jangan terjerumus
    spamming. Rata-rata pebisnis jaringan, terutama yang memanfaatkan
    tool Internet, punya track record buruk di Internet. Mereka nyampah
    di mana-mana: Milis, bom email, guestbook, posting OOT di grup, dan
    sebagainya.

    ahmadabdulhaq wrote on Jun 23, ’09
    ridzal said

    Istri
    ane ikutan MLM "Oriflame"

    Selamat atas kesuksesan Ny. Ridzal. Sebuah prestasi bagus yang bisa
    diraih oleh sedikit pebisnis jaringan. Satu hal yang pasti,
    penghasilan kita di bisnis jaringan tergantung pada omzet pada
    jaringan kita. Kalau kita tidak punya downline, kita pasti sulit
    meraih omzet jaringan yang besar. Merekrut banyak downline bukan
    perkara yang mudah. Perlu sinergi dan kerja keras.

    laptopmini wrote on Jun 23, ’09
    Saya pernah ikut… Susah. Tapi dibilang rugi juga engga’.
    Cuma
    nyaranin aja ke temen-temen, jangan langsung terpesona dengan
    tawaran-tawaran mereka, diteliti dulu. Saya banyak mengorek
    informasi perusahaan sebelum akhirnya join ke mereka.

    TFS pak…

    becreativemom wrote on Jun 24, ’09
    @Lapotopmini: Anda benar sekali!! Sebelum masuk ke sebuah bisnis
    pelajari dulu 4P : Perusahaan, Produk, Plan, dan People nya…banyak
    hal di pelajari disini, bukan hanya uang tapi pengembangan potensi
    diri. Jadi kalo ada yang iming2 dapet kapal pesiar, rumah mewah, dll
    itu hanya hasil sebagian dari kerja keras. Yang utama di bisnis MLM
    adalah perjuangan, hubungan antar manusia, dan tabungan di akhirat
    karena telah mengupayakan sebuah kesuksesan bagi begitu banyak
    orang. Hidup berguna dunia akhirat. Amin.
    dictuz wrote on Jun 29, ’09
    saya termasuk yg g minat dg MLM.
    Click here http://tinyurl.com/lhshr8
    find out how to make $250 to $873 working with Twitter at home.
    sdedi wrote on Jul 27, ’09
    sebenarnya klo menurut saya program mlm itu bagus, cuma karena kita
    bukan jiwa bisnis sejati, jadi jalaninnya setengah2, ya contohnya
    seperti saya ini……… pernah ikut CNI, UFO, dll.
    apriyos wrote on Jul 31, ’09
    rayuan bahwa MLM bisa dilakukan diwaktu luang adalah BOHONG BESAR,
    saya sudah mengalami sendiri dan saya melihat kerabat dan teman2
    saya yang terjun dalam MLM, waktu utama mereka buat keluarga
    ternyata menjadi waktu utama buat MLM yang belum tentu memberikan
    hasil, apalagi di Jakarta dengan kemacetan yang tidak dapat
    diprediksi. Prospek yang menjanjikan dan di follow up dengan
    mengorbankan waktu utama buat keluarga ternyata tidak memberikan
    hasil seperti yang diinginkan… mendingan bikin usaha yang jelas2
    saja dan yang laku dipasaran dengan harga yang terjangkau… bukan
    dengan khayalan menjadi kaya jika si prospek mau jadi downline
    nya…
    prudentialjakarta wrote on Aug 28, ’09
    Secara pribadi saya juga sangat tidak suka dengan MLM. tetapi skg
    keliatannya sudah banyak bisnis yg menuju ke Jaringan… Contohnya
    Bank… Pertama pihak bank menawarkan Kartu Kredit… stlh kita
    punya KK dan pembayarannya OK maka pihak bank akan menawarkan point
    dan hadiah reward bagi kita kalau kita mengenalkan atau
    mereferensikan teman,saudra atau relasi… Menurut teman2 apakah ini
    termasuk jaringan ???
    spaawetmuda wrote on Oct 4, ’09
    Hmm… sepertinya penulis 10 kebohongan mlm merupakan korban money
    game atau mlm abal-abal. Bukan mlm asli.
    spaawetmuda wrote on Oct 5, ’09
    Dikutip dari Buku MLM & Penggandaan Uang, Andrias Harefa

    Dr.
    K. Bertens mengatakan bahwa tidak semuanya yg bisa dilakukan untuk
    mengejar tujuan ekonomis perusahaan (mencari keuntungan) boleh
    dilakukan. Ia juga menegaska bahwa bisnis yg baik tidak sj harus
    menguntungkan dan seusai dgn norma hukum, tetapi juga harus baik
    secar moral. Tapi bagaimana menilai suatu perbuatan sebagai baik
    secara moral. Bertens mengusulkan tiga tolok ukur, yakti; hati
    nurani, Kaidah Emas dan penilaian masyarakat umum.

    Hati Nurani, mrpkn tolok ukur subyektif. Hanya bila hati nuran
    ini tdk tersesat, tidak dibutakan, tidak mati suri, maka ia dpt
    berfungsi normal. Hati nurani yg terpolusi malah bisa membuat org
    melakukan kejahatan atas nama hari nurani. Itulah sebabnya seorang
    mafia Al Capone, dapat membunuh org tanpa berpikir kedua kalinya,
    merasa tdk mengerti mengapa ia harus ditangkap dan diadili. Ia
    justru merasa berjasa bagi Amerika karena membayar pajak dan
    memperkerjakan byk org dalam organisasi kriminalnya.
    Hal yg sama
    jg mgkn terjadi pada kasus Yoshihiro dan UBS (sekarang mgkn sdh
    berkembang dgn merk dan tipu2an marketing plan yg lebih canggih
    lagi, Red). Petinggi Yoshirio dan UBS mgkn tdk mengerti mengapa
    bisnis yg prospektif di tengah krisis di Indonesia ini bisa disebut
    sbg praktek bisnis haram, penipuan dan perjudian (money game).
    Ketidak mampuan mereka utk megerti menunjukan potensi ketersesatan
    hati.

    Kaidah Emas, perlakukanlah org lain sebagaimana anda ingin
    memperlakukan anda sendiri. Dalam kasus Yoshihiro dan UBS, apakah
    para petingginya bersedia membeli dgn harga mahal produk2 seperti
    Eye Golden Gel, parfum yang ternyata hanya berisi Air. Apakah mereka
    bersedia membeli produk IMPORT yg ternyata hy di produksi di
    Tangerang dan di sebuah ruko di Jalan Hayam Wuruk? Apakah mereka
    bersedia di rekrut dan membayar sejumlah uang pendaftaran yg besar
    tanpa kepasatian mutu produk dan jaminan uang kembali? Apakah mereka
    sendiri tdk merasa ditipu dan dicurangi setelah direkrut terbukti
    sistem binari tidak mendatangkan keuntungan bg mereka?

    Penilaian masyarakat umum, masyarakat umum disini hrslah dalam
    arti yg seluas-luasnya, dan bkn segerombolan org yg punya
    kepentingan pribadi seperti para anggota yg tlh mendapatkan bonus.
    Tolok ukur inimenuntut transparansi bahwa sebuah bisnis blh diaudit
    secara sosial, dibeberkan dan dianalisis secara terbuka oleh para
    pakar hukum, pakar ekonomi, pakar etika, pakar mlm dsb.

    ahmadabdulhaq wrote on Oct 5, ’09
    spaawetmuda said

    Dikutip
    dari Buku MLM & Penggandaan Uang, Andrias Harefa

    Makasih atas masukannya πŸ™‚

    produksynergy wrote on Oct 6, ’09, edited on Oct 6, ’09
    Terimakasih atas sharingnya pak…

    Saya sebelumnya juga
    termasuk orang yang gak berminat sama bisnis jaringan atau MLM, tapi
    kebetulan saya punya temen karib yang sudah sering gonta-ganti jenis
    bisnis MLM. Berkali-kali temen saya menawari bisnis MLM tersebut
    tapi saya tak bergeming, tapi alhamdulillah sampai sekarang hubungan
    pertemanan kami tetap baik.

    Tapi dari pertemanan dengan teman ini , saya dapat pengetahuan
    yang lumayan banyak mengenai beberapa jenis sistem β€˜bisnis plan’ MLM
    yang dia ikuti (secara dia slalu presentasi ke saya setiap join MLM
    baru), walaupun akhirnya temen saya β€˜give up’ bin menyerah juga dan
    memilih meninggalkan bisnis jaringannya..

    Ada beberapa hal menarik yg ingin saya share disini, berdasarkan
    pengalaman saya mempelajari beberapa jenis bisnis sistem
    jaringan/MLM yang pernah teman saya ikuti :

    1. Tidak semua sistem bisnis jaringan/MLM buruk, menipu atau gak
    realistis. Saya setuju bahwa kita harus mempelajari dengan sangat
    teliti dan detail setiap ada tawaran peluang bisnis jaringan/MLM
    yang menghampiri kita, karena seperti halnya peluang bisnis lain,
    ada resiko yang akan selalu kita hadapi, nah untuk bisnis jaringan
    ini buat saya resiko pertama yang akan kita tanggung bila tidak
    teliti dan detail adalah kita akan terjebak kedalam bisnis yang
    seakan-akan bisnis jaringan tapi sebenarnya adalah money game (jadi
    hanya berkedok bisnis jaringan).

    2. Saya pribadi menggunakan 5 kriteria untuk menilai bisnis
    jaringan itu apakah bagus atau tidak, yaitu : Perusahaan, Produk,
    system kompensasi, support system, timing.

    3. Dari 5 kriteria diatas, saya lebih menempatkan perusahaan dan
    produk sebagai prioritas utama, dengan pertimbangan track record dan
    pengalaman perusahaan sangat penting, apakah perusahaannya
    benar-benar ada atau fiktif dan apakah termasuk perusahaan bonafid
    atau tidak. Kemudian produk juga gak kalah penting, pastikan produk
    itu telah memiliki sertifikasi nasional maupun internasional yg
    dibuktikan dengan penghargaan maupun sertifikat yang dikeluarkan
    oleh badan yang berwenang. Untuk urusan produk ini, terus terang
    saya pribadi memasang persyaratan tinggi yaitu "adakah garansi
    kepuasan uang kembali 100%..?!"

    4. Dalam setiap bisnis apapun jenisnya akan selalu ada pihak
    yang diuntungkan, misalnya anda jual bakso dengan cara yg benar dan
    baik, anda akan menguntungkan pembeli anda karena mereka bisa
    menikmati bakso yang enak. Anda juga menguntungkan pedagang daging
    karena anda jadi langganan mereka. Bekerja juga demikian, anda pasti
    diwajibkan menguntungkan atasan/perusahaan anda, kalau tidak, anda
    pasti dipecat. Dalam bisnis jaringan juga demikian, upline anda
    pasti diuntungkan dengan adanya anda sebagai downline. Tapi, buat
    saya idealnya harus saling menguntungkan antara upline dan downline,
    jadi silahkan pelajari marketing plan bisnis jaringan yang akan anda
    ikuti.

    Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat..

    ahmadabdulhaq wrote on Oct 6, ’09
    produksynergy said

    Demikian
    sharing dari saya, semoga bermanfaat..

    Sangat bermanfaat. Setiap opini memang perlu pengimbang. Makasih,
    Mbak Emil πŸ™‚

    anotherorion wrote on Dec 3, ’09
    hemat saya ga usah ikutan bisnis MLM tp klopun ingin berharap pundi2
    uang yang dalam bisnis MLM jadilah pelopornya, pucuk pimpinannya,
    rata2 internet marketer sukses adalah mereka yang menjadi
    creatornya, misal joko susilo/anne ahira. Klo kita ingin sesukses
    mereka ya buatlah produk baru lalu juallah secara MLM bukan ikut
    jadi downline
    kakroni wrote on Dec 7, ’09
    Bisnis MLM merupakan pilihan dari sekian banyak metode bisnis. dan
    jangan pula mengandalkan penghasilan dari bisnis MLM. dapat duit
    dari bisnis jaringan segera investasikan ke kebun.
    sukses luar
    biasa cerdas untuk anda
    surya23 wrote on Jan 7, ’10
    Terima kasih link-nya di multiply saya Pak πŸ™‚
    ahmadabdulhaq wrote on Jan 7, ’10
    surya23 said

    Terima
    kasih link-nya di multiply saya Pak πŸ™‚

    Makasih kembali πŸ™‚

    palbisnis wrote on Mar 2, ’10
    Terima kasih pak atas masukkannya. Saya jadi makin yakin bahwa
    multilevel memang bukan untuk semua orang. Multilevel hanya untuk
    yang senang membangun jaringan.
    dheovan wrote on Jun 7, ’10
    saya ada referensi teman2,juga bagi penulis..
    ini url nya :
    http://www.dheo.gpnteam.com/

    MOHON DIBACA SAMPAI SELESAI,karena ini ada solusi dari 10
    kebohongan MLM di atas…
    saya menjamin keamanan privacy anda di
    web tersebut..

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    nasrulpbi wrote on Nov 19, ’10
    di kota saya juga pernah dulu ada mlm bernama UBS yang pusatnya di
    grogol, Jakarta. sekarang sudah tidah tau rimbanya dan para
    membernya sekarang sudah kayak ayam kehilangan induk saja, termasuk
    saya, nyesel juga ikut gabung sich,,paling bisa cuma nyalahin upline
    yang dulu ngasih janji2 manis.
    wongantik wrote on Dec 20, ’10
    Salam kenal dari WONGANTIK Indonesia
    silahkan berkunjung ke
    tempat ku

    banyak barang antik dan unik
    silahkan juga klik :
    http://wongantiklamp.multiply.com
    ahmadabdulhaq wrote on Apr 14, ’11
    dheovan said

    http://www.dheo.gpnteam.com/

    Bayar dulu domainnya ;))

    dyneesupardjoroo wrote on Dec 9, ’11
    Aq terlanjur ilfill ama yg namanya MLM,emang dari sekian banyak yang
    buruk..pasti ada yg baik.tapi sepertinya hampir mustahil.Apa harus
    terjebak berkali-kali demi mencari MLM yg bener?..Haah bener buang2
    waktu.mending Bisnis OL yg biasa aja…dimana Rugi dan Untungnya
    jelas.meskipun bukan berarti terbebas dari bahaya penipuan..but at
    least tidak serugi ikut MLM,udah korban waktu,korban uang,korban
    HARGA DIRI..merayu orang untuk membeli/jadi downline.seperti
    mengemis….ah ogah deh tetep kerja kantoran lebih OK.Seminar terus
    (sok penting!!! jijik sendiri gw),Terlalu muluk2 dan sepertinya
    hampir semua yang disampaikan terdengar HOAX. Mungkin orang
    mempunyai presepsi macam2.tapi pendapat saya tetep.."MLM is not my
    Choice".dan banyak ruginya dari pada untungnya…Males!!
    dyneesupardjoroo wrote on Dec 9, ’11
    cahpamulang said

    Saya
    tertarik productnya sih karena kebetulan memang butuh.
    Soal
    networknya ya lihat sikon kalau memungkinkan ya dikembangkan kalau
    nggak ya cukup ndagangin productnya ala MLM (mulut ke mulut).

    saya kebentulan memang rada kurang sreg dengan system MLM
    apalagi yang hanya jual system dengan harga produk yang nggilani.

