Hati-hati, Banyak Penipuan Berkedok Hadiah Barang Elektronik di Pusat Perbelanjaan

Pindahan dari Multiply

URL: http://ahmadabdulhaq.multiply.com/photos/album/392/Hati-hati-Banyak-Penipuan-Berkedok-Hadiah-Barang-Elektronik-di-Pusat-Perbelanjaan
Tanggal: 13 Januari 2010

Penipu di mal.

Di antara pembaca posting ini mungkin ada yang pernah mengalami ketika jalan-jalan di mal lalu dihadapkan ke sebuah counter atau toko yang menawarkan barang yang sebenarnya susah laku tapi dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bagi yang belum pernah, mudah-mudahan posting ini menyadarkan Anda bahwa ada satu modus penipuan yang sangat halus. Modus ini bahkan belum pernah saya lihat liputan kasusnya di rubrik kriminal baik di media cetak maupun elektronik. Entah berapa macam produk yang dipasarkan dengan cara memaksa pembeli itu, saya hanya ingat beberapa merek, antara lain Aowa dan Inextron.

Untuk lebih jelasnya, berikut saya berikan contoh kejadian yang menimpa seseorang yang sialnya sampai mengalami kerugian materi. Saya kutipkan dari alamat web http://speedytown.com/jesusinlife/index.php?topic=355.0 (link sudah putus).

Hati-hati penipuan Blue Top!!! (kesaksian temennya terry)
« on: January 15, 2008, 05:49:03 PM »

Hari ini saya lewat di depan hypermart lippo karawaci. Kemudian saya dicegat oleh seorang pria. Saya diminta menggosok kartu yang dia berikan. Saya mendapatkan voucher sebesar 1 juta. Saya kemudian disuruh mengisi data2 saya di voucher itu di kantornya karena katanya tidak etis kalau dilakukan di atas.Saya pun ikut turun. Biasanya saya kalau disodori seperti itu, saya tidak tertarik. Tapi entah kenapa hari itu saya ikut. Saya ditanya macam2. Saya juga dikatakan akan mendapatkan hadiah lain kalau mempunyai kartu visa atau mastercard. Saya mengatakan punya, tapi bukan kartu kredit melainkan atm.Lama sekali ktpku diproses. Entah apa yang mereka proses. Saya pun diajak ngobrol2 gt ma spg2 Blue Top. Saya sudah males menunggu karena harus ke Gramedia untuk membeli buku. Lalu saya meminta ktp saya dibalikin. Kata spb Blue Top (BT), saya dapat doorprize krn pny visa. Saya kemudian disuruh mencabut doorprize. Saya mendapatkan percel millenium. Tapi dalam promo mereka tidak ada parcel millenium. Hal tersebut akan dikonfirmasikan ke kantor pusat mereka di surabaya.Mereka lalu menelponkan kantor pusat itu untuk saya. Kata pimpinan di sana, saya termasuk konsumen yang beruntung karena hanya 2 saja orang yang beruntung mendapatkan parcel itu. Dia tidak bisa menjelaskan untuk saya, lebih baik dijelaskan oleh karyawan di Lippo saja. Saya disuruh menunggu 2-3 menit. Agak lama saya menunggu, saya merasa tidak sabar kerena ingin pulang. Akhirnya saya diberikan fax yang menyatakan saya menang DVD Home Theatre. Saya juga memenangkan voucher senilai 1juta jika saya punya kartu visa, mastercard, visa electron,dll.

Saya kemudian ditanya berapa isi kartu saya, puluhan ribu?Ratusan ribu?Jutaan? Puluhan juta? Saya mengatakan jutaan. Saat itu saya membawa 2 atm saja, yaitu Lippo Bank (Visa electron) dan Mandiri (Visa). Akhirnya saya diberikan tapping massanger dan pure water single. Trus dikatakan bahwa saya bisa mendapatkan salah satu produk promo mereka secara gratis jika saya beruntung (bank penerbit kartu setuju, walaupun isi kartu debet saya tidak sesuai dengan harga barang yang dipilih). Saya disuruh memilih yang mana saya mau. Akhirnya saya memilih airpurifier karena tertarik dengan promo yang mereka lakukan sebelumnya (selama ktp saya diproses, saya didemonstrasikan produk2 mereka).

