Tugas di Nias

When: 23 November 2008 – 6 December 2008 (all-day)
Where: KPPN Khusus Banda Aceh Filial Nias
Gunungsitoli
Indonesia

Pindahan dari Multiply
URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/calendar/item/10015/Tugas-di-Nias

Kalau Allah mengijinkan, pekan depan sampai menjelang Idul Adha saya akan bertugas di kantor filial di Pulau Nias, Sumatera Utara. Bisa jadi, ini merupakan kesempatan terakhir ke Nias karena setelah ini kantor kami akan segera bubar seiring dengan selesainya tugas BRR NAD-Nias.

Dibanding filial lain, yakni Lhokseumawe, Nias termasuk tidak disukai oleh belasan teman saya sekantor. Itu mudah dipahami, karena:

  • Nias letaknya paling jauh, harus ditempuh dengan dua kali naik pesawat.
  • Sementara Lhokseumawe hanya 6 jam perjalanan dengan bus dari Banda Aceh.
  • Kota Gunung Sitoli (ibukota Kabupaten Nias) lebih sepi dibanding Kota Lhokseumawe yang sudah lama merupakan daerah otonom.
  • Makan di Nias lebih mahal. Rumah makan Muslim buat orang seperti saya yang antibabi ini juga jumlahnya terbatas.
  • Orang-orang satker (satuan kerja yang dilayani kantor kami) di Nias lebih banyak “keras kepala”. Di luar Nias banyak yang juga yang “keras”, tapi tidak sebanyak di Nias.

Mungkin karena kondisinya yang jauh dari nyaman itu, pihak berwenang di kantor kami lalu mengimbangi dengan mengurangi kenyamanan di Lhokseumawe. Di Nias tersedia mobil dan sepeda motor dengan kondisi cukup baik, sementara di Lhokseumawe hanya diberi sepeda motor yang mungkin sengaja dibuat agar tidak nyaman dikendarai. Yah, jadi agak imbanglah. Kalau di Nias bisa jalan-jalan ke Nias Selatan tanpa kehujanan dan kepanasan, kalau di Lhokseumawe ke Takengon atau Langsa pun harus mau naik motor kalau tidak mau naik kendaraan umum. Satu lagi yang agak menghibur petugas yang ke Nias, yaitu bisa mampir ke Kota Medan walupun hanya bisa beberapa jam menapaki mal.