    Qeqeqe,,aq loh mas pernah terpaksa ikut Oriflame gara-gara risih
    dikutin terus ampe ke rumah ..nawarin sambil colek2
    lg.Hiyaaah!!..jadi Ilfill double.Besoknya dia dateng lagi sambil
    ngajak Managernya(manager2an Oriflame)..mo ngajakin hadir
    seminar.Karena awalnya udah illfill ya tentu aja saya tolak..

    dyneesupardjoroo wrote on Dec 9, ’11
    tintin1868 said

    tfs
    pak.. pengalaman juga, kudu orang yang mental baja yang bisa hidup
    dengan mlm.. juga faktor waktu, momento & keberuntungan.. sebener ku
    salut sama mereka.. kita2 yang kurang "ngeh" saja yang jadi
    korbannya..

    Ya aq juga salut!!Kudu punya modal tekad,Muka tebal, dan waktu yang
    banyak.dan itu tidak mudah….

    maroo666 wrote on Feb 6
    Yaa kalo mao berbisnis model apapun mesti usaha keras, modal, dan
    rekan/pelanggan

    Kalo ga mau yaa jd kuli kantoran aja:p
    agust23 wrote on Jun 27
    Pak Haq maaf sblmnya_ saya sudah bnyak telaah bisnis MLM,dan saya
    menemukan satu MLM ini mungkin sebagai terobosan terbaru di multi
    level marketing
    Melia Nature Indonesia namanya.setelah sy
    bandingkan dng yang lain yg ini lebih unggul.
    coba di cari dan
    liat perbedaannya dgn MLM yang laen stelah itu di liat
    kebohongannya_stelah itu layak apa enggak di krjkn.mksi
    lnvv wrote on Jun 27
    Untuk MLM atau usaha apapun itu harus teliti, punya jiwa besar dan
    mau usaha keras. Rata2 kebanyakan orang belum melakukan apa2
    langsung nyerah.
    Saya juga bolak balik gagal ikutan MLM. Setelah
    di analisa ternyata kurang teliti dan malas.Pengennya dapet uang
    banyak dan ga mau kerja keras. Tapi sekarang saya coba lagi dengan
    kerja keras…
    So, untuk yang mau minat di MLM, kantoran dan
    tukang apapun itu teruskanlah bersemangat. Karena ga pernah saya
    dengar orang yang mau kerja keras itu gagal.

  • yoel

    KARENA ITU AGAR KITA TIDAK TERT[PU DENGAN BANYAKNYA MLM,KITA HARUS CERDAS DIDALAM MENULUSURI PROGRAMNYA.DAN KALO SAYA AMATI MLM MELIA NUTRISE,PROGRAMNYA CUKUP BAGUS,SIAPA MAU GABUNG?

    • aa_haq

      yoel,

      Terima kasih sudah berkomentar di artikel ini.

  • Tika

    Sebenarnya MLM itu sama seperti bisnis yang lain. Dagang konvensionalpun kalo ingin sukses juga harus kerja keras, kerja cerdas, dan pasti melewati berbagai fase kegagalan.

    Saran saya sih, jangan terlalu buta mata dengan penawaran MLM. Maksud saya buta disini adalah buta tidak mau menerima ataupun buta menutup mata seolah-olah MLM yang terbaik. MLM hanyalah salah satu cara mencari nafkah. Jadi tetap ikuti pakem dan aturan dalam berdagang yang jujur. Bagi umat muslim, bisa mengacu pada fatwa MUI tentang MLM untuk mengetahui hukum sebuah MLM. Dan ini tidak bisa disamaratakan. Tidak semua MLM sama. Jadikan fatwa MUI sebagai pegangan. Jika sudah terjun di MLM, lakukan dengan niat yang lurus, yaitu sebagai sarana mencari rizki dan ibadah, bukan yang lain. Insyaallah dari situ kita akan bisa memfilter, mana yang boleh kita ikuti, dan mana yang kebablasan.

    Yang bekerja kebablasan bukan cuma di MLM lho, pebisnis maupun karyawan juga banyak yang bekerja kebablasan, hingga meninggalkan keluarga, atau mencari rizki dengan cara tidak halal.

    Jadi jangan salahkan MLM-nya, tapi cermatlah melihat keadaan dan selalu kembalikan semua pada aturan, baik aturan agama maupun aturan negara.

    So, tetap cerdas menjalani hidup ya, jangan mudah menghakimi. Piss!

    Tika
    http://solusisehatkeluarga.multiply.com/

  • Saya sepakat dengan pemaparan point-point kebenarannya. Buku-bukunya Andreas Harefa, kaset2nya James Gwee, juga kaset-kaset dari NetworkTwentyOne juga senafas dg yg disampaikan Mas Ahmad.

    Citra MLM jadi jelek ya kebanyakan gara-gara banyak yg trauma dg MLM – MLM jadi-jadian, yg orientasinya ke ponzi scheme.

    • ABCDEFGH

      Keren nih komennya mas Iwawn Yulianto. Intinya multilevel tuh kan yaa cuma memperpendek jalur distribusi dari pabrik ke konsumen, tapi melalui distributor aja sebenernya.
      Orang indonesia kan kalo trauma akut banget, susah d bilangin sekalinya trauma.

  • Kalo sifatnya full gratis bagaimana? Jadi disini Saya ada ikut tapi via online dari GajiGratis.com Anda tahu? Baru sih tapi kenapa tidak dicoba lawong gratis… untuk jenis MLM yang lain dengan proses kerjanya diharuskan membeli produk lewat itu mah sudah tobat. hehe

  • zebua

    apapun bisnis yang kita jalani tidak ada yang instan semua ada proses begitu juga dgn bisnis MLM.saya orang yang paling setuju sistem kerja MLM>karena siapa yang kerja dia yang dapatkan hasil .klu ada yg pernah gagal di MLM intropeksi diri anda jangan cuma jadi seorang PECUNDANGGGG.saya seorang ibu rumah tangga tapi saya mampu memberi nafkah dan sekolah yang terbaik di kota saya dengan bisnis MLM.www.justfiori.com.SALAM SUCSES……………….

  • Sekilas tentang MLM menurut saya:
    Upline kita kena tipu, kemudian menipu ANDA (downline) trus ANDA cari downline untuk ditipu, maka
    jadilah kayak lagunya bang iwan: sesama penipu saling menipu, tidak menipu akhirnya kena tipu

    Emang bisa hidup seperti ini….?

    • jimonmandiri,

      Maaf, komentar Anda terlambat tampil, karena terkena saringan antispam oleh “Akismet WordPress”.
      Saran saya, lain kali kalau berkomentar di blog lain, jangan terlalu banyak memberikan link di komentar.
      Kalau di blog saya, terserah, asal jangan link ke Multiply yang zalim itu.
      πŸ™‚

  • info yang sangat bagus…

    teman2 mau cari bisnis haruslah hati-hati, kalo yang aman hanya di melia sehat sejahtera, kunjungi di http://www.setya-dini.blogspot.com

    hub.i 085793172339 (dodi setianto)

  • Saya hanya ingin berbagi :
    1 Kebohongan: MLM adalah bisnis yang menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan banyak uang dibandingkan dengan bisnis lain maupun pekerjaan lain.
    Jawaban : Ini Mutlak benar karena di MLM(murni MLM bukan MOney Game)kita sebagai pemilik bisnis bukan pekerja. Jika pekerja maka anda akan dibayar sesuai dengan gaji pokok (dibatasi)walaupun anda bekerja sangat giat anda tidak akan pernah melebihi pendapatan atasan anda di perusahaan tempat anda bekerja anda hanya akan mendapatkan bonus jika anda mencapai target yang diberikan. Sedangkan Di MLM anda adalah pebisnis bukan pekerja so pendapatan anda di tentukan seberapa besar kinerja anda alias.. Besaran Pendapatan Semaunya… Kerja Semaunya.. anda bisa istirahat kapan saja.. tanpa takut di marah atasan anda…

    2. Network marketing (pemasaran mengandalkan jaringan) adalah cara baru yang paling populer dan efektif untuk membawa produk ke pasar. Konsumen menyukai membeli produk dengan cara door-to-door MLM.

    Jawaban: Penulis tidak mengerti sistem MLM sebenarnya menurut saya… MLM ibarat (anda berobat ke seorang dokter dan anda merasa nyaman berobat pada dokter tersebut akhirnya anda merekomendasikan teman, tetangga, masyarakat untuk berobat ke dokter tersebut) so bukan jualan produk door to door mas… yang di jual adalah informasi.. tp saya jadi semakin percaya di dunia apapun (bisnis, pekerjaan, olahraga) komentatorlah yang paling hebat.. bisa mengoreksi tp tidak bisa melakukan.

    segini dulu aja..

    • Ina

      Yes.. Betul itu pak.. Saya setuju dengan pendapat Bapak.. Kalo memang belum paham benar tentang bagaimana Kerja MLM jangan terus koar koar tentang keburukannya dulu… Ok..! Be positivive thingking Always..

    • gelas Kosong

      Setuju pak..
      mungkin Robert L. FitzPatrick ini menerangkan konsep MLM jadi-jadian …bukan MLM
      MLM sebenarnya..

  • @Bapak dodi,
    @Bapak Misbachul ulum,
    Terima kasih banyak sudah berkomengtar di sini, semoga sukses bisnis Anda πŸ™‚

  • antimlm

    cara kerja mlm itu seperti piramid dan lintah. yg dipuncak itu nyedot darah orang-orang yg ada dibawahnya!

    • gelas Kosong

      itu money game.sekarang marak bisnis money game berkedok MLM..

  • Jaringan hanya memperkuat saja. perusahaan alfamart, indomart, sepatu sandal bata, baju alisan, rokok, dst. semua perusahaan besar tersebut pakai jaringan. darinya mereka bisa jadi besar.
    SELAMA kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan itu baik. dan hukum dasar dari jual beli khan saling ridho, right?

    • widhia

      alfamart?? indomart??? itu kan distributor. kagak ngejar penjualan. aneh nih nyama2in alfamart dengan mlm.

      bata? lah pan produksi sendiri, dijual sendiri. gak pake rekrut2 org buat beli barang2nya, apalagi ngasi iming2 mobil dll. wkkwkw lol

      peaceee yah :))

  • Riska

    Super pak! Akur! Saya korban MLM seperti yang tersebut diatas.. Memang benar seperti lintah,menawarkan omset yang “wow”,memaksa diri mencari downline sampai ke lobang cacing,memperalat orang miskin,mahasiswa bokek dengan iming-iming sukses instan.. Banyak yang tidak sadar,lalu terperosok ke dalam bisnis ini,bencana bagi orang yang butuh uang karena pd akhirnya harus memaksa orang lain untuk membantu memenuhi target order minimum.. Duh gusti. . . :'( Jempol buat tulisan nya pak πŸ™‚

    • Ina

      betul banget tuh…
      lebih baik kerjain sesuatu yang real aja,,daripada berkhayal teruss…

    • Sandy

      Super setuju!

  • @Riska,
    Makasih buat jempolnya, Mbak Riska πŸ™‚

  • masdar

    pak ustad Yusuf Mansyur saja ngembangi bisnis mlm…coba cek di wisatata hati.net…menurut saya gak semua mlm jelek, sebagaimana gak semua mlm baik, jadi kalau mau putuskan gabung dgn mlm ya sebaiknya pelajari dulu yg mendalem,…sesuaikan dgn kondisi kira kira bisa menjalani atau membayar harga perjuangannya apa gak,…kalau saya cermati rata-rata yg gagal karena terburu nafsu….tergiur pada iming iming bonus besar…sehingga sebagai akibatnya penyesalan…intinya mah bisnis apapun ada kemungkinan untung sekaligus kemungkinan rugi…. dan yang lebih penting sebelum memutuskan sesuatu kalau memang ada keraguan mintalah petunjukkan pada Allah swt…apakah usaha yg mau dijalankan ini akan membawa berkah atau kebaikan atau sebaliknya…

  • Ina

    saran saya sih,,
    lebih percaya ke pekerjaan yang real,,yang pasti ngasi upah/gaji…
    karena menurut pengalaman saya & bapak saya yg pernah join MLM,,ternyata memang perlu waktu ‘ekstra’ buat ngerjainnya (alias gak bisa sambilan)..
    ini cuma masukan dari saya & bapak saya yg pernah join MLM…
    thx..

  • agung iskandar gultoma

    aku mau nyari rejeki yg normal-normal aja,
    untuk apa banyak rejeki,orang yg rugi..

    sama saja HARAM.

  • Anonymous

    Gua setuju bgt..temen gue aja ikut Tianshi skrng kyak.orang stress menghayal dapat pesawat ama mobil mewah..

    • gelas Kosong

      Trus skarang gmana kabrnya ??udah dapet pesawatnya ??

  • adi firmasyah

    Bt yang bklm ikut cpat2 batalin deh rencananya ikut MLM.

    • aa_haq

      Kalau bergabung dengan MLM dengan tujuan ingin mendapatkan harga yang lebih rendah, boleh juga ‘kan? πŸ™‚

  • Anonymous

    Seharus nya bapak itu kalau ikut program mlm itu harus di teliti dulu,bagai mana sistim kinerja bisnis tersebut.jgn sampai bapak merasa di rugikan,toh pada akhirnya menulis artikel seperti itu..jd solusinya begini??emang bener kata bapak bisnis mlm tdk semuanya murni,tp di balik itu masih banyak program mlm yg benar mrnguntungkan para member nya..
    Contoh:kita harus teliti dulu program mlm yg mau kita ikuti,dari jenis produknya kira2 sangat laku tidak di pasaran..nah…seandainya produk tersebut tidak laku berarti untuk apa kita menjalankan produk tersebut,hanya buang2 waktu dan tenaga saja..
    Perkenalkan nama saya agus ryan,usia 21 thn..saya mulai terjun di bisnis mlm sejak usia saya 19 thn..program yg saya ikuti yaitu abe network..dari situlah saya bisa membiayai hidup saya bahkan kelarga saya..bukannya pas2 san malahan berlebih lagi…maka dari situlah saya menganggap kalau bisnis mlm semuanya tidak menipu..
    Sekian dari saya..

    • gelas Kosong

      Setuju pak

    • gelas Kosong

      Setuju pak.Bukti mengalahkan opini..
      Kita semestinya lebih selektif dalam memilih bisnis MLM. karena ada bisnis MLM yang baik dan yang Buruk.

  • Sandy

    Saya pernah ikut Oriflame bbrp tahun, dan akhirnya gave up πŸ˜€ Memang hrs mampu beli produknya sendiri utk memperkuat sarana perekrutan, krn bertahun-tahun itu jg saya amat sangat sulit memenuhi target dgn menjual produk ke org lain.
    Realistis saja, harganya terlalu mahal utk saya, i could not afford it. 10rb utk sebuah sabun mandi? Maaf, saya sanggupnya pakai yg 1.500-3.000. Hehehe.. Bonus level2 awal cuma puluhan ribu tapi belanjanya ratusan ribu? Tongpes deh gue..
    Selamat ya buat yg sukses di MLMnya, tapi akhirnya buat saya lbh tenang pada bisnis yg “normal” saja. Tidak hrs mendorong-dorong downline utk “maju” dan “sukses” yg ujung2nya itu sebenarnya demi kepentingan kita sendiri, bukan murni utk si downline itu sendiri. Hubungan “kekeluargaan” itu hanya berlandaskan kepentingan posisi di piramida, palsu :p
    Buktinya, sth sekian lama downline sulit maju krn tdk mampu memenuhi target bulanan, upline selalu lbh fokus pada yg mampu memenuhinya. “Yang lebih serius”, kata mereka. Padahal mungkin kondisinya sama dgn saya yg nggak mampu “Mengalihkan belanja bulanan anda dengan produk oriflame”. Wkwkwkwk….
    Yg dasarnya sudah mampu, nggak heran kalau cepet majunya. Hehehehe…
    “Semua memiliki kesempatan yang sama”? Bohong itu. Karena selalu ada target tim dalam level2 MLM, yg mana hrs dicapai dgn memberdayakan downline. Artinya, untuk bisa mencapai posisi yg tinggi, harus ada banyak orang yg dipekerjakan di bawah.
    Silakan jujur pada kata hati terdalam anda πŸ˜€

    • najunda

      saya juga pernah di oriflame,,, capek banget che…….. udah gitu susah pula cari downline……kalo produk mahal2 y bisa di bilang harganya 5 x lipat dari harga normal….. biasanya lipstik cuma 30 ribu… ini jadi 150 ribu… sabun mandi yg cuma 1500 jadi 15000 saya berhenti juga karena keluarga akhirnya memusuhi, karena waktu 24 jam cuma online mulu… mpe lupa aktifitas laen… rayuan mereka mang maut,, awalnya di dorong2 n setelah itu …. amblas entah kemana… 600 ribu harusnya bisa untuk makan sebulan….