Kemudian saya disuruh menandatangani bukti pembayaran dari bank(Saat itu saya tidak sadar telah memberi). Saya pikirnya gratis. Lalu mereka menyodorkan persetujuan pembelian. Harusnya kan persetujuan pembelian dulu diberikan baru bisa didebet (saya baru sadar itu pada saat di kos). Mereka bertepuk tangan, memberikan ucapan selamat segala.

Setelah saya ditaksi, saya baru sadar kalau ternyata telah ditipu. Hari gini, mana ada yang gratis??? Setelah pulang di kos, saya kembali mengecek atm saya di mesin atm terdekat. Ternyata tabungan saya telah terdebet sebesar 6.490.000 (seharusnya 7.490.000, tp kerena terpotong voucher sebesar 1 jt makanya jadinya sisa 6jtan). Saya sangat kesal. Lalu saya mencari informasi ttg Inextron melalui internet. Ternyata banyak juga yang mengalami hal sama seperti saya. Barang2 yang mereka terima rusak. Akhirnya saya mencoba barang yang diberikan pada saya yaitu home theatre. Ternyata home theatre yang saya terima speakernya rusak(saya hanya mencoba 1 speaker saja karena takutnya pihak Inextron ga mau terima apabila saya komplain dengan alasan saya telah mencoba kedua speaker,dll) . Saya tidak mencoba airpurifier karena apabila segel/kardusnya rusak sudah tidak mau diterima lagi.

Saya sangat menyayangkan hal ini terjadi. Karena uang dalam tabungan saya itu untuk membayar sisa sks kuliah saya dan untuk biaya hidup.

Alamat Blue Top di Supermall Karawaci Lt. Dasar (West Basement) #03, jl. Diponegoro 105-Boulevard Lippo Karawaci, Tangerang 15811-Telp (021)6473538.

Saat itu saya tidak sadar. Mungkin kena hipnotis karena saya disuruh melihat mata salah seorang karyawannya dengan macam2 alasan. Saya mengirimkan artikel ini supaya teman2 yang lain berhati-hati. ..

Banyak2 doa supaya tidak mudah kena hipnotis… Jesus bless…

Beberapa link kasus serupa:

  • http://indonesiancommunity.multiply.com/journal/item/3340/Hati-hati_Penipuan_Dibalik_Promosi_AOWA_
  • http://andhicka.multiply.com/journal/item/45/GAK_JADI_KE_OMEGA_PLUS_SEREM_
  • http://suarapembaca.detik.com/read/2009/02/09/153751/1081914/283/hati-hati-iming-iming-hadiah-produk-inextron-di-i-home
  • http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/12/30/16295632/Surat.Pembaca
  • http://www.tempo.co.id/komentar/?berita=brk,20050308-44,id.html&act=read&&page=5
  • http://eepinside.com/?tag=aowa (baru)

Untuk keluhan lainnya dari para pengguna Internet, saya persilakan Anda menanyakan “inextron penipuan” atau “aowa penipuan” (tanpa tanda kutip) kepada mesin pencari kesayangan Anda.

Sebenarnya modus penipuan ini sudah lama saya kenal. Pertama kali saya terjerat penipu model begini sekitar akhir 2000 atau awal 2001 (persisnya saya lupa). Waktu itu saya menindaklanjuti surat yang sebenarnya tidak ditujukan kepada saya, melainkan buat orang yang sebelumnya mengontrak di rumah yang saya tempati. Bersyukur, pada waktu itu saya tidak sampai terbius dan tertipu.

Sejak saat itu saya menjadi paham cara mereka menjerat pembeli. Seringkali kalau pas waktu saya senggang, saya menyodorkan diri ke tempat mereka untuk ditanya macam-macam, diucapi selamat, dan sebagainya. Tapi saya tetap menjaga diri, jangan sampai data sensitif saya seperti ATM tidak jatuh ke tangan mereka. Paling-paling saya berikan KTP dan nomor HP, karena dipersyaratkan untuk mendapatkan suvenir gratis. Beberapa kali saya mendapatkan suvenir yang lumayan berguna. Antara lain cairan pembersih serbaguna, kamera mainan, dan yang terakhir tadi malam saya mendapatkan alarm pengaman pintu.