    • gelas Kosong

      HAHAHAHHA.. itu berarti komunitas atau jaringan anda (pelakunya )yang salah/g bener bukan Bisnisnya…

      • Ratu

        iya nih oriflame ada2 aja saya kan nanya dulu nih kok bisa dapet puluhan juta perbulan itu kerjanya ngapain? modalnya berapa? ya saya nanya gini minimal deh kalo mau perbulan 1juta harus modal berapa? pas si org dr oriflamenya jawab 26jt assssssssssssssssssss amsyong modal 26jt perbulan dapet 1jt????? gile lu ndro! bener2 MLM licik yaaakkk enak yg diatas kita sama aja dong kerja sama bos, kerja apa dikerjain????

  • Edi T

    Sama dengan saya. saya udah lama ikut oriflame, udah mau manajer.
    pertama2 sata tupo dipake sendiri semua.
    bulan kedua baru deh dagangan mulai laku.
    menurutku ikut oriflame ga ada ruginya asal ada orang lain yang mau beli.
    sayangnya kalo pas ada diskon besar, jadi banyak stok kosong.
    mo belanja apa? kalo cuma parfum yg 300rb ya tekor dah, gaji aja cuma 500rb.
    bisa dipercepat asal mau gila2an rekrut.
    ada lho yang udh cerai dari suami gara2 gila MLM oriflame, dia founder dari sebiah jaringan baru. jaringan berinitial DT.
    sekarang males banget nawar2in.

    • Ratu

      yang pasti2 aja gan kayak investasi nanam pohon duit lagi gencar2nya di seluruh dunia

  • Artikel ini belum teruji,hanya cari sensasi di dunia maya agar ratingnya naik. Bisnis MLM tidak semuanya bagus untuk di ikuti, Namun ada beberapa yang layak untuk di ikuti juga. Kalau Anda sebagai penulis tau sebabnya kenapa hanya ada 5% orang yang menguasai 90% uang beredar dan 95%orang berebut 10% uang beredar. Fakta inipun sama seperti yang terjadi di dunia bisnis MLM, yang berhasil lebih sedikit dari jumlahnya, dan siapa yang bisa berhasil?? mereka yang membangun relationship yang baik,teamwork yang baik,leadership,sabar,tahan banting,pantang menyerah,rajin bersyukur. Dan yang gagal siapa?? ya orang orang seperti Anda yang berpendapat miring tentang bisnis MLM, orang orang yang gagal di bisnis MLM,tidak hanya dalam bisnis MLM, mungkin dalam keseharian pun jangan jangan Anda menjadi orang yang gagal, Kenapa gagal?? jawabnya simpel. Anda belum siap jadi orang berhasil, Atau Tuhan punya masih menunda keberhasilan Anda. Saya adalah kuli bangunan yang tidak lulus STM, dan saya di didik dan dibesarkan oleh bisnis MLM. Silahkan berkunjung ke website pribadi saya http://greenbusines.com Tlp.087859299233

    • gelas Kosong

      Setuju..

    • Ratu

      wkwkwkwkkk
      jiwa MLM ga mau disalahin coba baca di wikipedia tentang MLM
      makanya berilmu dongggg

  • handika

    lantas kenapa orang banyak sukses di bisnis MLM

  • Mari Kartina F

    Sedikit memberikan masukan…

    M L M : Multi Level Marketing = Mulut Lewat Mulut

    Intinya sebenarnya di sini adalah yang buruk bukan MLM nya jika di lihat dari Kepanjangan kata MLM di atas. Tapi adalah dari diri kita sendiri,yang menutup diri untuk mempelajari dengan Smart atau Cerdas peluang bisnis nya. Sebagai contoh : Ketika kita membeli sebuah barang katakanlah Baju Batik, kebetulan sekali ada teman kita yang suka dengan baju batik yang kita pake itu lalu teman bertanya kepada kita dimana kita membeli baju itu , berapa harganya, bagus gak kwalitasnya, warnanya apa saja.. dsb dsb.. secara otomatis kita akan bercerita tentang baju yang kita beli itu, dan kita mengajak teman tsb untuk membeli di toko yg sama. Secara tidak kita sadari sebetulnya kita sdh melakukan praktek MLM alias Multi Level Marketing alias memberikan informasi Mulut lewat Mulut..

    Di MLM yang baik pasti akan mengajak orang lain untuk bisa hidup lebih baik dari yang sekarang ASAL kita juga dalam menjalani bisnis tsb sesuai dengan kemampuan dan kapasitas modal kita..

    Saya 10 th bergelut di MLM Oriflame, belum pernah sekalipun saya di rugikan. Bahkan sekarang tanpa saya sadari dimanapun saya berada saya pasti punya teman.. Tanpa saya sadari pula saya sering menerima orderan tak terduga dri konsumen lama saya yang sudah lama tidak bersua.., saya pun sekarang bisa memberikan solusi untuk perawatan kulit wajah dan badan untuk cewek dan cowok dari bayi sampai lasia..

    Jadi sebelum mengungkapkan kebohongan dan keburukan sesuatu pelajari lah dulu kebaikan2nya.. DAAAANNN.. tidak semua bisnis Multi Level Marketing itu BURUK.. Be Smart, n be postive thingking Always..

    Salam Sukses – Tuhan Memberkati

    Untuk pertemanan silakan inboq ke alamat emai saya : kfloransa@yahoo.com

    • Ratu

      temenan apa maksa daftar member?

  • Anonymous

    maafkan saya..hanya ingin mengatakan bahwa..MLM MURNI DAN SYARIAH adalah MLM yamg kami ikuti.jauh dari mlm yang sering di beritakan dgn nada miring…dan hampir semua yang di jadikan bahan contoh mlm yang tidak bagus itu ..sebenarnya bukanlah MLM…tetapi lebih tepa mony game..tapi ternyata banyak orang tdk bisa membedakan mana MLM dan mana mony game….sebanagi saran saya utk menegetahui MLM resmi dan syariah buka www APLI di situ daftar MLM yang resmi…serta buka web MUI sertifikat syariah bagi MLM syariah…

  • Anonymous

    K-Seaweed Calcium with Soy Protein Health Food

    HF028 Product Description Asupan rutin kalsium dan kolagen sehari-hari adalah kunci untuk mencegah dan mengobati kekurangan kalsium dan kolagen. Kalsium dan kolagen sangat penting dalam membantu menyusun dan memperkuatkan tulang, tendon dan tulang rawan kita juga. Saat kita bertambah usia, kita memerlukan kalsium, kolagen dan mineral tertentu sebagai suplemen karena ketidakseimbangan makanan kita dan tubuh kita tidak bisa lagi menghasilkan jumlah yang cukup bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sebagai konsekuensinya tubuh kita mulai keropos sehingga menimbulkan masalah kesehatan seperti “rapuh” tulang dan ketidaknyamanan sendi. Sangat penting untuk melengkapi makanan dengan kalsium, kolagen dan mineral. Mengapa kita memerlukan Kalsium dan Kolagen? Kalsium Kalsium kebanyakan ditemukan dalam tulang kita. asupan makanan kita menyediakan kita sumber kalsium. Kalsium memberikan nutrisi bagi jantung kita untuk berdenyut dan otot untuk berfungsi. Tulang kita terus-menerus terkikis sepanjang waktu dan diganti dengan jaringan tulang baru. Jika makanan kita kekurangan kalsium, kalsium yang kita butuhkan untuk fungsi tubuh yang seharusnya akan diambil dari tulang. Tulang kita akan mengalami pengeroposan jika kalsium tidak diganti dan dengan demikian mengakibatkan masalah kesehatan seperti tulang keropos atau osteoporosis. Kolagen Tulang rawan di antara sendi kita sebagian besar terdiri dari kolagen. tulang rawan bekerja sebagai bantalan antara sendi kita saat kita bergerak. Memiliki tulang rawan yang sehat adalah penting untuk memastikan sendi yang sehat di mana kita dapat memiliki gerakan bebas tanpa ketidaknyamanan. Kalsium dari Rumput Laut Selama bertahun-tahun, orang di seluruh dunia telah menemukan dan menikmati manfaat dari rumput laut, baik dalam makanan, produk kesehatan atau terapi alami. Rumput laut terkenal dengan kelimpahan sumber kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

    Mengapa memilih K-Seaweed Calcium?
    β€’ K-Seaweed Calcium berasal dari rumput laut yang menyerap mineral penting dan nutrisi dari laut.
    β€’ Mengandung berbagai mineral dan kolagen yang membantu dalam pembentukan tulang, menjaga sendi yang sehat dan meningkatkan penyerapan kalsium.
    β€’ Mengandung konsentrasi tinggi Mineral esensial bagi tulang lainnya seperti: Magnesium, yang membentuk dan memperkuat inti lunak tulang yang mengikat mineral. Juga mengandung Boron yang membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Bersama dengan tembaga dan zink, mereka memainkan peran bersama Enzim-co-faktor untuk membentuk dan pembelahan sel tulang.
    β€’ memiliki bioavailabilitas yang lebih tinggi dan penyerapan kalsium lebih baik dari kalsium karbonat dan trikalsium fosfat. Manfaat K-Seaweed Calcium: Membantu untuk menjaga tulang kuat dan gigi yang sehat Membantu untuk mengurangi risiko kerusakan tulang dan patah tulang Membantu meningkatkan fungsi sendi Membantumenurunkan risiko kanker usus Membantu memonitor detak jantung secara teratur Membantu meringankan insomnia Membantu metabolisme zat besi dalam tubuh Anda Membantu sistem saraf, terutama dalam misi impuls Membantu dalam pengaturan berat badan Membantu dalam mencegah pembekuan darah dan membantu dalam kontraksi otot Penggunaan asam amino sebagai blok bangunan untuk semua protein tubuh Membantu dalam mempertahankan sendi sehat

    info lanjut hub kami..0852 39411401

  • Anonymous

    UIE Liquid Chlorophyll (500ml)

    APA ITU K-LIQUID CHLOROPHYLL?
    K-Liquid Chlorophyll adalah minuman kesehatan (Herbal Drink) yang bahan utamanya adalah sari klorofil dari daun Alfalfa (Medicago sativa), suatu herbal bernilai nutrisi tinggi.

    KOMPOSISI:
    Sari Daun Alfalfa yang mengandung : Sodium, Copper, Chlorophyllin, Vit A, B-Complex, C, E, Calsium, Magnesium, Pospor, Asam Amino, Alpha & Beta Carotine + UIE (Universe Induce Energy).

    MANFAAT/KEGUNAAN:

    Sebagai Anti Oxidant, baik untuk kesehatan mata, paru-paru, lambung, pencernaan dll.
    Satu sendok makan K-Liquid Chlorophyll sama dengan 1 Kg sayur.
    Memperlancar dan membersihkan darah dari segala bentuk racun dan zat kimia dalam tubuh.
    Berfungsi sebagai anti kanker.
    Menjaga keseimbangan Hormon dan keasaman dalam tubuh.
    Menghalangi pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan luka.
    Meningkatkan daya serap nutrisi dan energi.

    FUNGSI UTAMA K-LIQUID CHLOROPHYLL:

    Cleansing
    Membersihkan sistem pencernaan, membersihkan darah, membunuh bakteri, mencegah infeksi dan detoksifikasi.
    Balancing
    Menyeimbangkan kadar asam dan Alkali di dalam tubuh.
    Nourishing
    Meregenerasi sel darah merah dan menstimulasi regenerasi sel.

    PETUNJUK PEMAKAIAN:

    Larutkan 1 (satu) sloki/sendok makan dalam segelas air putih.
    Untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun cukup larutkan 1/2 (setengah) sloki atau 1 (satu) sendok teh K-Liquid Chlorophyll.
    Minum 3 (tiga) gelas sehari.
    (sebelum makan/perut kosong).

    KEMASAN:
    1 botol isi 500ml Ekstrak Chlorophyll.

    Testimonial

    Norman Jauhari (55 tahun)
    Jln. Pulo Mas Timur IID/4, Jakarta

    UIE Power Touch, UIE Liquid Chlorophyll dan K-Link Kino menjadi solusi yang sangat hebat. Pada awal bulan Januari 2002 saya mengalami serangan Jantung dan Penyempitan pembuluh darah arteri. Untuk itu saya harus diopname di Rumah Sakit di Jakarta. Akhir bulan Januari 2002, pengobatan saya lanjutkan ke Singapura untuk melakukan balonisasi ketiga pembuluh darah yang tersumbat tersebut. Seusai pengobatan di Singapura, saya dianjurkan berobat jalan ditambah dengan minum obat-obatan yang jumlahnya…

    Sumirah (64 tahun)
    Yogyakarta

    Stroke selama 15 tahun membuat saya sangat menderita. Selama 15 tahun saya menderita stroke. Hari-hari rasanya sesuatu yang membosankan. Setengah hari badan saya terasa lemah, lutut saya kadang-kadang mati rasa, saya jadi malas bergerak, hingga akhirnya jari-jari kaki saya menjadi kaku dan bertekuk ke bawah. Dokter dan berbagai pengobatan alternatif sudah saya kunjungi, namun belum nampak adanya perbaikan. Rasanya hidup ini seperti tak berarti, hanya tidur, makan dan begitu terus menerus…

    Marsono (56 tahun)
    Desa Sumber Jaya Rt/Rw: 03/03 Tambun, Bekasi

    Diabetes dapat dikontrol dengan Chlorophyll dan Kinotakara. Sejak 7 agustus 2001 saya menderita penyakit Diabetes (kencing manis) dengan kadar gula darah 465. Saat itu saya pernah dirawat di rumah sakit selama 4 hari, saya harus mengalami diet ketat, makanan yang saya konsumsi saat itu hanya sekitar 25 % dari apa yang biasa saya makan sehari-hari. Setiap hari saya harus minum obat dari dokter yang beraneka macam bentuknya, ditambah lagi makanan saya harus benar-benar dijaga ketat, hal ini…

    Ir. Lucky SR. (43 tahun)
    Jln. Teratai no.102 Pekan Baru, Riau

    Badan tambah sehat berkat Chlorophyll. Saya bekerja sebagai pengawas pada salah satu perkebunan di Riau. Selama saya bekerja saya selaluberjalan kaki dengan jarak yang jauh dan berdiri dalam waktu yang lama menyebabkan saya sering mudah capek. Selain itu saya suka duduk melipatkan kaki (bersila), kadang-kadang bisa satu jam duduk bersila untuk beribadah. Akibat dari itu semua kaki saya sering merasa kesemutan. Disamping itu saya juga mempunyai keluhan jerawat batu (komedo) dan sakit maag….

    Nusratul Muslimah
    Jl. Merpati No. 1A, Palu Sulawesi-Tengah

    1 tahun yang lalu berat badan saya 56 kg dan sering mengalami sakit kepala sehingga dalam 1 minggu membuat saya harus selalu mengkonsumsi obat-obat…

    Arifin Hasyim (56 tahun)
    Jl. Trans Sulawesi no. 90 Mamboro, Palu

    Saya menderita kencing darah sejak tahun 1995. Hasil diagnosa dokter di Palu dan Makasar adalah tumor ganas yang ada pada kandung kemih, dan menurut Dokter serta apa yang saya rasakan harapan hidup sangat pendek. Sudah berbagai pengobatan saya lakukan, baik secara medis maupun alternatif tapi hasilnya tidak ada. Pada saat saya menjalani rawat inap di RS Undata Palu, saya bertemu dengan Bapak Andi Tulus pada bulan Mei 2004 dan menawarkan agar mengkonsumsi Metto Plus, OmegaSqua, dan SOD Rooibos…

    Raisson
    Jl. KH Samahudi 53, Jetis.Sukoharjo.

    Saya seorang karyawan disalah satu perusahaan yang bergerak dibidang garment, dengan kesibukan seharian penuh. Sejak tahun 1999, saya telah mengalami masalah pada kaki, dengan gejala kesemutan, pegal-pegal dan sekarang terasa sampai betis. Hal ini sangat mengganggu saya dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, karena rasa sakit semakin lama semakin bertambah,. Akhirnya saya melakukan pijat tradisional setiap malam juga ditambah dengan pijat menggunakan alat getar dan alat pemanas. Hal hasil…

    Ni Made Fridayanti
    Tabanan, Bali

    Saya seorang mahasiswa FKIP singaraja, Bali. Saya sering mengalami sesak napas didada, datang bulan terasa sakit, tangan berkeringat dingin, sering lemas dan pingsan. Setiap ke dokter saya didiagnosa menderita sakit anemia dan sakit maag, setelah saya mengkonsumsi obat dari dokter, badan saya tetap lemas dan bertambah pucat. Akhirnya Ibu saya memberikan saya Liquid Chlorophyll, ditambah Spirulina dan perlahan-lahan saya merasa lebih sehat dan dada saya tidak sesak lagi, datang bulan pun…

    Zaimuddin, S.Pd.
    Jl. Pores Palu Bangga. Desa Padende – Su

    Eksim basah manjalar keseluruh badan. Sudah hampir sebelas tahun saya menderita penyakit eksim. Mulanya penyakit ini timbul diatas pergelangan kaki kanan berupa bintik-bintik kecil dan terasa gatal, bila digaruk bintik tersebut akan pecak dan mengeluarkan caira dan semakin melebar. Pengobatan secara kimia pun telah saya lakukan. Eksim tersebut sembuh, namun bila obatnya telah habis dikonsumsi tiga hari kemudian akan timbul kembali. Saya terus bergantung pada pemakaian obat-obat tersebut….

    Kasino
    Jl. Kp Sawah Kebayoran Lama,

    Saya adalah seorang karyawan sebuah bengkel mobil. Sudah lama saya sakit-sakitan, saya sering merasa lambung saya perih, mualh dan pusing, bahkan kadang-kadang sampai muntah. Namun jika saya mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, saya merasa baikan, tapi kalau obatnya sudah habis rasa sakit itu kembali datang. Pada suatu hari saya bertemu dengan langganan bengkel saya yaitu Pak Chandra W. Beliau menyarankan saya untuk mengkonsumsi produk K- LINK yaitu Liquid Chlorophyll dan Tea Rooibos SOD,…

    Tjie Siw Lie

    Bulan Juni 2004 yang lalu, saya kedatangan 2 saudara saya dari daerah yang ingin berkunjung ke Jakarta. Namun suatu hari mereka mengalami kecelakaan sepeda motor sehingga terjadi luka yang memanjang dari lutut sampai ke ujung tulang kering, dan yang seorang lagi mengalami luka mendalam didekat mata, sehingga harus dilakukan beberapa jahitan dan mukanya membengkak. Setelah 4 hari dirawat dokter, ternyata tidak ada perubahan yang berarti, masih nyeri sehingga sulit untuk tidur. Kemudian saya…

    info lanjut hub kami..0852 39411401

  • Anonymous

    Propolis Platinum
    Propolis Platinum
    Health Food – HF 008
    Product Description
    Propolis Platinum merupakan propolis cair tanpa kandungan alkohol yang berasal dari negara Brazil dan dikenal sebagai propolis hijau terbaik yang dihasilkan di dunia. Propolis mengandung flavonoid dengan kadar tinggi, yang membantu meningkatkan sistem imun. Penurunan sistem imun menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Pengunaan Propolis Platinum secara teratur akan membantu meningkatkan sistem imun. Flavonoid merupakan komponen tumbuhan yang memiliki sifat sebagai bahan-bahan antijamur, antibakteri, antivirus, antioksidan dan anti-inflamasi dengan berkualitas tinggi.

    MANFAAT UTAMA TERAPI DENGAN MENGGUNAKAN PROPOLIS :

    Aktivitas antibakteri
    Propolis terkenal karena memiliki kualitas dan aktivitas antibiotik alami yang tinggi. Propolis dapat dengan efektif menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur dan virus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, mereka menyetujui bahwa propolis cukup kuat dalam menghambat pertumbuhan mikro-organisme yang merugikan.
    Aktivitas antivirus
    Para ahli kesehatan menemukan bahwa propolis efektif menghentikan aktivitas virus pada kelenjar ludah, termasuk virus tipe A dan tipe B yang menyebabkan Flu, Corona virus dan jenis-jenis virus lainnya.
    Aktivitas anti jamur
    Ekstrak Propolis dapat menghambat pertumbuhan 17 jenis jamur pada kulit. Pada saat digunakan bersama-sama dengan obat-obatan anti jamur, ia memiliki efek anti jamur yang lebih baik.
    Aktivitas sitotoksik
    Propolis memiliki aktivitas sitotoksik yang sangat besar terhadap sel kanker termasuk sel kanker pada hidung, rahim, payudara, ginjal, usus besar, dan lain-lain. Aktivitas Propolis yang utama adalah propolis secara selektif membunuh sel yang tidak normal dan tidak akan menyebabkan efek toksik terhadap pertumbuhan sel normal.
    Antioksidan
    Kandungan flavonoid dalam propolis memiliki kekuatan antioksidan dan sudah terbukti dapat melawan radikal bebas serta melindungi lemak dan komponen-komponen lain seperti vitamin C dari kerusakan dan proses oksidasi. Dan kemungkinan yang lain Propolis memberikan efek sebagai anti penuaan dan mencegah kerusakan sel.
    Mengaktifkan enzim dan anti-inflamasi
    Propolis terbukti merangsang berbagai macam enzim, metabolisme sel, sirkulasi dan pembentukan kolagen, serta mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar.

    PETUNJUK PEMAKAIAN :

    Dewasa : 2 x 4-5 tetes/hari sebelum makan dilarutkan dalam 250 ml air.
    Anak-anak : 2 x 2-3 tetes/hari sebelum makan dilarutkan dalam 250 ml air.

    KEMASAN :

    1 box isi 5 botol @ 6 ml.
    1 box kemasan tunggal 6 ml.
    info lanjut hub kami..0852 39411401

  • loxa

    Menarik nih bahasan soal MLM, kebetulan saya sendiri adalah orang yang berkecimpung langsung dalam dunia MLM, dimana perusahaan MLM yang saya jalani terdaftar langsung di APLI yaitu KK Indonesia. Bener banget, emang gak semua MLM itu mengecewakan atau merugikan orang – orang yang tergabung didalamnya. Namun, memang image MLM di mata masyarakat secara umum sudah “blacklist” karena mungkin pernah mengalami rasa kecewa terhadap bisnis MLM. Saya jujur – jujuran aja, udah pernah ikut salah satu MLM kosmetik dan perusahaan E-commerce, dengan janji jalan keluar negeri atau semacamnyalah. Tapi sampai sekarang gak pernah dapet itu, yang dapet hanya uplinenya. One day, datanglah seseorang yang menawarkan lagi untuk join di KK Indonesia. Ada keraguan sih. Tapi melihat karakter si orang yang nawarin, saya merasa tertarik dan akhirnya join. Dan saya buktikan sendiri bahwa MLM yang satu ini, KK Indonesia, memang beda dari MLM – MLM mengecewakan lainnya. Saya didampingi oleh pelaku pelaku bisnis secara langsung untuk menjual produk dan mencari downline. Dan terbukti berkembang secara karakter dan finansial.

    Regards,
    Follow Me @_LoXa

  • widhia

    Alhamdullilah udah gak tertarik sama MLM. hehe
    Temen saya kmaren ditawari produk MLM Oriflame. Yg nawari ibu2 rumah tangga gt. Temen saya ga mau dipaksa2. Katanya kalo beli Oriflame bisa dpt bonusan dll, pdhl banyak produk lain yg lbh bagus dgn harga rasional.
    Logikanya, jika barang tsb bagus, mengapa musti pake MLM? kenapa gak dilempar saja ke pasaran? bikin counter sendiri?
    dan benar saja, kebanyakan org2 di Oriflame beli produk buat dirinya sendiri juga, buat nutup target point mungkin? sampe ada yg sabun, sampo, diganti ama oriflame semua.
    Saya lihat ingredients nya (lip balm apa yah) itu juga masih mengandung paraben. tekturenya juga sama dengan lipbalm seharga 20rb an yg saya beli. Jadi kalo sama2 kualitasnya spt itu, plis be wise. jangan hambur2kan uang untuk produk2 yg bisa anda beli dgn harga lebih murah.

    Produk2 MLM sudah masuk blacklist saya. Saya ga akan beli produk2nya.
    Jika metodenya reseller/konsinyasi sih oke (produk pasaran dgn metode distributornya pake sistem reseller/konsinyasi), kalo sistem MLM? NO WAY.

  • putri kaisar

    mlm hanya lah suatu sistem penjualan.., untuk masalah kebohongan atau yg lain y tinggal cara member menyampaikan y saja.., bukan ksalahan sistem mlm

  • Artikel ini benar tak terbantahkan…saya kira penulis asli bukan org yg anti MLM,jg bukan barisan sakit hati yg gagal dgn MLM.

    Dalam bisnis manapun dan bisnis apapun ada HUKUM2 PASAR yang berkaitan dgn bisnis itu sdri…

    Salah satunya adalah sistem distribusi yang terbatas…Mgp terbatas? Krn utk keseimbangan harga.

    Logika sederhana klo Sabun konvesional itu harga pabrik 1000 lalu melewati 4 distributor yg msg2 memgambil keuntungan 100maka akan sampai ke tgn kita hrg 1400.
    Kalo jalur distributornya di tmbah jadi 10 step. Maka akan ke tgn kita jadi 2000 (asumsi 100/distributor).
    dengan kompetitor produk serupa yg buanyaak, maka hrg 2000 akan menjadi hrg yg tak masuk akal utk produk sekelasnya.

    HUKUM PASAR ini tidak ada pada MLM yg perekrutan distributornya tidak terbatas.
    Kita berasumsi saja sabun yang di jual seharga 10000 itu sbnrnya hrg dasarnya 1000 , itu berarti ada keuntungan 9000. Nah klo sekarang akar downlinenya 100 org? pdhl di level plg bwh ,sabun tsb tetap dijual dgn hrg 10000 ,kok masih bisa untung? Mlh bisa dapat bonus?

    Coba jelaskan secara logis drmn keuntungan dan bonus itu..? Ga usah ngomong tinggi2 dan absurd..
    yang itung2an sederhana spt saya gmbarkan di atas saja..

  • Kalo HUKUM PASAR aja ga terpenuhi bagaimana bisnis itu bisa jalan?? Nyanyian “semangat ” dan “gigih ” adalah doktrin yang sangat menyesatkan…saya kira demikian maksud penulis ini. Sementara itu nyanyian “semangat “bagi saya lebih ironis lagi ,yaitu : upaya menghibur diri.

  • dani

    Kebanyakan orang yang gagal akan bercakap mengenai NEGATIFnya MLM.
    Kalau sudah tidak sukses semua tentang MLM tidak betul.

    Bagi saya apa yang anda utarakan ada juga benarnya tapi anda sepatutnya menjelaskan juga kebaikan MLM itu.

    Orang yang tidak mahu membuka minda dan tidak mahu mengikuti saranan dari Pemimpin Atasan yang aktif pasti GAGAL.

    Kebanyakan orang yang GAGAL dalam MLM adalah orang yang TIDAK MAHU MENURUKAN EGONYA, orang yang TIDAK MAHU BELAJAR DAN DI AJAR. Orang yang SOMBONG dan Orang yang SUKA sibok tentang HAL Bisnis Orang Lain.

  • Ada hal yg harus menjadi pegangan kita ikut di MLM pertama MINDSET kita hrs ke bisnis bukan menjual mimpi kedua hrs punya value apakah untuk keluarga,orang tua,sekeliling kita atau hanya soal uang saja. Hal yg sy alami di Bisnis ABE,pertama krn produknya kedua krn sistemnya online. Semua itu bisa dilihat di http://www.abenetwork-biz.com.

    Salam Sukses dan Sejahtera

  • sam

    analisa nonix terkesan terburu-buru dan sebenarnya bisnis MLM itu baik kok cuman MLMersnya aja yg kdg overacting mpe ngalahin actingnya actress bneran hehe…

  • Keina

    alhamdulillah saya lebih enjoy dengan kerjaan saya yang sekarang, MLM ?? lebih baik isi waktu yang ada dengan keluarga.. Karena saya lihat di MLM itu lebih banyak orang ngurusin nyari downline tapi ngurusin keluarga malah nggak. Dan salah satu yang paling eneg dari MLM adalah selalu membangakan produknya dan menjelekkan produk lain, padahal jenis produk yg ditawarkan sama (contoh byk MLM yg ngejual proppolis dan menganggap produknya nomor satu, padahal nggak ada perbedaan yang berarti dari segi kualitas untuk semua propolis yang dijual)

    • gelas Kosong

      Namanya juga promosi , pasti ngomong produknya no 1..
      pelaku MLM akan bisa nyantai jika asetnya sudah terbentuk

  • Antoni S – Medan Sumut

    Wah Jadi Bingung Nih, Mau Ikutan yg mana, Admin mohon Pencerahan…he..he

    • Saya sebenarnya tidak 100% anti-MLM. Bahkan sekarang sedang ingin bergabung dengan MLM yang memiliki stokis di Atrium Senen atau sekitarnya. Ada yang mau kasih prospek? Silakan.

      Soal tulisan di atas, menurut saya, hampir 100% benar.

  • gek deean

    Kalau menurut saya tdk semua mlm menyesatkan.
    Saat ini saya terdaftar sebagai member HERBALIFE.awalnya saya join krn suami saya ingin menurunkan berat badan,dlm 1 bln berhasil turun 9kg.bapak mertua saya turun 7kg dlm wkt 1 bln,kolesterol dan gula darah normal.