Foto-foto diambil menggunakan kamera: Canon PowerShot S2 IS

 


Sales Aowa di Mal Blok M Jakarta, 21 Juli 2006

Ganteng-ganteng menipu di Medan Sumut, 30 Oktober 2006

Briefing di Toko Blue Top, Java Supermall Semarang Jateng, 20 Oktober 2009

I-Home Kompleks Palembang Indah Mall (PIM) lower ground No 12. Foto: sripoku.com/Arief Br.

Pranala Luar

68 Responses to Hati-hati, Banyak Penipuan Berkedok Hadiah Barang Elektronik di Pusat Perbelanjaan

  1. aa_haq says:

    septiady wrote on Jan 13, ’10

    waspadalaaah !!

    komikstrips wrote on Jan 13, ’10

    waduh.. jaman sekarang makin gawat saja tipu2 an nya.. hedeh,, waspadaalahh

    t4mp4h wrote on Jan 13, ’10

    hahahahaha…. saya terbebas dari tipuan kaya ginian, soalnya kalau masuk mall gak punya tampang meyakinkan.

    nggambleh wrote on Jan 13, ’10

    pokoke yen ra masuk akal aja direken ……

    agamfat wrote on Jan 13, ’10

    Bener, yg tidak masuk akal itu kemungkinan bohong. Untuk dapat duit itu harus kerjakeras, masak ada yg ngasih hadiah yg katanya no string attached

    wiedhashare wrote on Jan 13, ’10

    di semarang di Mall Matahari ada..hati2

    ilovecassava wrote on Jan 14, ’10

    modus lama tapi banyak korban juga. Kok pihak yang berwajib ngga ambil tindakan ya

    ahmadabdulhaq wrote on Jan 14, ’10

    ilovecassava said

    Kok pihak yang berwajib ngga ambil tindakan ya

    Mungkin karena belum pernah ada korban yang melapor. Lagipula, mungkin belum ada peraturan di Indonesia yang bisa menjerat modus penipuan seperti itu. Seharusnya lembaga konsumen yang membantu menjembatani antara masyarakat dan penegak hukum, sehingga praktik penipuan seperti itu bisa diberantas.

    ahmadabdulhaq wrote on Jan 14, ’10

    wiedhashare said

    di semarang di Mall Matahari ada..hati2

    Di Citraland juga ada. Pokoknya hampir di semua mal :)

    diancandra wrote on Jan 14, ’10

    betul bang,dulu saya juga pernah dapet souvenir jam dinding,lumayan kan.asal kita gak kasih tahu data pribadi yang sensitif,aman aman aja kok.ada cerita lucu jg,dulu saya jg disuruh melihat mata salah seorang spg,karena saya pake kacamata hitam,jadinya disuruh buka dulu kacamata saya.dan saya bilang gak bisa,soalnya mata saya lagi pingin pake.ehhh…si spg langsung pergi,heheheh malu kali ya

    yudexelex wrote on Jan 14, ’10

    kayaknya pernah ngalamain yg beginian…

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    pakjono wrote on Jan 30, ’10, edited on Jan 30, ’10

    Lho,….sujana ki perlu tho…?…ok mas

    ahmadabdulhaq wrote on Feb 1, ’10

    pakjono said

    Lho,….sujana ki perlu tho…?…ok mas

    LHO!! Ana tenan ta wonge? :D

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    Comment deleted at the request of the author.

    ariobow wrote on Jul 29, ’10

    Iya teman saya baru saja ketipu,..
    di premier ITC permata hijau lantai dasar sebelah kiri eskalator masuk carefour,..
    hati-hati,.,.

    shafasal wrote on Oct 9, ’10

    persis begini pak, kartu kredit saya kegesek 2 juta..

    kun21 wrote on Oct 30, ’10

    Thanks infonye,. Cuma Orang2 KERDIL and….hehe, dia lupa padahal dia sendiri ( penipu ) yg sudah menipu dirinya sendiri. PASTI KWALAT……., Cam KAn.