    Apabila ada yg ingin punya berat badan ideal silahkan hubungi saya di 081805520852
    Pin bb : 269480e5

    • ida

      bener bu ga semua MLM menyessatkan kebetulan juga saya member HERBALIFE juga.tapi saya lebih menjual produknya saja.

  • riu

    negatif mlm:
    habis duit utk memenuhi target
    hubungan teman/saudara jadi hubungan bisnis
    waktu untuk keluarga habis

    positif mlm:
    bisa dapet bonus asal mau kerja keras dan mengorbankan waktu, mengorbankan teman, selalu tega menekan downline

    saya liat temen2 yg komentar membela mlm diatas adalah temen yang mencoba bertahan di MLM, dan sekaligus ajang promosi biar gabung ikut mlmnya…..
    ayo bisnis dengan jujur, lebih barokah

    • ida

      ga ada yang salah sama MLM menurut saya.saya ikut MLM sekedar jualan produk aja ga rekrut2 downline.walaupun tanpa sengaja ada yang ikut.maksud saya nawarin barang ornagnya malah ikut member.kebetulan produknya bagus dan banyak terbukti telah membantu walau harganya dibilang cukup mahal.ada harga ada kualitas.klo maslah berhasil atau engga di MLM itu tergantung kerja keras kita.kebetulan si sy tak pandai merekrut org tp sy cm jualan produknya saja

  • Makasih ilmunya mas/pak ahmad. Sy semakin mantab dalam menjalankan mlm krn bs lebih difilter setelah baca artikel bpk.

    • Terima kasih kembali, Pak/Bu πŸ™‚

  • 15 taun lalu kenal dengan mlm, pembelajarannya sangat bagus untuk kami, walau tidak berlanjut, membuat kami berani merintis usaha sampai sekarang,

    kami nanti kunjungan anda , salaaam

    http://herbalmedika.com

  • Pingback: Sepuluh Kebohongan MLM | OaseImani.com()

  • janoe

    betul juga ya gan, soalnye ane coba beberapa kali MLM, tapi kagak juga berhasil. apa emg bawaannye begitu itu ato ane aje yg gak bakat. temen ane ada juga tuh yg berhasil, mungkin die bejo, masuk gol yg 1-5% yg berpeluang berhasil, sementara ane sisanye. cakep dah ne postingan, makasih gan

  • wijhatul Haq

    klo mau jujur MLM 99 % orang berakhir dalam kekecewaan
    maka hidarilah….itu cara-cara yg tdk wajar menyelisihi kaidah umum, lagi tdk mendidik orang kreatif dan produktif tetapi menumbuhkan kayalan dan lamunan yg melangit…dalam kitab Ibnu Qoyyim Al jauziyah “bahwa hayalan itu perdagangan orang yang bangkrut” dalam kitab Talbis Iblis.

    mudah2han Allah menjauhkan kepada kita , kaum muslimin dari cara, transaksi di atas AAmiin

    • ABCDEFGH

      ck..ck…ck…baru baca sepintas yaa tentang MLM?apa malah tau dari sumber yang salah?

    • Ratu

      kitab Talbis Iblis??? setan dong hiiiii astaghfirullah berilmu aja salah ni orang

  • abi farid

    yang RA UMUM tu ada juga di kampung sy, eee skarang malah bangkrut,

    • gelas Kosong

      itu mah mlm cap ikan terrii…hehehe

  • rudi rusyana

    ass.wr.wb.
    saya termasuk salah satu yang pernah mengikuti MLM, ketika itu kalau ga salah tahun 1999-an diajak oleh teman yang profesinya seorang ustadz, nama MLMnya ga perlu disebut deh…nah antusias saya benar2 terbawa oleh sejuta impian…karena kebetulan saya kala itu tengah berwiraswasta(alias berdagang di rumah) kebetulan tempatnya cukup strategis dipiggir jalan propinsi…dengan kondisi demikian ketika 1 s.d. 2 kali ikut acara kumpulan dengan para senior MLM disebuah hotel berbintang di Bandung, semangat saya semakin tinggi dan malahan langsung ditawari menjadi distributor, kala itu hanya dengan uang 5jt saya sudah bisa naik menjadi silverline…,namun hal itu tidak saya jalani karena dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya hanya membeli beberapa produk untuk dikonsumsi sendiri saja, yang saya alami sama persis dengan apa yang dikatakan oleh Robert L. FitzPatrick. seorang peneliti dari Amrik sana, di antaranya yang sangat terasa adalah waktu, kala itu di upline saya mengatakan bahwa kita hanya butuh waktu 1 jam saja dalam berbisnis MLM ini,tapi nyatanya kalau ada acara2 kumpul di sebuah tempat/hotel, saya berangkat pukul 5 sore pulang bisa sampai pukul 02.00 dinihari, dan itu bukan hanya waktu yang tersita, tapi tenaga dan biaya juga (hehehe bukannya bisnis mau untung…???)hal kedua yang membuat saya mundur teratur dari bisnis MLM ini adalah keberadaan teman saya yang ngajak pertama itu, tugas/keajiban pokok dia sebagai ustadz benar2 terbengkalai, biasanya dia rajin ngisi pengajian, dengan sibuknya di MLM sedikit2 dia lempar jadwal ngisi pengajian sama ustadz yang lain, sampai jadwal jumat yang hanya seminggu sekali dia lepas pula, dan yang lebih menyedihkan sang ustadz akhirnya sering melamun dan berkhayal untuk mendapatkan mobil mewah (kala itu yang ditawarkan BMW)…ehmmmm….hmmmm…benar2 MLM adalah bisnis yang membuat orang melamun padahal Islam melarang untuk melamun, kalau cita2 itu memang dianjurkan tapi kalau sudah melamun syeithan yang akan menghampirinya.wallau’alam bish shawab.trima kasih

  • Misbach

    Secara umum banyak yang menyalahgunakan MLM dengan sistem dan iming2 yang ngawur. Saya biasa jualan serabutan, Saya dari dulu tidak tertarik di MLM hingga saya diajak jualan barang produk kesehatan dan Alhamd banyak membantu untuk kesehatan sesama, eh ternyata produk itu MLM. Sampai saat ini masih banyak yang order dan saya konsumsi sendiri. Temen saya menjadikan saya member, awalnya saya tolak tapi tidak apa2 karena tanpa biaya. Alhamd jualan tetap jalan, dapat untung dan MLM juga dapat sharing.

  • palsay

    Ini bukti nyebelinnya org MLM,malah pada ngiklan di sini..hahahaha

    • Ratu

      bener banget dan ga mau disalahin, malah org MLMnya sendiri sosoan mana udah dapet mobil, rumah, ke luar negri?? jawabannya masih proses YA ealahhh mau gaji sejuta doang modal puluhan juta GILE LU NDRO

  • ikhsan

    mlm itu ngakal2in orang lain yang ada

  • lebih baik bisnis di sektor riil, bukan jualan mimpi

  • petruk

    ayooo segera join d http://www.momentpulsa.co.id

  • hadi

    benar tulisan diatas,MLM bagi saya itu Menipu Lewat Mulut,bukan berdagang dengan kaidah yg benar, membohongi hati nurani…kalo brg itu bagus, berlaku hukum pasar…duit cari barang, ini barang cari dolar dgn mimpi2 dapat bonus dll, waktu yg membuktikan, org2 akan menjahui anda, bisnis yg benar dan barokah aja…

  • Mengatasi Lemah Syahwat akibat kebanyakan ikut MLM alias Muaales Looyoo Mampeeet!!! ingin kembali Greeenggg cek it dot klik disini:>>> http://www.onherbalpria.com/

  • Anonymous

    Terlalu dangkal dan hanya sisi negatif yang ditonjolkan, tidak ada dalil yang kuat untuk menyatakan kebohongan di MLM. Tidak ada tinjauan ekonomi dan lain-lain, hanya berdasarkan pemikiran penulis. Kalopun ada kebohongan lebih kepada member MLM yang tidak memahami sistem dan manfaat produk dengan benar. Jadi kalo anda ikut MLM pahami dulu dengan benar sistem dan manfaat produknya baru jualan ke masyarakat.

    • ony

      Terlalu dangkal dan hanya sisi negatif yang ditonjolkan, tidak ada dalil yang kuat untuk menyatakan kebohongan di MLM. Tidak ada tinjauan ekonomi dan lain-lain, hanya berdasarkan pemikiran penulis. Kalopun ada kebohongan lebih kepada member MLM yang tidak memahami sistem dan manfaat produk dengan benar. Jadi kalo anda ikut MLM pahami dulu dengan benar sistem dan manfaat produknya baru jualan ke masyarakat.

  • Anonymous

    Saya hanya mengenal Yusuf Mansyur ( YM) dari media, Beliau adalah figur yang dikenal cukup luas, dan menurut pengetahuan saya YM adalah seorang USTADZ!
    saya bukanlah apa-apa di banding ustadz, mungkin ini adalah persepsi yang berbeda, namun perlu penjelasan dari perbedaan itu.
    ” Saya secara pribadi bingung pertimbangan apa yang terlintas pada YM , entah dalam pandangan agama atau sama sekali tidak mengaitkannya dalam mengambil keputusan mendirikan usaha MLM ini.
    ada beberapa poin antara lain :
    1. Apakah *Ustadz YM mengetahuai betul seluk beluk produk dan sistemnya?
    2. Apakah dalam mengambil keputusan ini mempertimbangkan masalah Agama atau mengesampingkannya?
    3. Apakah beliau hanya mendapat masukan dari orang-orang disekitarnya dalam perencanaan usaha tersebut dan hanya bertindak mempercayakan saja tanpa ada analisa ?
    wallohua’lam
    melihat dari bisnis ustadz YM , dari prodak dan sistemnya sama sekali bukanlah hal yang BARU! namun ketenaran membuat magnet tersendiri untuk menarik simpati dan kepercayaan , yang saya risaukan karena beliau adalah salah seorang figur tentu hal yang dilakukan dapat menimbulkan opini pembenaran….yang mengikutinya menjadi masa bodoh dan tidak berpikir panjang toh yang punya adalah seorang yang tahu agama, …

    HAL YANG PALING MENDASAR DARI BISNIS TERSEBUT ADALAH : PRODUKNYA ADALAH BUKAN PRODUK SENDIRI!
    – Jelas ketentuan dan kebijakannya sepenuhnya pada produsen , dimana kita ketahui bahwa produsen tersebut juga memiliki Agen resmi ( telkomsel misalnya), ini akan jadi persaingan yang tidak berimbang dan tentu produsen tidak akan mengorbankan agen resminya. silahkan cek kelapangan diseluruh indonesia!
    Ini dapat kita lihat jelas salah satunya mengenai harga .
    – Manfaat yang di dapat sebagai anggota hampir tidak ada kecuali dengan melakukan perekrutan anggota di bawah kita dan terus sampai sebanyak mungkin dengan menduplikasikan ke downline agar melakukan perekrutan juga ! , karna dari merekalah pundi-pundi pemasukan kita ,yang perorangnya tidaklah seberapa besar,silahkan analisa sendiri berapa banyak yang harus direkrut sebagai anggota,kemudian dari dowline harus merekrut lagi dan lagi terus…….LANTAS bagaimana yang tidak berhasil mendapatkan anggota?? seberapa banyak yang mendapatkan keuntungan dibanding yang tidak? adapun produknya belum tentu bisa memberikan manfaat maksimal, kenapa? karena produknya punya orang lain, bisa dibatasinlah, gangguanlah….yang kita sendiri tidak tahu sebenarnya, sehingga mau tidak mau hanya member get member jadi alternatif, maka wajarlah sering kita saksikan seorang member dengan berbagai tehnik mempengaruhi untuk jadi downlinenya!
    sebagaimana diatas sudah dijelasin banyak.sekarang mari kita buka mata , jangan karena terlanjur…… saya yakin usaha tersebut tidak akan bertahan lama…. lebih elok sedekah aja …AJIB!

    Akan ada pertimbangan lain kalau produk sendiri tentu leluasa menentukan standart harga dan kebijakannya,
    boleh jadi bisa mengurangi keuntungan perusahaan untuk dibagikan keanggota …. karena perusahaan akan diuntungkan oleh kuantiti. keuntungan anggota mendapatkan harga lebih murah dibanding bukan anggota bahkan ada dari pembagian keuntungan sebagai kebijakan perusahaan , ini baru ada hitung-hitungan saling menguntungkan dan kejelasan produknya.

  • Trias

    Saya hanya mencoba mengajak teman2 utk melihat bisnis lain, yaitu bisnis sebagai Agen Asuransi Prudential, dan saya sendiri adalah mantan berbagai macam MLM (Sophie Martin, IFA, Tupperware, CNI, K-Link, Tianshi, dll masih banyak lagi). Dari pengalaman saya sendiri, jika di MLM, tiap bulan kita harus jualan utk mendapatkan income, beda dgn di Asuransi Prudential, jika bulan ini kita berhasil mengajak orang utk masuk sbg Nasabah Prudential (Unit Link = Investasi + Proteksi), kita akan mendapatkan income dr 1 org Nasabah tsb selama 24 bulan (24 kali). Tugas agen Asuransi bukanlah mengajak orang utk konsumtif, melainkan merencanakan keuangannya demi kebaikan masa depan sang Nasabah, istilahnya WIN WIN SOLUTION, semua merasa diuntungkan. Dan dalam waktu kurang dr 1 tahun, sy sdh berhasil menjadi Unit Manager di Prudential dgn income diatas Rp 5jt/bln. Sekian info dr saya, “jika ada yg berminat” bisa hubungi saya via email triashartawati@yahoo.co.id, HP. 081513959139, PIN BB 277DC9D8. Terima-kasih utk yg punya blog ini, ini sekedar info saja, maaf klo sdh mengganggu πŸ™‚

  • met

    wah seruuu nii, ngomongin MLM,

    sy jg member MLM yg mungkin tidak semuanya sama dengan pernyataan diatas, misalnya, di MLM sy ad assuransi kematian, ad beasiswa nantinya untuk anak, tidak harus tutup point, dan bs ngambil kapan aj bonusnya (kl ad) karna pembayarannya lewat ATM,

    kl untuk produknya sendiri mudah-mudahan sudah terbukti,

    Bagaimana berminat mengikuti jejak saya, πŸ™‚

  • Dari dulu sampe sekarang saya ga minat sama sekali dengan MLM
    kalau mau jualan ya pilih jualan sendiri aja yg ga banyak aturan atau iming2 bonus apalagi daftarnya harus bayar πŸ™‚

  • tono

    namanya juga bisnis…pasti sedikit aja orang yg sukses.lha di kantor2 dan perusahaan aja klo di bandingkan lebih banyak mana karyawan ama boznya??lha begitu juga mlm klo semua berhasil trus siapa yang gagal??jualan bakso aja juga banyak yang bangkrut.tp apakah jualan bakso di anggap menipu dan negatif??di pikiiiiirrr pake akal sehat dooonk

  • tono

    klo anda bekerja di kantor apa kah honor atau gaji anda bisa lebih besar dari boz anda??padajal yang bekerja keras anda lhooo….klo di mlm siapa yang bekerja dia yang mendapatkan….saya sendiri blm berhasil di bisnis mlm tp setidaknya saya tidak berpikiran dangkal

  • Mitha

    Saya dulu anti MLM… karena kk sy berapa kali sudah kena dampaknya… yang MLM justru money game… Tp tidak semua MLM yang seperti kita sangkakan… So, harus tetep positif… alhamdulillah… saya dipertemukan dgn Oriflame.. kaget, ternyata MLM juga.. tp perlahan mencoba mengenal sistemnya.. dan brbgai hal yg dulu sy anggap buruk ternyata jauh dari yg sy kira dulu…. Memang untuk menilai sebuah bisnis MLM, harus teliti dulu.. banyak yang menawarkan MLM lain, entah… Allah ngasi jalannya di Oriflame… bersyukur banget bisa kecantol di bisnis ini. Untuk MLM yang lain saya gak tahu yaa… cuma, untuk nanya tentang sakit gigi, harus nanya ke dokter gigi bukan?? begitu juga dengan MLM ataupun Oriflame… untuk tahu ttg sistemnya, kita harus tanya ke ahli/ orang yang bergelut di bisnis itu agar tdk mmperoleh pemahaman yg salah. Buat saya, saya happy dengan bisnis Oriflame! Cukup itu saja… Terimakasih.. sukses buat kita semua.. πŸ™‚

  • Saya ingin ingin berbagi info untuk anda yang ingin membangun pasive income di bisnis MLM apapun, Ikuti Pelatihan Terbaik Dalam Industri MLM. Pelajari Cara Tepat Mendatangkan Prospek Tanpa Batas & Menghasilkan Uang Lebih Cepat Di Setiap Perusahaan MLM Manapun. Temukan Caranya Secara GRATIS hanya di sini http://goo.gl/uu0Ne0 ( http://rajasponsoring.com/affiliasi/home/page/RS2014071635 ).

  • nanang

    ahmad matii aja luuu..
    dasar orang biadabb..
    bangsat luu
    NERAKA menunggu mu iblizz !!
    Jancokk !!

    • Kalau mau membantah, bantahlah dengan menunjukkan kebaikan MLM. Kalau tidak bisa, jangan menghina.
      Kalau Anda memiliki bisnis yang halal, saya doakan semoga sukses bisnis Anda.

    • Ratu

      Ya Allah sadarkan si nanang yg kerasukan setan aamiin.

  • ati

    boleh juga dibaca ttg mlm dari sudut lain di https://www.facebook.com/notes/alfian-anjar/anda-bingung-tentang-mlm-ini-komentar-saya/10151626484479552 buat bahan pembelajaran aja. berpikiran terbuka aja lah. Pernah ikut MLM? Pernah merasa jadi sapi perah Upline? Pernah nggak merasa jadi sapi perah boss? enggak? karena kita terikat kontrak sama perusahaan. kita kerja biasa aja, tetep gajian. kita kerja keras juga tetep gajian. Tapi gaji si boss lebih besar. Kenapa? karena mungkin dia punya keahlian buat me manage sekian banyak bawahannya. Upline juga begitu, yg sukses mungkin yg punya keahlian buat memanage para downlinenye, makanya bonusnya lebih besar. Kalo MLM ada produknya, produsennya ngeluarin produk, kita memasarkan dan dapat keuntungan dari penjualan kan kita untung juga, masalah bonus sama deh kyk kerja di perusahaan konvensional, mau dapet bonus lebih gede? ya kerja lebih keras.Merasa dirugikan sama MLM? ya sudah kerja kantoran aja. Ngerasa dipepet terus sama yg ngeprospek? berempati aja, kalo dia gak kerja dia gak dapet duit. Kalo ditawarin dan merasa tertarik? coba lebih bijaksana, jgn liat untung gedenya aja, liat dulu sistemnya gimana. Just be wise

  • monita

    ckckck…segitunya ya terhadap MLM..makanya kalo memilih MLM benar-benar difikirkan berulang kali..selain lihat ttg perusahaan MLM, dilihat juga kualitas produk2nya..bandingkan kualitas produknya dengan produk-produk yang ada di pasaran..kita kan tidak harus jadi MLM karena ingin jualan, kita kan bisa jadi konsumennya..klo anda sudah jadi anggota MLM dan gak berhasil berjualan, yo wes pakai produknya..kan sudah dibuktikan kualitas produknya oleh anda..kalau anda sendiri gak mencoba dan gak mau memakai produk dari MLM anda, berarti anda gak percaya dengan kualitas produk MLM anda..kalau sudah seperti itu, jangan salahkan MLM anda donk apalagi mengatakan kebohongan MLM..salahkan anda mengapa anda bergabung ke MLM tersebut..

    • Saya pernah lho, jadi distributor MLM tanpa downline aktif. Tapi saya setia dengan MLM tersebut sampai akhir hayatnya. Maksudnya, saya jadi terus menjadi member sampai tiba saatnya MLM tersebut bubar. Dialah MLM Forever Young Indonesia (FYI).

  • Berhenti Sebelum Anda Rugi!
    http://maduasli-hd.blogspot.com/2014/05/berhenti.html

    MLM itu diawali dengan sangat sulit.
    Banyak Hambatan.
    Belum-belum sudah keluar uang.
    Menghabiskan waktu.
    Tidak ada hari libur.
    Harus belajar lagi.
    Membuat Jaringan.

    Diantara 100 orang mungkin tidak satupun yang mampu melakukan hal-hal seperti diatas.

  • Hey there. I uncovered your own weblog the employment of ask. This can be a very well prepared content. I am guaranteed to take a note of the idea plus return to master additional of one’s handy information. Just posting. Let me undoubtedly comeback.

  • nauval hlf

    Saya nauval, dari malang. Saya menjalankan bisnis herbalife disela waktu kuliah, saya konsumsi produknya total turun 13 kilo.alhamdlilah menjalankan bisnisnya, hasilnya luar biasa. 2 tahun ini sudah menanggung biaya hidup dan biaya kuliah saya total. Dlu ngekos skrng kontrak ruko. Alhamdilah sudah ke thailand 2x, singapore dan macau hongkong semua pakai uang herbalife. Dan luar biasanya kesana tidak sendirian, tapi bersama semua tim saya πŸ˜€ berjamaah… info lebih lanjut invite pin:2B1E3221 /081945781037 terimakasih πŸ˜€

    • Terima kasih. Semoga sukses bisnis Anda.

  • andri

    Asskum semua jangan asal komen saya dari meelia sehat sejahtera beda dengan yang lain disini saling menguntungkan sudah dilindungi uud kalo pengen jelas hub 083818406075

    • kelixo

      itu berlaku hanya ketika ada pada diri Anda

  • ditunggu versi 100 kebohongannya… πŸ˜€

    • gelas Kosong

      jangan bro 10 aja cukup… 100 malah jdi fitnah ntar.. hehhe
      ini aja udh jdi fitnah bgi yg g fham..hehehe

      • mana buktinya? @gelas udah dapet brp duit dr MLM? udah dpt 200jt/bulan? buktiin disini
        lu komen ngebela mulu MLM buktinya mana? jangan jual mimpi doang!

  • Sebenarnya kesuksesan dalam Mengikuti Program MLM terletak pada diri sendiri, semakin giat dan konsisten diri kita maka hasil yang kita dapat pun semakin baik.

    Contoh seperti ini anda baru saja selesai membaca artikel ini dan langsung mencap bahwa seluruh program MLM adalah kebohongan. Kalau ditinjau dari segi Hukum dan Moral memang benar dikatakan bahwa MLM adalah ilegal atau Haram.

  • MLM = Mulut Lebay Menjerumuskan.

  • Anonymous

    Intinya… Org yg paham dgn benar ttg MLM sebenarnya adlh Orang2 yg Positif dn Mau berusaha, sedangkan Orang yg anti MLM sebenarnya… adl Org pemalas yg mau instan mlulu, mental mrk adl mental gratisan atw pengemis. Org yg paham dgn MLM sebenarnya sdh lama Sukses… dn org2 anti MLM hya jdi penonton dn pemimpi seumur hidupnya… ditambah rasa iri… maka jadilah ia pencemoh MLM sebenarnya. Coba liat buktinya…. Org yg sukses di MLM sebenarnya, tidak pernah ribut di medsos/dumay… tapi org2 anti MLM berkoar-koar ga habis2nya. Niat mrk tuk pengaruhi org2 tuk jdi sama dirinya.
    Salam MLMer’s…

    • simbahkece

      anda sendiri udah bs kaya dg MLM yg anda ikuti?
      Jangan2 pas baca tulisan ini dah bangkrut MLM anda πŸ˜€

  • HENDI

    MLM DI milagros.co.id artinya multilevel manfaat, buktikan keajaiban produknya

    • Milagros ‘kan cuma air? Ogah ah, nggak ada kopi ginseng.

  • sugeng

    Kalau hanya butuh 2 kawan, apakah juga sulit ? Enggak kan !!!

    • Mudah di awal, mungkin. Lama-lama pasti mentok. Matematika itu pasti.

    • kelixo

      2 kawan yang mau Anda apakan ???

  • anggri sartika lubis

    MLM oooh MLM
    Isinya manusia tamak yang mudah diperdaya 1 produsen zero untuk melahap semua produknya dengan uang yg tidak sedikit.

    intinya, memakai dan mengajak orang untuk mau memakai produk dari produsen

    Produsen makmuuuuurrr
    sukses menggerakkan manusia2 tamak untuk meraup keuntungan

    negara2 miskin seperti indonesia dan india, adalah target utama para produsen MLM, membuai2 impian untuk hidup makmur kaya raya, berkelimpahan uang, jalan2 wisata gratis.

    ampuuuun dah ah
    padahal, sisihkan saja uang sejumlah target penjualan di MLM tersebut untuk biaya jalan2 sekeluarga, tiap tahun bisa jalan2 dengan uang pribadi, gak musti nunggu MLM biayain.

    • Kalau produknya bagus dan eksklusif, ‘kan pengguna produk senang juga?
      Tapi, lucunya, kebanyakan penggunanya adalah distributor sendiri πŸ™‚ Termasuk saya.

  • Duta DNI

    Kok pada ribut bahas MLM,,nih kalian Semua pada pake pulsa hp untuk komunikasi kan?,pada bayar listrik?,pada bayar tv prabayarr?pada pake telkom speedy?,,pada bayar kredit di PT. Adira dan masih banyak transaksi lainnya,.. tertarik klik aja disini http://www.dni-pompulsa.blogspot.com daripada ribut mending jualan..hadeuuuuhhh..

  • bayukaya

    MLM sistemnya bener,yang merusak adalah usernya atau managementnya,,klo bikin MLM itu perusahaan yang benar-benar punya modal besar,jadi ga ambil dari dana member baru untuk bonus dan rewardnya..saya 3 x ikut MLM,semua sistem benar,namun kebanyakan dari managementnya pecah jadi bangkrut..dan itu pun uang kami dikembalikan lagi..untuk yang masih awam hati-hati pilih MLM..Klo bisa pilih profil pendirinya yang sudah berfigur luas,agar bisa dipertanggung jawabkan

    nantinya..

  • priyanto

    gak usah ikut mlm apapun masbro, saya sendiri dan teman2 saya sdh ikut macam2 ujung2nya bubar. satu hal yg pasti adalah system piramida alias yg atas banget sukses dan jumlahnya sedikit dan yg bawah jadi tumbal dan jumlahnya banyak, ibarat gendong gendongan , yg di atas enak di gendong dan yg di bawah jor joran megap megap. dan yg pasti bonus yg di bayarkan ke upline adalah uang downlinenya. hukumx masih meragukan, bisnislah yg halal menjual barang atau jasa yg bermanfaat dan bukan menjual system bisnis. menjual system bisnis tdk ada dalam agama islam, nabi bias sukses dan kaya raya karena berdagang dan laris krn dipercaya. dan lebih sangar lagi hartanya hamper 100 persen di sedekahkan utk rakyatx sewaktu ia jadi presiden di zamanx,mlm itu buatan org kafir yg materialistis, jadi hindarilah saudaraku se indonesia

  • priyanto

    satu hal yg bagus dari mlm adalah tentang impian, ya itu saja. namun impian tdk hanya sekedar uang atau financial freedom.

  • Nopal

    Lebih baik ikut 3i networks Central Asia Raya saja, perusahaannya milik salim grup, kelegalan sudah terjamin karena terdaftar di OJK, bagusnya disini mau berjalan bisnisnya mau engga tetap uang kita tidak akan habis karena produknya tabungan

  • langkahbisnis

    Alhamdulillah dengan MLM saya butuh waktu 8-9bulan untuk beli mobil Grand Livina (cash), sedangkan waktu saya kerja di kantor . hemmm butuh belasan/puluhan tahun ya buat beli mobil itu [dengan syarat gaji kantor gak boleh diambil lho ya.. hehehe] ?, banyak senior-senior pekerja kantor yang sudah belasan hingga puluhan tahun , saya lihat kehidupannya seperti itu-itu aja (hidup pas pasan, waktu akhir bulan kantong tipis) (mereka pekerja kantor biasa hidup dengan konsep diperintah dan berada di zona nyaman/comfort zone) sehingga waktu terasa cepat berlalu , tahu tahu sudah belasan bahkan puluhan tahun berada di kantor tersebut.

    saya juga seperti @nopal ikut 3i networks CAR juga http://www.potensimenabung.com lagi saya garap dan ada team dari TKI dan TKW yg ikut bisnis ini, dengan harapan ketika mereka pulang ke indo , mereka sudah punya tabungan yang bisa mereka gunakan untuk masa depan keluarga dan terutama pendidikan Anak , karena mereka yakin gak selamanya mreka ada di luar negeri, pastinya mereka ingin kembali dan kembali karena kontrak sudah habis , bagi saya , gambaran MLM yg di atas itu kebanyak konsep MLM yang lama, konsep MLM yg baru sekarang lebih fleksible , contoh sederhana nya , 1 orang bisa memiliki multi bisnis / mlm yg banyak tanpa harus terikat dalam 1 MLM (jadi setiap member/orang yang memegang hak akses apakah dirinya ikut di MLM A, atau B atau C)

    Saya ikut MLM mulai 20 Agustus 2013 sampai sekarang, dan sudah sekitar 300-600jutaan yang saya trima, sedangkan saya kerja di kantor sejak 2001-2014 (gak begitu jelas berapa yang saya trima, dan kehidupan saya berubah lebih positif setelah ikut MLM)

    Saya belum pernah presentasi , hanya main Online dan BBM, jadi kalau kita memandang MLM itu memprospek dengan janji-janji (memang iya) tetapi sekarang masyarakat juga lebih jeli dan lebih cerdas, jadi mereka biasanya gabung dengan tingkat kesadaran bukan karena iming-iming komisi yang besar

    itu pengalaman saya yang saya dapatkan dari MLM

    Terima kasih dan salam sukses selalu

    aGUSPRiyadi
    Whats App : 0857 8433 8433
    SMS/Call : 0813 3652 3652
    PIN BB : 2BA188A8

    Trima kasih buat admin yang telah memberikan wawasan tentang dunia MLM , teruslah bekarya demi masa depan kita semua πŸ™‚

    • Terima kasih atas kesaksian Mas Agus. Semoga sukses bisnis Anda πŸ™‚

  • Pingback: Informasi Pengimbang Tentang Bisnis Pohon Jabon I-Gist | Ahmad Abdul Haq()

  • Lingga Prabu

    In My Humble Opinion ,, saya seorang staff (bukan member) di perusahaan MLM di Indonesia yg sudah berjalan 23 tahun,dan saya sendiri sdh bekerja disana selama 7 thn dan sekarang saya masih bekerja disana (pengen pindah,tapi comfort zone euy,,, ; curhat sedikit). Setelah saya baca artikel ini,menurut saya Blog dari Mas Ahmad ini (mungkin) berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagai bentuk rasa cinta Mas sama keluarga dan teman2 yaa supaya mereka tidak merasakan hal yg (mungkin) pernah mas alami,betul ga mas? (Correct Me If I’m Wrong). makanya Mas Ahmad sangat mewanti2 sampai Copas artikel dgn judul yg provokatif seperti ini.
    Kenapa sy bilang provokatif,karena coba kita sadari bersama2 bahwa MLM ini hanya sebuah SISTEM PEMASARAN loh, dan ini diakui di Dunia. Kita perlu menanyakan kepada diri sendiri; apakah kita sebal kepada system MLM-nya, atau kepada cara orang-orang yang membawakannya kepada kita? Apakah yg berbohong itu “perusahaan MLM” nya atau pelaku MLM (member) tersebut ?
    Bisnis apapun kalau mau sukses ya HARUS KERJA KERAS dong. Bohong kalau ada MLM yg bilang bisa santai,ongkang2 kaki tapi bisa dapat duit banyak (lah kok enak?!). Banyak nya komentar2 miring ttg MLM itu krn banyak org2 yg ditawari oleh member MLM,diiming-imingi bonus besar,dapet mobil,pesawat,kapal pesiar,dsb, tapi org2 yg sudah ikut MLM itu juga ga mau usaha,ga mau KERJA KERAS dan hasilnya ya ga dapet apa2. Setelah mereka ga dapet apa2 mereka sharing ke upline nya utk minta solusi,minta pencerahan,dsb. Tapi sayang nya Uplinenya juga ga tanggung jawab,kurang peduli,kurang sabar dan malah ada juga upline yg ngambil bonus,dsb.
    Kalau kita mengalami kejadian seperti itu pasti jadi trauma kan ? nah itulah yg terjadi. Trauma karena belum sukses di MLM,tapi jadi men-cap MLM itu bohong,jelek dan sebagainya. Terus terang saya lucu baca komentar2 tentang kena tipu MLM lah,korban MLM lah,MLM yg jelek lah,dsb. Lucu karena mereka ga menyadari kalau yg jelek itu bukan sistem MLM nya, tapi oknum2 pemain MLM itu sendiri yg ga bertanggung jawab dan terlalu over-claim.
    Semoga opini saya bisa membukakan pintu hati dan pikiran teman2 semua disini yg punya cap negatif terhadap MLM. bagi teman2 yg belum sukses di bisnis MLM,tetep semangat,jangan menyerah,mungkin anda belum ketemu bisnis yang tepat saja..

    • Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih atas komentar Mas @Lingga Prabu.
      Singkatnya, sebenarnya, posting ini saya tujukan agar kerabat dan teman tidak mudah terpengaruh dengan bujuk rayu para pebisnis MLM atau bisnis jaringan lainnya ketika mereka sedang mencari downline.
      Saya sendiri, pernah bergabung dengan Forever Young Indonesia (FYI), anggota APLI nomor 004. Bisa dikatakan, saya termasuk distributor setia FYI, meskipun belum pernah naik jenjang. Saya masih menjual produk FYI sampai perusahaan tersebut berhenti beroperasi pada akhir 2005.

      Sekarang pun, saya masih tercatat sebagai distributor pada MLM Zhulian. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya saya tidak anti-MLM πŸ™‚

  • Saya baru saja menerima email dari seseorang ( l…@gmail.com ) berisi komentar atas artikel ini, yakni sebagai berikut:

    Anda (Ahmad Abdul Haq) menulis:

    Kebohongan MLM Ke-1

    MLM adalah bisnis yang menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan banyak uang dibandingkan dengan bisnis lain maupun pekerjaan lain.

    KALAU ANDA PUNYA MODAL BESAR DAN KAYA MEMANG ANDA TAK PERLU JALANKAN BISBIS MLM, bisnis ini di ciptakan bagi orang yang mempunyai kemauan besar untuk tumbuh tapi masih terhalang modal. Dalam pekerjaan dan usaha apapun kesempatan nya sama banyaknya, baik pendapatan dan hasil, banyak perusahaan maupun bidang kerja yang hanya menguntungkan pemiliknya semata, pemiliknya tak mau tau barang/jasa yang mereka jual harus laku, dan setiap yang laku maka mereka akan mengeluarkan gaji/bonus/income bagi yang berhasil menjualnya, MLM tercipta karena sistem tersebut dapat menjadikan mitranya berfikir selayaknya pengusaha bukan hanya sebagai pekerja/karyawan.

    JADI DENGAN TERCIPTANYA CARA BERFIKIR SELAYAKNYA PENGUSAHA, MAKA NILAI KESEMPATANNYA AKAN SEMAKIN TINGGI, karena pekerja/karyawan hanya berfikir bekerja sesuai perintah, SEDANGKAN MLM menjadikan para mitranya menjadi seorang pengambil keputusan/pelaku usahanya/me-manage usahanya/mengatur keuntungan/ mengatur pemasaran dsb. SEHINGGA JIKA KESEMPATAN BESAR KEMUNGKINAN UANG AKAN DIDAPAT LEBIH BESAR.

    FAKTA : DI INDONESIA KURANG DARI 5% PENDUDUKNYA YANG BERFIKIR SEBAGAI PENGUSAHA, 95%, BERFIKIR SEBAGAI PEKERJA/KARYAWAN . MAKANYA INDONESIA MASIH TERGOLONG NEGARA BERKEMBANG TERENDAH.

    POLA KERJA DARI MLM ADALAH MEMBANGUN CARA BERFIKIR PARA PENGUSAHA bukan para pekerja.

    Terima kasih atas komentarnya.

    • Lanjutannya sebagai berikut:

      Anda (Ahmad Abdul Haq) menulis:

      Kebohongan MLM Ke-2

      Network marketing (pemasaran mengandalkan jaringan) adalah cara baru yang paling populer dan efektif untuk membawa produk ke pasar. Konsumen menyukai membeli produk dengan cara door-to-door MLM.

      Pada dasarnya seluruh pengusaha TIDAK KAN MAU BARANG/JASANYA DI JUAL SECARA ECERAN/satu-satu ke konsumen

      KALAU ANDA PUNYA MODAL BESAR DAN KAYA MEMANG ANDA TAK PERLU JALANKAN BISBIS MLM, justru pelaku mlm baru adalah orang yang mempuyai masalah dengan keuangan /miskin/banyak utang dsb. makanya dengan modal kecil yang dilakukan adalah dor to dor, dengan membawa barang contoh baru orang pesan. Konsumen menyukai membeli produk dengan cara door-to-door MLM itu karena konsumen akan lebih banyak mendapatkan informasi dan manfaat dari produk yang ditawarkan,

      saya rasa anda akan lebih senang jika anda dalam keadaan sakit seorang dokter mau datang kerumah anda langsung do to dor untuk mengobati dan membawakan produk / resep kesehatan dari dokter tersebut. ayo gimana…kan makin senang karena sebagai konsumen anda di kunjungi..! apa bedanya konsumen MLM ?

      mahal/tidak suatu produk..itu tergantung kwalitas………sebagai konsumen juga harus berhati-hati terhadap penipuan MLM, masuk akan tidak produk yang akan dibelinya..

      Rekan /teman/ sahabat/ keluarga……adalah orang terdekat……penjualan tersebut terjadi karena mitra MLM baru pertama kali menjalankan bisnisnya, kalau sudah ahli / profesional , jangankan jualan antar daerah/ kota/ propinsi/ nasional bahkan internasional bisa dilakukan, yaaa wajarlah karena masih baru , mereka akan tawarkan ke saudara / Rekan /teman/ sahabat/ keluarga…..

      DISTRIBUTOR …ADALAH TOMBAK PEMASARAN………KALAU MENJADI DITRIBUTOR DENGAN MODAL KECIL ,,, MENGAPA TIDAK…!

  • Sugianto Dulz

    ada baiknya tidak hanya menyertakan MLM..tetapi Oknum MLM…karena 9 tahun sy menjalankan MLM dan hidup dan trus meningkat, ga ada rekan kerja saya yg mengeluh..atau rugi seperti yg anda bilang, karena memang tidak stok, produknya pun dibutuhkan, serta 10 kebohongan yg anda sebut tidak terdapat di MLM yg saya jalanin..jd ada baiknya di ralat…

    karena OKNUM itu ada di strategi dalam memasarkan apapun… misal beli online juga banyak yg ketipu… lantas apa mo dibilang 10 kebohongan belanja online? kan ga fair…

    • Terima kasih mas Sugianto. Segelas cendol buat Anda. Ditunggu tulisannya tentang “10 Kebohongan Online Shop” πŸ™‚

  • Agung Bismoko

    Saya kok setuju ya mas……bahkan MLM Asuransi pun sudah mulai menunjukkan sinyal merah juga. hal ini dikarenakan Jumlah komisi yang dibayarkan perusahaan sudah mencapai 2-3 kali lipat profit perusahaan sebelum pajak dan terjadi juga di Malaysia dan singapura (silahkan baca laporan keuangan perusahaan asuransi penganut MLM marketing). Amat sangat OverCommision, Itu artinya sinyal bahwa tidak akan pernah ada cukup uang untuk membayar komisi agen asuransi. Dan mengakibatkan rendahnya jumlah laba ditahan perusahaan dalam rangka meningkatkan modal perusahaan. Dan jika terjadi krisis ekonomi seperti tauh 1998/2008 maka akan tercipta, kondisi adanya pembayaran komisi asuransi kepada agen asuransi dikala perusahaan merugi. Kalau saya sebagai pemegang saham tentunya tidak akan mau menerima laba bersih lebih kecil dari total komisi yang dibayarkan kepada agen asuransi. kedepannya semua perusahaan asuransi akan shifting ke internal marketing ketimbang MLM Marketing. Shifting dari MLM marketing asuransi ke Internal Marketing (direkrut dan dididik sendiri oleh perusahaan) artinya adalah Ponzi Scheme, dimana pihak teratas akan memperoleh manfaatnya, pihak terbawah korban penderita. Ketika Shifting terjadi maka pihak teratas dari piramid akan pindah ke perusahaan lain bersama bawahannya ke perusahaan lain yang masih menerapkan MLM marketing penjualan asuransi. Mau tidak mau, suka tidak suka MLM adalah Ponzi Scheme…..

  • yan

    bagaimana dgn MLM yg ada di Milagros,,,yg tdak ada istilah uang pndftrn,tutup poin dan tdk menjanjikan untung yg sgt gede,,,tapi produknya sngat bermanfaat dan mmg terbukti,,,,

    • Milagros ‘kan cuma air? Ogah ah, nggak ada kopi ginseng.

      • Stevie

        Yth Bpak @aa_haq:disqus hendak mengkonsumsi kopi ginseng?? wah kebetulan sekali, sya ada pak produk tersebut. Dari KK Indonesia, ada 2 jenis kopi pak :
        1. Kopi Tongkat Ali
        2. White Coffee with Ginseng Amerika

        • Wah, menarik ini. Tapi, pasti belum ada stockiest-nya di Mamuju πŸ™‚
          Terus, gimana caranya, Pak Stevie?

          • Stevie

            Maaf pak @aa_haq:disqus saya seorang wanita, πŸ™‚
            bapak saat ini tinggal di Sulawesi Barat ya kota Mamuju, saya tinggal di kota Surabaya, kantor resmi KK Indonesia sdh menyebar di kota2 besar seluruh Indonesia -+ 60 kantor cabang, mungkin saja di sulawesi barat sdh berdiri kantornya, jika pak ahmad berkenan tnya2 lebih lanjut dan chat langsung wa sya di no 0857.306.23.922

            Terima Kasih πŸ™‚

          • Oh, mohon maaf telah salah sapa, Mbak Stevie πŸ˜€
            Baik. Saya sudah catat nomornya.
            Terima kasih πŸ™‚

          • Stevie

            Siiap pak ahmad πŸ™‚

    • Venom Daryl

      Menurut saya, MLM itu sistem yang membantu orang yang punya SEDIKIT MODAL + TEKAD + KERJA KERAS untuk bisa mencapai impiannya. Jika kondisi kita saat ini adalah seorang pegawai dengan penghasilan 3jt / bulan butuh berapa lama kita bisa seperti orang lain yang sudah menikmati kenyamanan di dalam mobil mewah, memiliki rumah????
      Dan yang paling penting dapat membantu keluarga dan orang lain.
      Saat ini mungkin penghasilan kita mencukupi untuk keluarga kita. Namun alangkah baiknya jika kita bisa menghasilkan lebih, sehingga lebihnya dapat kita gunakan untuk membantu orang lain.

      Tapi jangan sembarangan ikut MLM, analisa terlebih dahulu faktor berikut ini:
      1. Resiko – Berapa modal untuk menjadi member dan berhak menjalankan bisnisnya.
      2. Logika – Kita harus Jelas darimana keuntungan perusahaan sehingga mampu membayar komisi / bonus yang dijanjikan. Ini berpengaruh kepada berapa lama perusahaan dapat bertahan.
      3. Produk – Apakah produknya digunakan semua orang / hanya beberapa orang?? Apakah produknya mahal? Berapa banyak orang yang sanggup membeli produk tersebut?
      Ini berpengaruh kepada seberapa besar pangsa pasar kita nantinya.
      4. Strategi pemasaran – Saat ini sudah banyak MLM yang memanfaatkan tekhnologi internet untuk membantu anggotanya mempromosikan bisnis / produk MLM nya. Tinggal bagaimana kita memaksimalkannya.
      5. Sponsor – Siapakah orang yang mengajak anda bergabung? Apakah orang tersebut memiliki apa yang dibutuhkan sebagai pemimpin? Mampukah dia memimpin anda sampai anda sukses? Ini penting, karena ibarat murid dan guru. Kita akan lebih cepat belajar dan praktek jika ada orang yang tepat yang mampu membimbing kita.
      6. Tokoh – Siapakah tokoh yang memimpin? Jika tidak dikenal oleh masyarakat banyak tentu akan LEBIH MUDAH untuk menghilang jika bisnisnya sudah tidak lagi menghasilkan.

      Orang lain boleh memandang MLM secara negatif, itu hak mereka. Orang positif mampu terbuka dan siap belajar dari semua kesempatan dan peluang yang datang.

      Tidak lupa saya ingin share MLM yang saya jalani saat ini :p
      Sekalian iklan boleh ya….
      silahkan di simak di treniuym.com/lampung
      MUDAH, MURAH, Hasil WAH, dan BAROKAH!!

  • Venom Daryl

    APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?

    1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.

    2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.

    3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.

    4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.

    5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.

    6. Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

    Disini SOLUSINYA !!!

    http://www.treniuym.com/lampung

    Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

  • Venom Daryl

    Menurut saya, MLM itu sistem yang membantu orang yang punya SEDIKIT MODAL + TEKAD + KERJA KERAS untuk bisa mencapai impiannya. Jika kondisi kita saat ini adalah seorang pegawai dengan penghasilan 3jt / bulan butuh berapa lama kita bisa seperti orang lain yang sudah menikmati kenyamanan di dalam mobil mewah, memiliki rumah????
    Dan yang paling penting dapat membantu keluarga dan orang lain.
    Saat ini mungkin penghasilan kita mencukupi untuk keluarga kita. Namun alangkah baiknya jika kita bisa menghasilkan lebih, sehingga lebihnya dapat kita gunakan untuk membantu orang lain.