    Comment deleted at the request of the thread owner.

    shiro86 wrote on Feb 6, ’11

    di mal taman palem juga ada tuh pakai modus bagi2 suvenir lewat kuesioner.. nama tokonya juga premier.. saya hampir jadi korban, tapi saya sudah curiga dari pertengahan karena sales-nya tidak professional yang di telepon.. dan saya tahu itu barang jelek semua =p.. akhirnya saya ancam balik si penelepon bahwa toko ini akan saya coba cek di internet beserta promo dan barangnya, akhirnya mereka agak kurang berani untuk paksa’in saya beli barang mereka :p.. pokoknya kalo ada promo bagi hadiah pastikan jangan sampai anda malah kluar duid..

  2. aa_haq says:

    Waktu jalan-jalan ke Pasar Baru, Jakarta, beberapa hari yang lalu, saya melihat sekurang-kurangnya empat spanduk yang dipasang oleh Polsek Sawah Besar. Spanduk itu dipasang di jalan utama tengah Pasar Baru, di sekitar toko Matahari. Rupanya polisi menamakan kejahatan ini sebagai “rayuan hadiah gratis voucher berbuntut hipnotis”. Namun, berdasarkan pengamatan saya, orang-orang yang saya duga sebagai pelaku kejahatan “rayuan hipnotis” itu masih tak kalah banyaknya dibandingkan beberapa bulan yang lalu saat spanduk belum dipasang.

    Pertanda apakah ini semua? :)

  3. anonymous says:

    behhhhhhhhhhhhh…gue juga pernah gan tahun 2012 desember kemarin di seoson city gitu gue di tawarin barang-barang gratis tapi gw selalu berfikir logis itu pasti modus doang akhirnya gue kasih tu atm bri kosong dan kartu mahasiswa saya wah pokok nya cara mereka emang alus bgt …kejadian nya benar-benar persis ama yang di ceritain di atas alhamdulillah saya lolos

  4. estii says:

    saya tadi siang di tawari penarikan hadiah dengan promo harga 35%, tapi tergolong cukup mahal meneral pt dengan harga 1,5 juta. saya merasa cukup curiga, namun saya telah mengisi data dan tanda tangan serta mengeluarkan DP 100 ribu dengan tempo pelunasan 1 bulan. kira-kira apakah ini penipuan? dan apakah bermasalah karena saya telah menandatangani perjanjian tersebut? tapi tanpa ada materai

    • aa_haq says:

      @estii,
      Yah, kalau sudah ada bawaan curiga ‘gitu, kenapa Mbak kasih DP 100 ribu?
      Soal bermasalah atau tidak terkait perjanjian itu, nggak tahu deh. tapi semoga saja tidak.
      :)

  5. Anonymous says:

    Yang di surabaya nih, hati hati dengan yang namanya G3 centro d lantai pasar deket sama jualan baju2,, salesnya keroyokan, gonta ganti,, untung duit d atm cuma beberapa. perjanjian g ngaruh, g sah tanpa ada saksi yg netral, g bakalan berani kok,, orang brosur yg ditawarin aj harganya udah g logis… itu sdh penipuan.. duit hasil nipu gitu mah g bakalan berkah…

  6. deny says:

    org segini bnyak gk da yg mau lapor polisi? Kasian calon2 korban berikutnya, kl gk di berantas cepat! pasti lebih marak lg yg kaya ginian, keuntungan hasil menipu pasti banyak tuh bakal banyak lg cabang2nya!

    • aa_haq says:

      Kalau melihat di Pasar Baru, Jakarta Pusat, polisi kelihatannya kurang pasal dalam memberantas praktik curang tersebut. Polsek Sawah Besar hanya bisa memberikan imbauan lewat spanduk agar pengunjung pasar tidak menjadi korban hipnotis oleh penipu yang kita maksud di atas.

      Para pelaku masih bebas beraksi, karena mungkin belum ada peraturan perundang-undangan yang bisa menjeratnya sebagai pelaku kejahatan.

      • deny says:

        justru itu, mereka akan lebih tenang melakukan aksinya sembunyi dbalik celah hukum! Kl bukan korban dan konsumen siapa lg yg bisa desak. Buat apa ada YLKI yg jembatani antara konsumen dan hukum!

        • aa_haq says:

          Sejak lama, sudah ada beberapa konsumen yang mengadu ke YLKI, tapi penyelesaiannya sangat alot. Pelaku bisa diminta mengembalikan uang konsumen, tapi proses pencairan tidak mulus.