    Tapi jangan sembarangan ikut MLM, analisa terlebih dahulu faktor berikut ini:
    1. Resiko – Berapa modal untuk menjadi member dan berhak menjalankan bisnisnya.
    2. Logika – Kita harus Jelas darimana keuntungan perusahaan sehingga mampu membayar komisi / bonus yang dijanjikan. Ini berpengaruh kepada berapa lama perusahaan dapat bertahan.
    3. Produk – Apakah produknya digunakan semua orang / hanya beberapa orang?? Apakah produknya mahal? Berapa banyak orang yang sanggup membeli produk tersebut?
    Ini berpengaruh kepada seberapa besar pangsa pasar kita nantinya.
    4. Strategi pemasaran – Saat ini sudah banyak MLM yang memanfaatkan tekhnologi internet untuk membantu anggotanya mempromosikan bisnis / produk MLM nya. Tinggal bagaimana kita memaksimalkannya.
    5. Sponsor – Siapakah orang yang mengajak anda bergabung? Apakah orang tersebut memiliki apa yang dibutuhkan sebagai pemimpin? Mampukah dia memimpin anda sampai anda sukses? Ini penting, karena ibarat murid dan guru. Kita akan lebih cepat belajar dan praktek jika ada orang yang tepat yang mampu membimbing kita.
    6. Tokoh – Siapakah tokoh yang memimpin? Jika tidak dikenal oleh masyarakat banyak tentu akan LEBIH MUDAH untuk menghilang jika bisnisnya sudah tidak lagi menghasilkan.

    Orang lain boleh memandang MLM secara negatif, itu hak mereka. Orang positif mampu terbuka dan siap belajar dari semua kesempatan dan peluang yang datang.

    Tidak lupa saya ingin share MLM yang saya jalani saat ini :p
    Sekalian iklan boleh ya….
    silahkan di simak di treniuym.com/lampung
    MUDAH, MURAH, Hasil WAH, dan BAROKAH!!

  • Venom Daryl

    PESAN DARI SALAH SATU MITRA PAYTREN.

    “Saya pengen banget Makkah Madinah, sejengkal buat kita semua.

    Ga ada yang ga mungkin buat Allah. Ga ada yang mustahil. Apalagi ada usaha, ada ikhtiar, ada doa, dari kita. Makin deket dah Makkah dan Madinah. Bahkan bisa bersama keluarga, bulak balik, dan bisa menjadi wasilah bagi berangkatnya orang lain ke Tanah Impian, Tanah Suci.

    Saya berdoa, agar Treni/PayTren, bisa jadi salah satu wasilah semua untuk punya rizki dan berangkat ke sana. Aamiin.

    Yang semanget jalanin Treni/PayTren, make Paytren, dan promoin/masarin Paytren. Toh bisnisnya Treni/PayTren adalah di kebutuhan sehari-hari kita semua. Pulsa Hp, listrik, air, dan kebutuhan-kebutuhan pembayaran rumah tangga. Ga ada alasan tidak bisa ngejalanin Treni/PayTren. Kecuali dia emang ga tau tentang Paytren.”

    Bergabunglah bersama MITRA PAYTREN yang lainnya
    klik http://www.treniuym.com/lampung

  • Sungkawa Arman

    SATU HAL YANG HARUS DIKETAHUI KEBANYAKAN BANGSA INI HANYA BISA MENGHUJAT TANPA PUNYA SOLUSI,, TINGGALKAN PARA PENGHUJAT ATAU YG SUKA MENJELEK2AN PROFESI ORANG LAIN… GOOD BYE PENGHUJAT

    • Welcome, Mas @sungkawaarman:disqus πŸ™‚
      Terima kasih sudah mampir di sini.

  • MLM’ers cerdas

    Jiahhh … belajar kok dr orang gagal, belajar itu ya dr yg sukses, di susupi pikiran asupan negatif ya begini jdinya.

    Sudahlah saya dl juga ragu, tp gk negatif ya …
    Buktinya jg bs sukes di MLM, saya open terhadap networking, tetapi …
    saya peljari sistemnya dulu, perusahaan, produknya, testimoni, hukumnya, edukasi, dan jenjang karir … jgn asal kena iming2 b3sar lgs main join, main banyak titik/hu tp yg nyata cm 1 yg jalan, gak ada bpom, ojk, siup dan siupL, APLI, tdp, dll.

    Belanja 1x bonus berkali-kali (ya logika aja perusahaan mana bs awet sampe puluhan tahun ? Konsep spt adalah terus cr member, kalo gk dpt member baru ya gk ada bonus alias mandek !), komposisi produk tidak jelas tertera dan hanya pake kata mengandung vit abc brp gramnya tdk ada (takut ktahuan kalo isinya secuil).

    Gagal akhirnya pelarian ke money game, atau money game berkedok MLM … pas kabur eh … mewek, wkwkwk.
    Lucunya ketika menampilkan bonus rumah mewah, mobil mewah, jalan berkali-kali keluar negeri, bonus harian, ehhh urus apli sama bpom aja gk mampu, malu-maluin aja … buwahahaha.

    ikut MLM jgn berharap instant, tp berharaplah kerja keras 2-5 tahun, terus bertambah komisi anda dan bertahan lama hingga di atas puluhan tahun !
    juga selain itu lihat produknya, jika member tidak sanggup jlan bisnisnya apakah kerugian member tsb ? Kalo nol persen ya bagus, tp kalo profit ya lebih bagus lg meski member tdk jlan bisnis dan tdk ada limpahan downline sdkalipun, ada ? Ada ! 3i Network CAR misalnya, atau Naturally Plus bisnis yg sdh 17thn dan menyebar di seluruh negara, bahkan produknya tdk ada yg mampu meniru sampai saat ini 2016.

    coba collage, begitu rame semua collagen … kandungan pun juga secuil tdk zesuai dgn kebutuhan tubuh.
    tau dr mana ? Produk mahal (misal 1,5jt) bonus 900rb mixalnya (sponsor aja, blm lain2), logikanya produk harga brp tuh ? Ecek2 lah pastinya, gitupun sdh brn claim bisa mengatasi brbagai penyakit dan utk kecantikan … edan !

    testimomi jg bernainya dr screen shoot bb, sms, malah edit bonus milyaran … uwediyan tenaaannn sampe selfi2 di mobil super, dan ngaku hasil dr kerja keras ! Wakakkaka … lalu ngaku2 artis dan orang penting juga join ! Parah !!! Inilah 80% mayoritas MLM Indonesia ! Untung yg 20% masih di jalan yg benar ^.^.
    sekali kali testinya di youtube gitu loh, biar kalo ada yg kenal biar bs di buktikan kenyataanya …. gk hoax doank !

    Saran saya ikuti MLM yg benar, jgn tergoda di awal … benar2 pelajari sistemnya, ok.
    SUKSES UNTUK KITA SEMUA !!! ^.^

    • Terima kasih sudah berkomentar di artikel ini πŸ™‚

    • Arif Setiawan

      Menurut sya,buka usaha sndiri yg real sesuai dengan bidang usaha yg dikuasai itu lebih bgus dan lebih msk akal,bukan sperti mlm…klu anda mau kaya punya mobil rumah mewah dll ya silahkan anda bekrja keras,bukan dari mencari member baru dan menjual produk yg tidak dikenal bnyak msyarakat dan penjualanya terbatas bukan sperti kios.minimarket.supermarket,rumah makan,restorant dll yg setiap harinya bsa menjaring ratusan pembeli,bisa anda byangkan profitnya,..usaha yg maju tanpa di sertai tempat produksi atau outlet penjualan yg layak dan jelas sya pikir anda jgn bermimpi punya mobil dan rumah mewah, kecuali makelar tanah/properti yang menawarkan barangnya melalui online dan iklan,dan penjualan oline sperti buka lapak.blibli.karna setiap hrinya jutaan orang membuka web ini,dan oline2 shop yg lain yg sudah mempunyai ribuan langganan belanja karna kualitas barang yg di jual bagus dan tanpa tipu2…saya pikir klu anda mau kaya dan punya semuanya logika hrs di pake,berpikir realistis,jgn karna iming2 dengan kata2 menjadi sukses,liburan krluar negri dan berpakaian rapi layaknya orang kantoran,padahal anda tidak mengerti apa yg mau anda lakukan supaya bsa menjadi sukses dan jln menuju sukses itu sperti apa,bukan cuma dri kata2 dan teori orang marketing,tp tindakan,nyali,modal,keahlian,dan,strategi,keuletan,,tanpa itu semua jgn mimpi jdi sukses,..saran saya bukalah usaha sendiri yg real sesuai bidang dan kemampuan anda jalankan usaha anda sebaik mungkin,spaya usaha anda bsa berkembang dan lebih bnyak profit,dan tentunya kesabaran,keuletan dan mpunyai inovasi adalah kunci utama untuk membangun usaha agar bisa berdiri tegak dan maju..sya cuma lulusan sma dan alhamdulillah sekrng sya punya beberapa usaha rumah makan, usaha di bidang jasa konstruksi dan percetakan,dan punya 1 outlet minimarket yg di jalankan adik saya..berkat kerja keras slama bertahun2.

  • frank sinatra

    MLM itu tidak seburuk yang orang-orang kira. Tips bila anda ingin ikut mlm perhatikan :

    1. Apakah anda butuh produk nya ?

    Karena sesungguhnya bila tidak butuh produk itu mungkin anda merasa
    jenuh karena harus menjualnya kepada orang yang belum tentu orang mau.
    Sedangkan bila anda butuh produknya daripada beli produk sejenis dan
    khasiat sama anda tidak dapat apa2, mending mlm. Toh kita butuh
    produknya.

    2. Prospek orang bukan jualan.

    Carilah orang yang sama dengan anda yang butuh produknya. Kebutuhan
    yang sama akan mempercepat anda untuk mencari atau mengembangkan
    jaringan. Sekali lagi anda bukan jualan tetapi mengembangkan jaringan.
    Jangan memaksa orang untuk masuk tetapi jelaskan manfaat dari produknya.
    Secara otomatis bila orang tersebut bersedia memakai produknya maka
    anda sudah menjalankan bisnisnya.

    Dua hal ini aja bila anda benar-benar perhatikan, maka anda tidak akan melihat bisnis mlm itu buruk.

    Bagi saya daripada saya beli produk merk yang katanya inilah itulah
    tetapi perusahaan itu tidak pernah mengerti konsumennya atau bahkan
    tidak perduli komentar konsumennya, mending saya cari mlm dengan produk
    yang saya butuhkan. Siapa tau ada orang-orang disekitar saya yang
    sama-sama membutuhkan produk itu. Itulah butuh sharing khasiat
    produknya.

    Basicnya sih seperti itu. Hanya saja orang-orang menganggap bisnis
    mlm itu tempat mencari duit cepat dan gampang. Kalau anda tidak memakai
    produknya dan tidak bercerita khasiatnya, bagaimana anda bisa bercerita ?

    Terima kasih

    https://www.youtube.com/watch?v=1ACEY28s5PQ

  • @pengamat MLM (22-04-2009): Beberapa hal yang patut diperhatikan oleh pengikut “sekte” MLM:
    1. Pemilik MLM lah yang paling kaya dan paling banyak bagiannya (benar K-Link yang punya orang Malaysia, so devisa kita banyak yang lari ke Malaysia ….. Merdeka Bung !)
    2. Member MLM baru ikut presentasi 2 -3 kali, gayanya sudah seperti dokter yang bisa mendiagnosa segala macam penyakit … BAHAYA BUNG !!! (dokter aja butuh belajar super keras selama 6 – 7 tahun baru bisa kasih obat ke pasien !!!).
    3. Kalo produk MLM memang terbukti berkualitas seharusnya para dokter sudah menuliskannya di resep, tapi kenapa tidak ditulis ? eh tanya kenapa ?
    4. Para pelaku MLM jarang sekali mau terbuka menjelaskan ke masyarakat dimana lokasi pabrik pembuat produknya, jadi masyarakat tidak bisa ikut mengontrol mulai dari proses produksi sampai penjualan ke konsumen.

    @Talent (22-04-2009): K-Link memang penjajah malaysia yang harus diboikot produknya. Tidak berkualitas, mahal lagi. Apa nggak sadar para anggota K-Link ini, duit kita disedot habis-habisan ke Malaysia. Dijanjikan kaya mendadak tapi mana buktinya? Yang kaya hanya elitnya K-Link aja, yang paling banyak ya jadi korban. Nasib, nasib bangsaku…..

    @Anggota_K-Link (22-04-2009): K-Link Manjur Buat segala penyakit – bisa menyembuhkan terbukti. Dibuat dari bahan Alami – (memang bahan alami tidak disaring oleh ginjal ??? ) naah klo belum terbukti secara klinis tidak berbahaya bagi ginjal, kenapa efeknya pada ginjal. Buat masyarakat – hati hati atas iklan,bujukan, rayuan, semua MLM. Sering berlebihan – dan tidak proporsional. Klo ada masalah, tidak bertanggung-jawab. Hampir semua MLM cenderung hanya jualan, kecap. Karena anggotanya tidak punya kerjaan jadi mudah dikibulin.

    Disalin dari: K-Link Nusantara Balik Adukan M Nur Sitepu

  • Hari.surabaya

    Klo dr segi agama bisnis MLM itu haram karena kita bahagia diatas penderitaan orang dan hanya berdalih penjualan barang saja.yg utama adalah perputaran uang para pendaftar distributor saja dan untungnya masuk perusahaan dan uang yg masuk pada kita adalah uang orang lain tanpa kita bekerja sama sekali ya berhentilah para pendosa .trims

  • lisa

    artikel yang bagus..:) apa2 pun bisnes pasti ada baik dan buruknya..saya yakin dengan mlm boleh jadi kaya dan senang..dan jg boleh bantu orang lain..tapi kalau dihitung kira perjalanan untuk senang dalam mlm dan sampai boleh bantu orang lain..tanya jujur sama diri sendiri..apakah benar saya telah membantu orang dengan mlm..atau saya telah memperalat orang lain supaya saya boleh tolong orang lain.. bagi saya kejayaan sebenar dalam mlm adalah menjual produk yang betul2 berkualiti dan mampu milik dan tidak perlu ada target setiap bulan yang perlu dikejar-kejar sehingga menyusahkan orang lain..tq..:)

  • DrMangle Mangle

    rumah sakit India Perdana

    Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu uang tunai untuk biaya kesehatan atau utang membayar atau dalam keadaan gangguan keuangan? Tunggu! Mempertimbangkan menjual ginjal Anda sebagai Option. Jika Anda ingin menjual ginjal Anda hari ini. Pesan kami immediately.A ginjal dibeli dengan jumlah maksimum yayasan $ 100,000.00US dollars.The Nasional saat membeli nama kidney.My sehat Dr. Mangle, seorang Nephrologist di ginjal Rumah Sakit hospital.Our Nasional khusus dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan
    transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Kami terletak di India, Kanada, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan dll Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Email: (drmanglemangle@gmail.com)

    Menunggu respon Anda ….

  • eka

    saya ikut MLM paytren alhamdulillah sukses πŸ™‚

    • eka

      yang mau gabung WA yuk 083873399122

  • nuraqilahbinteariffin

    Halo, Apakah Anda perlu pinjaman dari perusahaan terbesar dan terpercaya
    Di dalam dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang untuk kami menawarkan pinjaman kepada semua
    kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf. Kami menawarkan
    Pinjaman dengan tingkat bunga 3%, Hubungi kami melalui email:
    homeloan1011@gmail.com

    (1) Nama Lengkap
    (2) Alamat Lengkap
    (3) Negara
    (4) Umur
    (5) Pekerjaan
    (6) Beritahu nomor telepon
    (7) Seks:
    (8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    (9) Durasi Pinjaman

    Email kami di: homeloan1011@gmail.com