          Referensi:
          * Mall Bukan Lagi Tempat yang Aman? (artikel di Kompasiana)

          • deny says:

            sudah jelas buat para korban silahkan mengadu kpd YLKI, kpolisian atau komplain ke perusahaan terkait, lebih bermanfaat dari pada hanya duduk diam meratapi nasib tanpa anda melaporkan, ingat semakin banyak laporan, berharap lembaga pun akan cepat dlm prosesnya misal dibuat kan uu yang baru mungkin terkait perkara tsb.
            Dan untuk media salah satu sumber informasi masal dharapkan pula untuk angkat mslh ini, Karna ini sudah meresahkan masyarakat banyak.
            Makin banyak korban dirugikan, makin banyak keuntungan maka makin berjamurlah karna tidak tersentuh hukum!.besok bisa saja kerabat kita yg jd korban.

  7. retnowati says:

    aku bArusan kena tipu,undian toko DP 300rb. .gimana carany minta uang balik ya

  8. Indra says:

    Salam… perkenalkan saya korban baru. Baru kena 2 hr yang lalu di Cibubur Square. :(

  9. Annisaa says:

    Ayo yg ketipu di DTC qt laporin ke polisi aja, Q jg habis ketipu… ;(

  10. nax says:

    Buat aja sebuah komunitas anti inextron, tujuannya memantau bos-bos inextron dan jika ada kesempatan culik, congkel mata dan potong lidahnya lalu lepas panggil ambulan. biar jadi contoh ke yang lain jgn dibiarkan penipu kerah putih begini hidup nyaman.

  11. Ahmad says:

    Itu namanya mengatasi satu tindak pidana dengan tindak pidana lain. Bisa-bisa hukuman kita lebih berat. Saya tidak setuju.

  12. Kusmayadi says:

    Kepada rekan-rekan yang kena tipu, saya turut prihatin, agar kasus-kasus serupa tidak terulang mohon melaporkan kasus ini ke BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN) terdekat dengan membawa bukti-bukti

    mudah-mudahan tulisan ini membantu kesulitan rekan-rekan semua

  13. salotong says:

    saya juga kena tipu di salah satu mall di cirebon uang saya ludes 300 ribu, tapi sisanya 1.5 jt yg harus di bayar apakah harus di lunasin jika tidak apakah akan di datangi oleh mereka solnya mereka punya data alamat saya dari ktp yg di scan.

    • aa_haq says:

      Itu sebenarnya sudah dinyatakan sebagai kejahatan hipnotis. Seandainya Anda mengalaminya di wilayah hukum Polres Metro Sawah Besar, Jakarta Pusat, pasti Anda akan dibela oleh polisi setempat.
      Coba saja Anda kembalikan barangnya dengan mengatakan bahwa harga yang seharusnya adalah jauh lebih murah, atau minta harganya dikurangi.

  14. zakaria says:

    Q jg sama brusan kna iming2 dr g3 centro dtc lt 2.home theatre hrga 6.7jt jd 2.9 jt.dah q dp 1.1jt.rncana krangan bsk.hrga q cek d intrnet sktr 1 jt an.

    • aa_haq says:

      Inna lillah. Turut prihatin, Mas Zakaria.
      Semoga musibah membawa hikmah, menghapuskan dosa.

      • zakaria says:

        amin.tp ni sya mo ksna kira2 bs d batalkn g ya maz prjanjianny?klo emg g bs brange mo tak cb bgus g ma yg d pajang d etalase.

        • aa_haq says:

          Soal boleh dikembalikan atau tidak, saya belum tahu. Mungkin para penipu itu sudah di-training untuk menghadapi pengembalian barang. Tapi, sebaiknya dicoba saja.

    • darma says:

      saya juga mas kompor induction cooker harga 5 299 000

      setelah dapat diskon 35 % jadi 1 855 000

      sampai rumah menyesal

  15. zakaria says:

    klo mw grebek ayo breng2 ke dtc,data2 orang yg trtipu psti da!

  16. (dihapus) says:

    Komentar ini dihapus atas permintaan pengirimnya.

  17. Kembali says:

    Hore!!! Uang q balik 100%

  18. boby mandala says:

    Di madiun jg ada,hati2 ya…

  19. roy says:

    D one di kaza krampung sby,jg penipu,di madiun jg ada,foto dan nama marketingnya:bobby,rindu,encis,ada di nota,ibu saya ketipu beli kompor hrga 2jt,gilaaa…gmn caranya uang ibu saya bisa balik?apa perlu dimassa aja tokonya

  20. arek sistem says:

    Berikut nama2 toko penipu di mall sby: g3 centro alias imperium di giant,kaza,dt,cramayana sda,pemilik:umar sarip..D~one di kaza pemilik: encis..bagi yg merasa tertipu dan ingin uang kembali silakan hubungi saya di: +6285732054247..saya adlh mantan karyawan yg udah tobat..saya tidak takut ancaman mereka..toh bukti udah jelas..bgmnpun jg kebenaran pasti menang

  21. dewi kuntil says:

    Qobiltu nikaha..haa..haa..haa..haaaaaaaaaaaah.

  22. roby says:

    Semua mall nyaman dikunjungi ,, welcome to mall

  23. Anonymous says:

    Kuburan jg nyaman bwt dikunjungi

  24. anonymous says:

    Kalau ke mall jangan lupa nongkrong beli coffe bussiness itu lebih enak sambil menikmati beef chess roti yang terkenal kelezatannya

    Supaya enak jalan jalannya bersama keluarga atau teman atau relasi anda sekalian

    Good Luck selamat mencoba

  25. anonymous says:

    Iye butul butul itu

    Waspada perlu tapi jangan parno kaleee

    Mendingan mengalir saja

  26. Anonim says:

    Saya jg kena tipu tahun kemarin di ITC Cempaka Mas Jakarta. Kirain bener2 dpt barang scr gratis, eh malah ngeluarin duit 3jt!! barangnya : home theatre, happycall, water purified, panci presto, eye massagger, satu lg lupa. Siaall bgt, sepulang dari sana, ngecek harga by googling, ditotal harganya ga nympe 3 jt!!! SPB dan SPG yg nipu saya dan istri saya waktu itu, saya doain rezekinya seret dan mandul tujuh turunan… Muaakkk dg penipuan ini yg makan byk korban!!! Saya tagih minta ganti rugi di akhirat kelak…

  27. Anonim says:

    Saya jg kena tipu tahun kemarin di ITC Cempaka Mas Jakarta. Kirain bener2 dpt barang scr gratis, eh malah ngeluarin duit 3jt!! barangnya : home theatre, happycall, water purified, panci presto, eye massagger, satu lg lupa. Siaall bgt, sepulang dari sana, ngecek harga by googling, ditotal harganya ga nympe 3 jt!!! SPB dan SPG yg nipu saya dan istri saya waktu itu, saya doain rezekinya seret dan mandul tujuh turunan… Muaakkk dg penipuan ini yg makan byk korban!!! Saya tagih minta ganti rugi di akhirat kelak…

  28. anonymous says:

    Masih banyak hal yang baik di mall , bisa bikin kita cuci mata , ketemu pacar deelel

    Sebagai pribadi kita yang harus waspada dan hati hati
    Malah ada yang lebih jahat dari hal hal tadi yang perlu kita cermati

    Jadi dibawa ngopi ke starbuck / coffe bean / ke resto
    Supaya enak bawaanya

  29. anonymous says:

    Istri saya juga hampir dapat spt itu di toko Abadi Jaya daerah sekayu palembang

    Untungnya istri saya dapat menolak halus jadi mereka pun maklum alasan istri saya

    Tergantung kita sendiri cara menolaknya

  30. anonymous says:

    Memang sih saya sendiri pernah masuk ke toko Abadi Jaya sekayu palembang

    Saya juga ditawari ini itu cuma saya tolak halus sebab memang belum membutuhkan produknya

    Hitung hitung lumayan dapat demo gratis sapa tau ada rejeki bisa punya barang spt itu

Beri Komentar

  • Isi saja. Komentar tidak dimoderasi.
  • Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan dan tidak akan disampahi.
  • Hindari memberi alamat halaman web dengan domain .multiply.com. Bila ada, alamat web akan diedit atau dihapus untuk menghindari link putus.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>